Comscore Tracker

5 Good Habit untuk Kesuksesan di Masa Depan, Perhatikan Attitude!

Mulai biasakan selagi kamu masih muda

Good habit atau kebiasaan baik sangatlah penting untuk membentuk masa depanmu. Jangan pernah menyepelekannya bila kamu ingin menjadi orang yang sukses.

Bukankah kamu tidak bisa mengharapkan kesuksesan dengan mengandalkan keberuntungan? Kamu perlu membuat diri sendiri layak untuk mendapatkannya.

Latihlah lima good habit berikut ini supaya kesuksesan yang diharapkan tak cuma mengisi angan-angan!

1. Disiplin, fokus, dan tekun dalam mengerjakan apa pun

5 Good Habit untuk Kesuksesan di Masa Depan, Perhatikan Attitude!ilustrasi fokus dan tekun (pexels.com/Ron Lach)

Ketiga hal ini memang satu rangkaian. Jika kamu dapat berdisiplin dalam menggunakan waktu, mudah untukmu menjaga fokus ketika mengerjakan sesuatu. Dan bila kamu fokus, kamu tak akan mudah berhenti di tengah jalan.

Ketekunanmu pun bakal terbentuk. Kamu tak gampang bosan mengerjakan hal-hal yang nyaris sama berulang-ulang. Kamu sadar bahwa ini bagian dari proses untuk meningkatkan kemampuanmu sebelum kamu bertemu dengan tantangan yang lebih berat.

2. Terus belajar untuk mengenali diri

5 Good Habit untuk Kesuksesan di Masa Depan, Perhatikan Attitude!ilustrasi pria tersenyum di depan laptop (pexels.com/William Fortunato)

Mengenali diri artinya kamu tahu bidang yang menjadi minatmu dan seperti apa kemampuanmu hari ini. Dengan mengetahui kedua hal tersebut, kamu bisa langsung mempelajari lebih dalam suatu bidang dan secara berkala menguji kemampuan diri.

Beda sekali dengan jika kamu tak mampu mengenali diri dengan baik. Rasanya, kamu bingung terus akan belajar atau bekerja di bidang apa. Memang, sih, tanpa pengenalan diri yang baik, kamu juga masih bisa berkuliah atau mencari uang.

Hanya saja, hasilnya tentu tak akan maksimal. Kamu pun bakal kurang menikmati setiap proses perkembangan dirimu sendiri. Jadi, sudah seberapa paham kamu tentang diri sendiri? Jangan sampai gak ngerti apa-apa, ya!

Baca Juga: 6 Rekomendasi Buku tentang Habit, Demi Hidup yang Lebih Baik

3. Memiliki ketertarikan tinggi pada pengembangan diri

5 Good Habit untuk Kesuksesan di Masa Depan, Perhatikan Attitude!ilustrasi berkonsentrasi penuh (pexels.com/Christina Morillo)

Sulit juga untukmu dapat mengembangkan diri apabila kamu belum mengenali diri dengan cukup baik seperti dalam poin sebelumnya. Pengenalan diri menjadi langkah awal, setelahnya, jangan mudah merasa puas dengan kemampuanmu hari ini.

Banyak sekali aspek dalam pengembangan diri yang harus kamu perhatikan. Bukan cuma meningkatkan skill, melainkan juga meluaskan wawasan serta jejaring. Jangan sampai dunia terus berubah dan kamu malah terhenti lalu tertinggal karena malas mengembangkan diri.

4. Mandiri sekaligus selektif dalam mencari informasi

5 Good Habit untuk Kesuksesan di Masa Depan, Perhatikan Attitude!ilustrasi membaca koran (pexels.com/Vlada Karpovich)

Contoh kemandirian dalam upayamu mendapatkan informasi ialah kamu tak sekadar bertanya pada orang lain mengenai sesuatu yang tidak kamu mengerti. Betul, bertanya juga bagian dari usaha memperoleh informasi.

Akan tetapi, bila hanya mengandalkan jawaban orang, kamu tidak bakal mendapatkan banyak informasi. Orang lain tidak punya cukup waktu untuk menjawab semua pertanyaanmu atau menjelaskan sesuatu.

Lebih aktiflah dengan mencari sendiri berbagai informasi yang kamu butuhkan. Imbangi pula banyaknya informasi yang masuk dengan sikap selektif. Pilihlah informasi yang akurat serta sesuai dengan kebutuhanmu.

5. Menjaga attitude

5 Good Habit untuk Kesuksesan di Masa Depan, Perhatikan Attitude!ilustrasi membungkuk hormat (pexels.com/Kampus Production)

Sampai kapanpun, attitude yang baik akan selalu berguna. Berkat attitude yang terjaga, siapa saja bakal senang mengajarimu berbagai hal penting, bahkan menaruh minat untuk menjadi rekan kerjamu. 

Sebaliknya, attitude yang buruk membuat orang-orang ingin menghindarimu. Sejatinya cara untuk membentuk attitude yang baik sederhana saja. Lancarkan lisan dan jarimu untuk mengucapkan atau menuliskan tiga kata sakti, yaitu "maaf", "terima kasih", dan "tolong".

Mengombinasikan kelima good habit di atas akan makin memperbesar peluangmu meraih kesuksesan di masa depan. Jadi, jangan lagi mengabaikannya, ya! Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Hal Ini Bisa Dilakukan agar Kamu Memiliki Financial Habit yang Baik

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya