Comscore Tracker

5 Alasan Seseorang Membencimu Justru setelah Kamu Sukses 

Bikin bingung harus bersikap bagaimana 

Kalau kamu diolok-olok dan dijauhi orang karena kamu mengalami kegagalan bertubi-tubi dan belum menjadi siapa-siapa, itu sudah biasa terjadi ya? Mereka memandangmu sebelah mata. Ini biasa disebut ujian pertemanan atau persaudaraan. Hanya teman dan saudara sejati yang akan tetap di sisimu.

Namun bagaimana jika seseorang yang tadinya biasa-biasa saja padamu ketika kamu masih susah, mendadak berubah membencimu justru setelah kamu sukses? Kamu mungkin gak menyangkanya karena berpikir kesuksesanmu seharusnya menjadi magnet untuk semua orang. Terlebih orang-orang terdekatmu.

Semestinya mereka ikut bahagia atas pencapaianmu, kan? Untuk menjawab rasa heranmu, simak 5 alasan perubahan sikapnya padamu berikut ini:

1. Kamu sering menyombongkan diri 

5 Alasan Seseorang Membencimu Justru setelah Kamu Sukses Pexels.com/olly

Terasa terlalu lugas? Tetapi memang penting kan, mencoba melakukan introspeksi terlebih dahulu? Jangan-jangan tanpa kamu sadari, kesuksesan memang telah mengubah sifatmu. Dahulu kamu rendah hati, sekarang senang menyombongkan diri di hadapan siapa pun.

Ada keinginan yang sangat kuat dalam benakmu untuk membuat orang lain terkagum-kagum atas setiap pencapaianmu. Kalau begini, wajar sih, bila ada yang merasa muak. Terlebih orang yang tahu masa-masa susahmu. Di matanya, kamu seperti peribahasa kacang lupa akan kulitnya.

2. Kamu cuma bermaksud bercerita, tetapi dia menangkapnya sebagai pamer 

5 Alasan Seseorang Membencimu Justru setelah Kamu Sukses Pexels.com/olly

Memang gak mungkin kita mengendalikan persepsi orang lain atas setiap ucapan atau tindakan kita. Bila pada poin pertama, kamu memang sengaja menyombongkan diri, kali ini kamu sama sekali gak ada maksud begitu. Kamu cuma bercerita, mungkin tentang proses yang dilalui sampai kamu bisa seperti sekarang.

Kamu bahkan punya niat baik agar orang lain terinspirasi dan yakin gak ada yang mustahil di dunia ini asalkan bersungguh-sungguh. Tetapi yang dia tangkap gak begitu. Dia berpikir kamu cuma hendak memperjelas apa saja yang sudah kamu raih dan betapa hebatnya kamu karena bisa mengubah nasib sedemikian rupa.

3. Kesuksesanmu membuatnya makin merasa insecure 

5 Alasan Seseorang Membencimu Justru setelah Kamu Sukses Unsplash.com/heinrich_boll

Ya, makin merasa insecure. Artinya, kamu sebenarnya bukan penyebab utama atas munculnya perasaan itu. Dia memang sudah merasa gak aman dengan dirinya sendiri semenjak dahulu kala. Ini sebenarnya masalah pribadinya. Namun kabar kesuksesanmu membuatnya merasa lebih buruk.

Ini tak ubahnya tumpukan daun kering yang sudah tersiram minyak. Kebetulan kamu lewat di dekatnya dengan lilin yang menyala, tumpukan daun kering itu langsung terbakar. Berhadapan dengan orang yang seperti ini, bahkan jika kamu merendah serendah-rendahnya, dia akan tetap merasa punya alasan kuat untuk membencimu dan kesuksesanmu.

Baca Juga: 5 Hal Ini Menunjukan Jika Kamu Sedang Merasa Iri pada Seseorang

4. Kesibukan bikin kamu terkesan menjauhinya 

5 Alasan Seseorang Membencimu Justru setelah Kamu Sukses Pexels.com/nappy

Semua pencapaianmu sekarang tentu gak kamu dapatkan hanya dengan rebah-rebahan sepanjang hari, kan? Kamu membanting tulang dalam waktu yang gak sebentar. Dahulu kamu sudah menyibukkan diri demi mencapai keinginanmu. Tetapi sekarang kamu menjadi lebih sibuk lagi.

Ya, setelah kesuksesan dicapai, bukan lantas kamu bisa berleha-leha bukan? Sama seperti segala hal di dunia ini, kesuksesan juga punya konsekuensi. Salah satunya, kesibukanmu bukannya menurun justru makin meningkat. Ini mungkin membuatmu makin gak bisa berkumpul dengan teman-temanmu.

Panggilan telepon pun gak selalu bisa kamu angkat. Kamu juga lama dalam membuka serta membalas pesan. Pun balasanmu mungkin singkat-singkat. Kamu merasa itu sudah cukup, tetapi temanmu menganggapmu sengaja menjaga jarak darinya karena kalian sekarang beda kelas.

5. Ingin banget ada di posisimu sejak dahulu kala, tetapi malah kamu yang ‘tahu-tahu’ mendapatkannya 

5 Alasan Seseorang Membencimu Justru setelah Kamu Sukses Pexels.com/cottonbro

Kita memang gak pernah tahu kan, bintang keberuntungan itu akan jatuh ke siapa? Sebenarnya sih, kesuksesanmu jelas bukan kebetulan semata. Kamu pasti sabar banget dalam berusaha dan berdoa sampai akhirnya kamu bisa meraih semua ini. Namun mungkin, dia gak tahu soal itu sehingga kaget mendapatimu sesukses sekarang.

Bukan cuma bertanya-tanya bagaimana kamu bisa mencapainya melainkan juga merasa terpukul karena dia sudah sejak dahulu menginginkannya. Dia bahkan merasa sudah mengerahkan seluruh upaya terbaiknya. Gak mungkin kalah baik dari upayamu. Tetapi malah kamu yang terlebih dahulu sukses sementara dia sendiri entah.

Jika kebenciannya padamu karena kamu senang menyombongkan diri selepas sukses, tentu kamu harus belajar menahan diri. Namun bila poin 2 sampai 5 yang menjadi penyebabnya, kamu gak bisa berbuat banyak. Memang akan selalu ada orang yang gak menyukai kita terlepas dari kita sukses maupun tidak, kan? Santai saja dan lanjutkan hidup.

Baca Juga: 5 Bukti Kalau Ada Seseorang yang Iri sama Hubungan Percintaanmu

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya