Comscore Tracker

5 Ucapan buat Temanmu yang Sedang Berduka, biar Gak Makin Sedih

Untuk menghibur temanmu yang berduka

Kamu pernah tidak bertanya-tanya ke dirimu sendiri saat hendak berkunjung ke rumah sahabatmu yang sedang berduka atau ketika kamu ingin menyapanya lewat aplikasi chatting, "Kalimat seperti apa ya, yang sebaiknya aku sampaikan?" Di satu sisi kamu ingin menghiburnya, tapi di sisi lain kamu khawatir kalau ucapanmu nanti malah membuatnya semakin sedih.

Berikut ini lima ucapan yang bisa kamu utarakan buat temanmu yang sedang berduka.

1. Hai, apakah ada yang lagi kamu butuhin?

5 Ucapan buat Temanmu yang Sedang Berduka, biar Gak Makin Sedihilustrasi orang empati (pexels.com/Polina Zimmerman)

Dalam buku berjudul Finding Meaning; The Sixth Stage of Grief David Kessler mengatakan bahwa kedukaan membuat seseorang seolah berada dalam terowongan panjang. Pikirannya seakan gelap.

Orang yang sedang berduka seperti tidak bisa melihat sebuah harapan di hadapannya. Kehilangan ternyata mampu membuat hidup terasa lumpuh. Karena itu, narasi-narasi menenangkan dari orang-orang di sekitarnya diharapkan dapat sedikit menghibur mereka yang sedang berduka.

Ketika diliputi perasaan berduka, mungkin ada hal-hal domestik atau tugas-tugas tertentu yang tidak mampu mereka kerjakan. Jangankan menyelesaikannya, mereka bahkan bisa jadi lupa mengurus dirinya sendiri. Kalau kamu luang dan berkenan, coba tanyakan kebutuhannya.

Apakah mereka sudah makan? apakah ada sesuatu yang bisa kamu bantu. Pertanyaan semacam ini, bisa jadi membuat mereka paham bahwa mereka tidak berjuang sendirian.

2. Kalau perasaannya sudah agak tenang, jangan sungkan berbagi cerita sama aku, ya

5 Ucapan buat Temanmu yang Sedang Berduka, biar Gak Makin Sedihilustrasi orang memberi perhatian (pexels.com/SHVETS production)

Terkadang, orang yang berduka butuh waktu lebih lama untuk menenangkan pikiran dan emosinya. Memberi mereka jeda dan memastikan bahwa semua percakapan terjadi dalam kondisi yang sudah lebih tenang adalah sebuah tawaran yang bijak.

Hal ini seakan mengisyaratkan kalau kamu ingin memberi mereka ruang untuk bisa menerima dukanya terlebih dahulu.

Baca Juga: 5 Etika Mengunjungi Orang yang Sedang Berduka, Jangan Banyak Tanya!

3. Kalau kamu merasa sudah siap buat keluar dan jalan-jalan lagi, kabarin, ya

5 Ucapan buat Temanmu yang Sedang Berduka, biar Gak Makin Sedihilustrasi persahabatan (pexels.com/Dương Nhân)

Meskipun butuh waktu untuk sendiri, tapi jangan biarkan keadaan itu terlalu lama. Sadarkan ia bahwa sudah saatnya keluar dari terowongan panjang tersebut.

Kembali bertemu banyak orang, berolahraga, membaca buku-buku berkualitas, dan melakukan aktivitas-aktivitas lain yang menyenangkan bisa jadi akan lebih mudah membantunya keluar dari perasaan berduka.

4. Puas-puasin dulu nangisnya. Aku juga bakal melakukan hal yang sama kalau ada di posisimu

5 Ucapan buat Temanmu yang Sedang Berduka, biar Gak Makin Sedihilustrasi orang memberi dukungan (pexels.com/Liza Summer)

Kalimat ini seolah menandakan bahwa kamu berada di pihaknya. Kamu tidak sedang membandingkan kesedihannya dengan siapa pun. Mereka seakan punya ruang yang cukup luas untuk bisa mengeluarkan dukanya di hadapanmu, tanpa perlu khawatir akan dihakimi olehmu.

There are no set rules for grief. It takes however long it takes, sometimes years, sometimes more. Grieving operates on its own time (David Kessler).

5. Gak apa-apa. Kamu gak harus tahu semua jawaban atas musibah ini sekarang juga

5 Ucapan buat Temanmu yang Sedang Berduka, biar Gak Makin Sedihilustrasi orang termenung (pexels.com/Andrew Neel)

Kepergian orang-orang tersayang adalah bagian dari ketetapan Tuhan yang tidak bisa dihindari oleh siapa pun. Semua berjalan atas izin Tuhan dan kita meyakini bahwa setiap musibah pasti ada hikmahnya.

Tapi terkadang, pikiran orang yang sedang berduka tidak bisa melihat itu dengan cepat. Butuh waktu bagi mereka untuk mencerna musibah yang sedang menimpanya. Nanti, saat hati mereka sudah lebih tenang, pelajaran itu baru mulai terlihat pelan-pelan.

Perasaan kehilangan akibat berduka ternyata tidak pergi begitu saja hanya dalam hitungan bulan atau tahun. Ia bahkan bisa terasa sepanjang hayat. Menghampiri sewaktu-waktu. Datang dan pergi.

Berduka ternyata bisa memberi pengaruh sehebat itu pada jiwa seseorang. Semoga dengan ucapan-ucapan tersebut, membuat mereka lebih kuat menghadapi duka yang sedang mereka lalui.

Baca Juga: 15 Ucapan Belasungkawa Katolik untuk Penghiburan yang Tengah Berduka

Marina Fauzia Photo Writer Marina Fauzia

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya