Comscore Tracker

5 Dampak Negatif Saat Curhat dengan Orang yang Baru Kita Kenal

Jangan sampai menambah masalah baru

Mempunyai teman yang banyak merupakan hal yang sangat menyenangkan. Kamu bisa berbagi apapun terhadap teman.

Namun, dalam hal berbagi cerita atau curhat kamu harus memilih dengan baik orang tersebut. Termasuk dengan orang yang baru kamu kenal. Meskipun kamu merasa cocok dengan orang tersebut, ada hal yang harus kamu jaga.

Berikut ini ada 5 dampak buruk yang akan terjadi ketika kamu bercerita tentang masalahmu dengan teman yang baru kamu kenal.

1. Mereka belum terlalu tahu sifatmu yang sebenarnya

5 Dampak Negatif Saat Curhat dengan Orang yang Baru Kita Kenalpixabay.com/stocksnap

Dekat meskipun baru kenal belum tentu membuat mereka tahu tentang sifatmu yang sebenarnya. Teman barumu belum tahu bagaimana caramu menghadapi masalah dan cara untuk memberi solusi yang baik kepadamu. Ketika dia memberi solusi yang salah dan tidak menanggapi dengan baik, hal ini bisa menambah daftar masalah.

2. Menimbulkan persepsi yang buruk terhadap kamu

5 Dampak Negatif Saat Curhat dengan Orang yang Baru Kita Kenalpixabay.com/stocksnap

Karena belum mengenal kamu terlalu dekat, orang bisa berpikir macam-macam tentangmu. Terkadang, persepsi yang buruk bisa saja muncul terhadapmu. Niat awal yang ingin mendapat dukungan dari teman berubah menjadi omongan yang buruk tentang kamu.

Baca Juga: 5 Hal yang Dilakukan Pria Ketika Gebetan Curhat Soal Cowok Lain

3. Masalahmu bisa saja menyebar ke orang lain

5 Dampak Negatif Saat Curhat dengan Orang yang Baru Kita Kenalpixabay.com/rawpixel

Kamu belum mengerti orang tersebut dapat dipercaya atau tidak. Oleh sebab itu, jangan sembarang curhat ke orang yang baru dikenal. Jika dia tidak bisa dipercaya masalahmu akan menyebar ke orang banyak.

4. Belum tentu dia care dengan kamu

5 Dampak Negatif Saat Curhat dengan Orang yang Baru Kita Kenalunsplash.com/Eric Ward

Kamu harus memahami terlebih dahulu apa tujuan dia mau berteman denganmu. Apakah karena tidak mempunyai teman, hanya ingin bersenang-senang saja, atau alasan lainnya. Setiap orang pasti punya alasan mengapa dia ingin berteman denganmu. Ada yang bermaksud baik dan ada yang buruk.

5. Dapat menimbulkan permasalahan baru

5 Dampak Negatif Saat Curhat dengan Orang yang Baru Kita Kenalpixabay.com/free-photos

Curhat dengan orang baru terkadang bukan menyelesaikan masalah. Kamu justru bisa memperoleh masalah baru. Contohnya seperti poin ketiga di atas. Jika ceritamu tersebar ini akan menjadi masalah baru lagi untukmu.

Banyak hal yang harus dipertimbangkan ketika ingin curhat ke orang yang baru dikenal. Meskipun dekat, kamu harus memosisikan diri sebaik mungkin. Ceritakan hal yang menarik agar orang tersebut juga merasa senang berteman denganmu. Jangan bercerita tentang masalah yang terjadi sebelum tahu sifat teman barumu seperti apa.

Baca Juga: Ini Lho 5 Tanda Kamu Belum Jadi Teman Curhat yang Baik

Lois Maria Andries Photo Community Writer Lois Maria Andries

19

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You