Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Sudah Jadi Tempat Curhat yang Baik, Good Listener!

Jadilah tempat curhat yang baik, ya

Manusia adalah makhluk sosial yang tak bisa hidup sendirian, kita perlu orang lain dalam hidup. Selama hidup, akan ada berbagai masalah yang datang, tentu saja tak boleh dipendam sendirian. Kita butuh seseorang untuk mencurahkan isi hati kita, selain itu kita bisa mendapatkan solusi darinya.

Sayangnya, tak semua orang bisa menjadi tempat curhat yang baik. Nah, ini lima tanda kalau kamu sudah jadi tempat curhat yang baik. Simak, yuk!

1. Mendengarkan curhatan sampai selesai

5 Tanda Kamu Sudah Jadi Tempat Curhat yang Baik, Good Listener!pexels.com/andrea piacquadio

Terkadang, orang yang punya masalah hanya ingin didengarkan. Jadi, pasanglah telingamu baik-baik dan dengarkan curahan hati orang lain. Salah satu tanda bahwa kamu sudah jadi tempat curhat yang baik, adalah kamu mendengarkan ceritanya sampai selesai, tanpa memotong pembicaraan.

Bayangkan, saat kamu sedang dipenuhi emosi dan hanya ingin meluapkan apa yang ada di isi hatimu, pembicaraanmu malah terus dipotong oleh si tempat curhat, pasti kesal banget. Mendengarkan cerita orang lain hingga selesai tak hanya soal etika, tapi menunjukan seberapa besar kamu peduli dan menghargai orang lain.

2. Berempati

5 Tanda Kamu Sudah Jadi Tempat Curhat yang Baik, Good Listener!pexels.com/thiszun

Saat menceritakan masalah kita kepada orang lain, kita pasti ingin dimengerti. Jadi, berempati itu sangat penting saat ada orang yang curhat padamu. Ketika kita memposisikan diri sebagai orang lain, tentunya kita akan lebih berempati dan peduli akan masalahnya.

Ketika kita berempati, secara tak langsung kita sedang memberikan dukungan kepada orang lain. Dia akan merasa nyaman dan dihargai saat kamu berempati akan masalahnya. Jadi, kamu bisa jadi tempat curhat yang baik saat kamu berempati pada orang lain.

Baca Juga: 5 Manfaat Positif Kalau Kamu Sering Jadi Teman Curhat Orang Lain

3. Tidak menghakimi

5 Tanda Kamu Sudah Jadi Tempat Curhat yang Baik, Good Listener!pexels.com/laura stanley

Selain mendengarkan dan berempati, kita juga perlu memberikan saran. Sekalipun kamu mendapati curahan hatinya terdengar egois, jangan menghakimi orang lain, karena itu akan membuatnya merasa lebih drop.

Mulailah dengan memberi dukungan kepada orang tersebut, berikan apresiasi karena sudah bertahan di tengah beratnya masalah. Saat ia sudah merasa nyaman dengan kamu, berilah solusi dengan menyudutkan dirinya. 

4. Tidak menceritakan kepada orang lain

5 Tanda Kamu Sudah Jadi Tempat Curhat yang Baik, Good Listener!Freepik.com/bilahata

Salah satu syarat mutlak tempat curhat yang baik adalah tidak meneruskan curhatan tersebut kepada orang lain. Menjaga rahasia orang lain adalah hal yang penting untuk menjaga hubungan kamu dengannya.

Jadi, kalau mau menjadi tempat curhat yang baik, jangan pernah menceritakan curhatan orang kepada orang lain, apalagi sampai jadi bahan pergosipan.

5. Kamu selalu dicari untuk diajak sharing

5 Tanda Kamu Sudah Jadi Tempat Curhat yang Baik, Good Listener!Freepik.com/freepik

Tanda paling nyata saat kamu sudah jadi tempat curhat yang baik adalah kamu selalu dicari untuk sharing dan curhat lagi. Itu tandanya orang tersebut sudah sangat nyaman dengan kamu. Tentu saja ini jadi hal yang membanggakan buat diri sendiri.

 

Nah, itu dia lima tanda bahwa kamu sudah jadi tempat curhat yang baik. Jika kamu melakukan hal di atas, kamu sudah mulai menjadi tempat curhat yang baik, lho. Gimana, kamu termasuk?

Baca Juga: 5 Tips Menemukan Teman yang Tepat buat Curhat, Jangan Salah Pilih!

Marissa Zefanya Photo Verified Writer Marissa Zefanya

Muggle.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya