Comscore Tracker

5 Manfaat Menulis Diari untuk Kesehatan Mental, Bisa Atasi Stres

Bisa untuk meningkatkan kualitas hidup, lho!  

Menulis diari merupakan salah satu cara ampuh untuk mengekspresikan diri. Kita bisa menulis apa saja mulai dari mencurahkan isi hati, menyusun agenda, menulis hal yang disyukuri dan lainnya.

Dengan menulis diari, kita akan tahu hal-hal apa saja yang sudah kita lakukan dan hal apa yang sudah kita capai sejauh ini, sehingga bisa kita syukuri. Nah, buat kamu yang belum tahu, berikut adalah lima manfaat menulis diari untuk kesehatan. Disimak, yuk!

1. Mengatasi stres 

5 Manfaat Menulis Diari untuk Kesehatan Mental, Bisa Atasi Strespexel.com/andrea piacquadio

Stres dapat merusak kesehatan fisik, mental, dan kondisi emosi. Menulis diari terbukti jadi sarana manajemen stres yang luar biasa. Menulis diari bisa menjadi kebiasaan yang baik untuk mengurangi dampak stres terhadap kesehatan.

Faktanya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa mencurahkan isi hati lewat tulisan, cukup untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan fungsi hati, lho!

2. Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh  

5 Manfaat Menulis Diari untuk Kesehatan Mental, Bisa Atasi StresFreepik.com/freepik

Percaya atau tidak, menulis diari dapat memperkuat kekebalan tubuh dan mengurangi risiko penyakit. Orang yang rutin menulis diari akan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh serta mengurangi gejala asma dan rheumatoid arthritis.

Menulis diari telah terbukti meningkatkan fungsi hati dan paru-paru serta memerangi penyakit tertentu.

Baca Juga: Agar Ide Selalu Mengalir, Lakukan 5 Kebiasaan Ini Sebelum Menulis

3. Menajamkan memori  

5 Manfaat Menulis Diari untuk Kesehatan Mental, Bisa Atasi StresFreepik.com/dianagrytsku

Kegiatan menulis pada umumnya dapat membantu menjaga otak dalam kondisi prima. Tidak hanya meningkatkan memori dan pemahaman, tetapi juga meningkatkan kapasitas memori yang bekerja, yang bisa jadi mencerminkan peningkatan proses kognitif di otak.

4. Meningkatkan suasana hati  

5 Manfaat Menulis Diari untuk Kesehatan Mental, Bisa Atasi StresFreepik.com/cookie_studio

Menulis diari bisa membantun memperbaiki mood dan meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik. Cobain deh, saat sedang punya masalah, tuliskan apa yang kamu rasakan dengan rinci. Khasiatnya sama dengan saat kamu curhat pada orang lain, kamu akan merasa lebih baik dan mood meningkat.

5. Memperkuat fungsi emosional  

5 Manfaat Menulis Diari untuk Kesehatan Mental, Bisa Atasi StresPexels.com/Retha Ferguson

Ketika kita punya kebiasaan menulis diari, maka kita akan merasakan manfaat jangka panjang. Kita akan lebih lebih selaras dengan kesehatan fisik, mental bahkan hubungan dengan orang lain, kita akan lebih berempati. Intinya, menulis diari dapat meningkatkan fungsi emosional yang kita miliki. 

 

Mungkin masih banyak yang menganggap bahwa menulis diari adalah hal yang remeh, tapi sudah terbukti bahwa menulis diari bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental kita, bahkan bisa meningkatkan kualitas hidup kita juga. Mulai menulis, yuk!

Baca Juga: Jangan Malas, Ini 5 Manfaat Hebat Jika Kamu Terbiasa Menulis Catatan

Marissa Zefanya Photo Verified Writer Marissa Zefanya

Muggle.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya