Comscore Tracker

Lebih Nyaman, Ini 5 Alasan Kamu Harus Berani Bilang "Tidak"

Ingatlah, tanggung jawabmu dengan orang lain berbeda

Dalam berhubungan dengan orang lain, kamu pasti ingin memberikan yang terbaik untuk orang lain. Dengan adanya kehadiranmu di sisi orang tersebut, kamu berharap orang tersebut merasa senang. Padahal, seringkali kamu memaksakan kehadiranmu di tengah-tengah mereka.

Merasa tidak enak jika tidak ikut bersama mereka pasti menjadi hal yang kamu rasakan. Namun, harus disadari bahwa kamu perlu mengatakan "tidak" atau menolak permintaan tersebut jika kamu merasa tidak nyaman.

Jangan karena ingin diterima di pergaulan mana saja kamu mengorbankan dirimu. Meskipun sulit untuk dilakukan, ini 5 alasan mengapa kamu harus berani menolak jika tidak nyaman.

1. Orang akan tahu bahwa kamu orang yang tegas

Lebih Nyaman, Ini 5 Alasan Kamu Harus Berani Bilang Tidakpixabay.com/users/StockSnap

Dengan prinsipmu yang tidak mau melakukan hal yang membuat tidak nyaman, mereka akan melihat kamu sebagai orang yang tegas. Memiliki sifat tegas akan membuat orang bisa menghargai keputusanmu. Jangan ragu antara ya dan tidak, ini akan membuat orang lain memaksa kamu untuk menuruti kemauannya.

2. Jika kamu tidak berani menolak, hal yang kamu jalani terasa berat

Lebih Nyaman, Ini 5 Alasan Kamu Harus Berani Bilang Tidakpixabay.com/stocksnap

Sesuatu yang dijalani bukan karena kemauan sendiri akan membuat kamu merasa berat. Sepanjang aktivitas tersebut kamu lebih sering mengeluh dalam hati. Hal ini akan membuang waktu hanya untuk mengeluh dan merasa tidak nyaman.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Perlu Ragu Menolak Teman yang Ingin Berutang 

3. Kalau kamu terpaksa, rasa tidak nyaman pasti ada

Lebih Nyaman, Ini 5 Alasan Kamu Harus Berani Bilang Tidakpixabay.com/free-photos

Karena keterpaksaan kamu menjadi tidak nyaman. Hal yang kamu pikirkan hanyalah bagaimana semua bisa selesai dengan cepat. Kamu menjadi tidak fokus dengan apa yang harus dihadapi.

4. Kamu mempunyai kesibukan sendiri yang lebih penting

Lebih Nyaman, Ini 5 Alasan Kamu Harus Berani Bilang Tidakpexels.com/@giftpundits-com

Mengikuti kemauan orang lain akan membuat orang melihat kita sebagai orang yang pengangguran dan bisa mereka ajak ke mana pun. Padahal, kesibukanmu dengan orang lain pastinya berbeda. Bahkan, terkadang kamu jauh lebih sibuk dibanding mereka. Sehingga tugasmu kadang terbengkalai karena kamu kurang tegas.

5. Hidupmu bukan harus menuruti kemauan mereka

Lebih Nyaman, Ini 5 Alasan Kamu Harus Berani Bilang Tidakpexels.com/@danxavier

Apa yang membuat mereka bahagia belum tentu kamu rasakan. Semua terasa sebaliknya karena kamu sebenarnya ingin menolak. Pikirkan apa yang membuat kamu dan orang tersebut senang. Kalau hanya orang yang mengajak atau memerintahkan kamu saja yang senang, itu akan membuat kamu lebih tersiksa.

Tidak semua yang orang mau kamu harus menjawab dengan kata bisa. Kamu dengan orang lain memiliki kesibukan dan tanggung jawab berbeda pastinya. Jangan karena tidak berani berkata tidak, hidupmu terasa berat. Bersikaplah tegas, agar orang tidak berani membuat kamu memaksakan kemauannya.

Baca Juga: 5 Alasan Positif Kamu Perlu Merasakan Kegagalan Dalam Hidupmu

Lois Maria Andries Photo Verified Writer Lois Maria Andries

19

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya