Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Dipikirkan sebelum Membicarakan Orang Lain

Berkacalah dari dirimu sendiri sebelum mengurusi hidup orang

Dalam bersosialisasi dengan orang lain, pasti ada saat di mana kamu mengetahui keburukan orang lain dan ingin bercerita kepada teman di sekitarmu. Terkadang karena kamu mengetahui aib seseorang kamu tidak sabar untuk bertemu dengan temanmu agar bisa cepat bercerita.

Tanpa kamu sadari hal ini menimbulkan banyak kerugian untukmu. Pada saat kamu menyadari bahwa hal ini salah, penyesalan akan datang. Agar kamu tidak menyesal nantinya, ada baiknya 5 hal di bawah ini dipikirkan sebelum membicarakan orang lain.

1. Banyak orang yang akan menjadi musuhmu

5 Hal yang Harus Dipikirkan sebelum Membicarakan Orang Lainpixabay.com/stocksnap

Bercerita tentang keburukan atau aib seseorang akan membuat orang tahu sifat aslimu. Mereka akan berpikir bahwa kamu suka membicarakan keburukan orang sehingga orang tersebut menghindar. Orang akan takut jika berteman denganmu dan menjadi bahan gosip.

2. Sadarlah, kamu masih punya banyak kekurangan

5 Hal yang Harus Dipikirkan sebelum Membicarakan Orang Lainpexels.com/@danxavier

Sebelum membicarakan orang, sebaiknya kamu berpikir apakah kamu sudah menjadi pribadi yang sempurna atau belum. Masih banyak kesalahan yang kamu punya dan harus kamu perbaiki. Ada baiknya kamu memikirkan kesalahanmu dan memperbaikinya daripada harus menceritakan keburukan orang.

3. Kamu bisa menjadi sumber pertengkaran

5 Hal yang Harus Dipikirkan sebelum Membicarakan Orang Lainpexels.com/@pixabay

Jika kamu menyebarkan berita yang buruk ke banyak orang, ini akan menyebabkan perpecahan juga nantinya. Orang yang menjadi bahan gosip bisa bertengkar dengan teman yang kamu ajak untuk membicarakan keburukannya. Bahkan, kamu sendiri juga bertengkar dengan orang tersebut. 

Baca Juga: 5 Hal Ini Bisa Dijadikan Bahan Obrolan, Biar Kamu Gak Bergosip

4. Omongan buruk tersebut bisa saja berbalik pada kamu

5 Hal yang Harus Dipikirkan sebelum Membicarakan Orang Lainpixabay.com/free-photos

Masa depan tidak akan ada yang tahu. Kamu bisa saja melakukan kesalahan yang tak bisa dihindari. Jangan menghina keburukan orang lain, kamu tidak akan tahu bagaimana hidupmu ke depannya. 

5. Masih banyak hal yang harus kamu pikirkan daripada membicarakan orang

5 Hal yang Harus Dipikirkan sebelum Membicarakan Orang Lainpexels.com/@giftpundits-com

Kamu pasti memiliki hal yang harus kamu lakukan dengan maksimal. Baik dalam pekerjaan, kuliah, dan hal lain yang menyita waktumu. Tunjukan bahwa kamu memiliki kesibukan yang penting, bukan hanya menyebar gosip.

Dalam hidup kamu pasti mempunyai keburukan atau sebuah aib yang tidak ingin orang lain ketahui. Agar keburukanmu tidak dibicarakan oleh orang lain juga, sebaiknya kamu mengurusi hidupmu sendiri tanpa mengusik kehidupan orang lain. Belajarlah untuk tidak membicarakan orang lain karena apa yang kamu lihat belum tentu benar. Hargai privacy orang lain agar kamu juga dihargai.

 

Baca Juga: 5 Alasan Berhenti Bergosip Bisa Bikin Kamu Bahagia

Lois Maria Andries Photo Verified Writer Lois Maria Andries

19

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya