Comscore Tracker

5 Tips Ampuh Bangkit dari Keterpurukan, Maafkan Diri Sendiri

Ambil waktu untuk dirimu sendiri

Setiap manusia tak luput dari cobaan hidup yang membuatnya jatuh dalam keterpurukan. Manusiawi bila kita berada dalam keadaan terpuruk, namun alangkah baiknya kalau kita segera bangkit dan tidak berlama-lama dalam keterpurukan.

Hidup terus berjalan tanpa menunggu siap tidaknya kita untuk menghadapinya. Jadi sudahi sedihmu, ikuti lima tips ampuh berikut ini untuk bangkit dari keterpurukan. Kita sama-sama simak, yuk.

1. Menyadari dan menerima kenyataan yang terjadi

5 Tips Ampuh Bangkit dari Keterpurukan, Maafkan Diri Sendiriilustrasi wanita sedang berpikir (freepik.com/jcomp)

Tak masalah jika kamu pernah terjatuh dan mengalami keterpurukan. Namun, kamu tidak bisa berlarut-larut tenggelam dalam keterpurukan tersebut. Coba bangkitkan motivasi untuk diri sendiri dengan cara menyadari realitas yang terjadi.

Lihatlah pada kenyataan yang ada bahwa kamu tidak bisa mengubah setiap hal yang sudah terjadi. Kamu juga perlu menyadari jika kamu tidak bergerak dari keterpurukan, maka tak akan ada yang bisa menyelamatkanmu.

2. Temukan sesuatu yang menyenangkan atau lucu

5 Tips Ampuh Bangkit dari Keterpurukan, Maafkan Diri Sendiriilustrasi seorang perempuan tengah liburan (pexels.com/andreapiacquadio)

Tertawa adalah obat terbaik menyembuhkan luka, mengatasi stres, melepas penat, ketegangan, dan mengatur ulang kerja otak agar menjadi lebih positif. Tertawa kecil dapat melepaskan endorfin dan dopamin, bahan kimia alami yang membuat tubuh bahagia dan bangkit dari keterpurukan.

Mungkin sulit menemukan sesuatu yang lucu saat kita bersedih, namun dengan mengingat momen paling membahagiakan mungkin sedikit mengobati lara. Kamu juga bisa menyaksikan tontonan lucu agar sedikit mengobati rasa sedih dalam hati.

3. Istirahat sebentar dari rutinitas

5 Tips Ampuh Bangkit dari Keterpurukan, Maafkan Diri SendiriIlustrasi wanita sedang tidur (freepik.com/tirachardz)

Saatnya ambil waktu sejenak untuk memotivasi diri sendiri. Mungkin kamu perlu banyak waktu untuk merenung dan introspeksi diri. Jadi tak ada salahnya jika beristirahat sebentar dari rutinitas sehari-hari.

Rutinitas terkadang membuat batin dan fisik menjadi lelah sehingga kamu tidak sempat untuk memperbaiki mental diri sendiri. Cobalah untuk istirahat sejenak agar kamu dapat membangkitkan perasaan yang sempat down dan bangkit kembali melanjutkan hidup.

Baca Juga: Bangkit dari Masa Lalu, Ini 5 Manfaatnya Memaafkan Dirimu Sendiri

4. Berliburlah

5 Tips Ampuh Bangkit dari Keterpurukan, Maafkan Diri Sendiriilustrasi seorang perempuan tengah liburan (pexels.com/alexandrpodvalny)

Motivasi untuk diri sendiri tidak harus dilakukan dengan menyepi dan merenung. Terkadang kamu juga butuh refreshing untuk menyegarkan pikiran dan perasaan yang sempat terjatuh dalam keterpurukan.

Rencanakan liburan ke tempat yang menyenangkan bagimu. Kamu butuh waktu untuk berganti suasana agar mood menjadi lebih baik. Nah, selama berlibur kamu pun dapat memanfaatkan waktu untuk mengintrospeksi diri dan menyemangati diri sendiri agar segera melawan perasaan down dan terpuruk.

5. Memulai kembali dengan menulis rencana

5 Tips Ampuh Bangkit dari Keterpurukan, Maafkan Diri Sendiriilustrasi membuat catatan (freepik.com/drobotdean)

Rencana adalah suatu hal yang sangat penting untuk dibuat. Tanpa adanya rencana kamu tidak bakal memiliki pencapaian. Padahal, pencapaian merupakan sebuah harapan agar kamu bisa segera bangkit setelah terjatuh.

Luangkan waktu untuk menyusun kembali rencana selanjutnya. Percayalah bahwa semua yang bersifat baik pasti akan berjalan dengan lancar. Jadi, kamu tak perlu cemas akan kegagalan rencana yang sudah kamu buat ini. Jika memang suatu saat gagal, jangan takut untuk mencobanya lagi.

Satu hal yang pasti, kita harus menyadari bahwa semua manusia pernah terpuruk, jadi kamu tidak benar-benar sendirian. Jadikan keterpurukan hanya sebagai fase hidup, jangan berlama-lama dan segera bangkit, ya. Semangat!

Baca Juga: 5 Alasan Logis Terlalu Mudah Memaafkan Kesalahan Orang Itu Gak Baik 

Marissa Zefanya Photo Verified Writer Marissa Zefanya

Muggle.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya