Comscore Tracker

7 Dampak Negatif Saat Kamu Hanya Terfokus pada Persoalan Asmara

Hasilnya dapat membawa kamu kepada kenyataan hidup

Memiliki hubungan asmara yang indah dan banyak dipuji tentu menjadi impian banyak orang. Kebahagiaan hidup terasa semakin bertambah ketika menemukan tambatan hati yang pas untuk kita dan ketika ditambah oleh keberadaan orang-orang yang memberi pujian kepada hubungan asmara kita.

Cobalah merenungkan tujuh dampak ini dalam hubungan asmara kamu, dan mulailah mencari jalan keluar.

1. Persoalan masa depan pendidikan kurang maksimal kamu pikirkan

7 Dampak Negatif Saat Kamu Hanya Terfokus pada Persoalan AsmaraUnsplash.com/Milan Popovic

Persoalan pendidikan yang belum dirunutkan secara matang, mampu mengganggu keputusan-keputusan lain dalam hidup. Karena memiliki bidang yang kamu minati dan merasa percaya diri melakukannya, harus membutuhkan usaha mencari sekolah dan berbagai sarananya yang cocok untuk kamu.

Ketika semuanya terlambat dan kamu hanya asal memilih pendidikan, dampaknya kamu dapat kehilangan kontrol dalam hidup. Semua akan terasa menjadi beban pikiran, tentang waktu, tenaga, kesehatan fisik kamu, finansial, dan lain-lain. Semoga kamu dapat memegang kontrol untuk hidup kamu sendiri.

2. Kamu kurang kemandirian dalam berpikir dan bertindak

7 Dampak Negatif Saat Kamu Hanya Terfokus pada Persoalan AsmaraUnsplash.com/NeONBRAND

Membicarakan soal asmara memang sangat luar biasa, tetapi mampukah kamu bertindak sendiri dan berpikir menurut nilai-nilai yang kamu pegang? Selalu saja ada usulan lain yang memberi kamu solusi, dan kamu seperti memikirkan segala dari dia adalah benar.

Sederhananya semua menjadi toxic, kamu menjadi tidak mandiri jika keluar sendirian, jika meminta izin untuk me time dicurigai, atau segala kebutuhan kamu dipenuhi oleh dia tanpa berdiskusi terlebih dahulu. Jangan kehilangan kemandirian kamu dan pegang teguh nilai-nilai yang kamu yakini.

3. Tidak memiliki banyak sudut pandang dalam berpikir

7 Dampak Negatif Saat Kamu Hanya Terfokus pada Persoalan AsmaraUnsplash.com/Kinga Cichewicz

Kemampuan melihat banyak sudut pandang memberi kita pemahaman melalui kacamata hidup orang lain. Kita mampu memberi sebuah pengertian jika diperlukan, dengan cara yang benar dan tidak menuntut mereka untuk melakukan apa yang kita kehendaki.

Tidak selamanya orang akan terus bersama dengan kita dan tidak selamanya orang akan selalu menyukai kita. Diri kita sendiri perlu diperbaharui, perlu berkembang demi kebaikan kita sendiri.  

Baca Juga: Sebelum Menjalin Hubungan Asmara, Perbaiki 5 Hal Ini Terlebih Dahulu

4. Memungkinkan untuk menjadi orang yang toxic

7 Dampak Negatif Saat Kamu Hanya Terfokus pada Persoalan AsmaraUnsplash.com/Helena Lopes

Seperti pembahasan pada poin sebelumnya, ketika kamu tidak berusaha memikirkan bagaimana menjadi orang tersebut, kamu mungkin bisa menjadi orang yang toxic. Memiliki lingkaran pertemanan yang perlahan-lahan berbalik dari kamu, apakah itu menyenangkan?

Saatnya belajar menjadi seseorang yang tidak menyudutkan kehidupan orang lain, tetapi sekurang-kurangnya membantu memberi penglihatan untuk jalan keluar yang terbaik.

5. Kurang memahami kekurangan dan kelebihan diri sendiri

7 Dampak Negatif Saat Kamu Hanya Terfokus pada Persoalan AsmaraUnsplash.com/ Valerie Elash

Sebagai manusia kita pasti memiliki kekurangan dan kelebihan, ketika semuanya terasa tidak jelas ambillah jeda. Memahami kekurangan dan kelebihan dapat membantu kamu mengenal lebih dekat diri kamu sendiri, memahami keduanya membantu kamu menumbuhkan kepercayaan pada diri kamu sendiri.

Saat terlalu fokus kepada hubungan asmara, selalu saja kepentingan bersama yang harus kamu pikirkan. Dalam diri kamu tersimpan suara-suara nurani yang juga ingin didengarkan. Sebaik apapun keadaan kamu bersama dia, jangan lupakan suara-suara itu.

6. Kurang pandai dalam mengolah emosi 

7 Dampak Negatif Saat Kamu Hanya Terfokus pada Persoalan AsmaraUnsplash.com/ Eric Ward

Emosi adalah berbagai perasaan yang kamu rasakan. Meskipun tidak dapat terlihat secara fisik seperti kita melihat fisik dari orang lain atau makhluk hidup lainnya, emosi dapat terlihat melalui bahasa tubuh kita atau orang lain dan itu nyata. Misalnya amarah, sedih dan benci.

Kamu mampu mengendalikan emosimu pada saat bersama dengannya, tetapi ketika kamu keluar ke dunia sendirian, apakah kamu mampu mengolah emosi kamu? Mulailah berpandai-pandai mengatasi hal-hal seperti ini, karena dalam hubungan juga terdapat banyak risiko yang harus dihadapi.

7. Kuat berekspektasi

7 Dampak Negatif Saat Kamu Hanya Terfokus pada Persoalan AsmaraUnsplash.com/Manuel Meurisse

Kuat berekspektasi dalam sebuah hubungan memang membantu melanggengkan sebuah hubungan tetapi ada kalanya konsisten melakukan ekspektasi juga melelahkan. Kita adalah manusia yang sangat menyukai sebuah tindakan, apa lagi jika viral dan dapat menjadi bahan gosip.

Kita pandai manambah kerumitan dalam hidup dan saat lelah, sulit melepaskan semua hal tersebut. Jangan termakan gengsi jika memang batinmu sudah tidak kuat, lepaskanlah dan ikhlaskan.

Hidup terus mengajarkan kita tentang kenyataan yang ada, sepandai-pandainya berbahagia ada kalanya akan datang rasa bingung menghadapi apa itu kesedihan. Saat merasa belum siap melanjutkan hubungan asmara kalian, ambillah keputusan yang tegas. Berkompromilah dengan segala keadaan dan yakinlah seseorang mungkin akan datang pada waktu yang tepat.

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Punya Sifat Pasif Agresif dalam Hubungan Asmara, Apa Iya?

Light Flowie Photo Writer Light Flowie

Semoga bisa menjadi seseorang yang baik dalam menekuni hal ini

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya