Comscore Tracker

5 Manfaat Menyadari Dirimu Tak Punya Segalanya, Tahu Batasan Cukup

Begini pun hidupmu sudah menyenangkan

Terkadang kehidupan diwarnai oleh olok-olok terhadap orang yang lebih sedikit dalam memiliki apa pun. Misalnya, lebih sedikit hartanya atau dibesarkan dengan kasih sayang yang kurang dari orangtuanya.

Seakan-akan orang yang lebih banyak memiliki apa saja pasti lebih baik daripada dirinya. Salutnya, kamu yang juga kerap diolok-olok begini tak lantas mengingkari keadaanmu.

Kamu tak terdorong buat berpura-pura mempunyai segala hal, seperti yang dimiliki oleh teman-temanmu. Sikapmu ini sudah tepat. Dengan mengakui dirimu tak punya segalanya, kamu justru akan...

1. Mau berusaha untuk mencapai keinginanmu

5 Manfaat Menyadari Dirimu Tak Punya Segalanya, Tahu Batasan Cukupilustrasi bekerja dari rumah (pexels.com/Arina Krasnikova)

Kamu tahu apa-apa yang ada dan tidak ada dalam kehidupanmu. Satu sisi, kamu tetap mensyukuri apa saja yang telah tersaji di kehidupanmu. Namun, manusiawi pula kalau kamu sebenarnya menginginkan sesuatu.

Kabar baiknya, kamu mau mengupayakan terwujudnya keinginan itu. Kamu gak cuma sibuk mengkhayalkannya. Berkat usahamu yang tak kenal lelah dan terarah, suatu saat kamu pasti bakal meraihnya.

2. Mampu menikmati apa pun yang dimiliki saat ini

5 Manfaat Menyadari Dirimu Tak Punya Segalanya, Tahu Batasan Cukupilustrasi perempuan membaca (pexels.com/Mikhail Nilov)

Adanya keinginan akan hal-hal yang belum dimiliki seperti dalam poin pertama adalah normal. Namun, yang terpenting kamu tak lantas kesulitan menikmati hal-hal yang sudah ada dalam kehidupanmu sekarang karena menganggapnya tidak berharga.

Kemampuan menikmati apa-apa yang telah dimiliki inilah yang membuatmu tidak tertekan selama berjuang buat mencapai sesuatu. Teraihnya hal tersebut bakal menjadi kebahagiaan bagimu. Akan tetapi, secara garis besar kamu merasa cukup dengan kehidupanmu saat ini.

Baca Juga: 5 Panduan Sederhana untuk Menjalani Hidup yang Lebih Santai

3. Sangat mensyukuri kebersamaanmu dengan orang lain

5 Manfaat Menyadari Dirimu Tak Punya Segalanya, Tahu Batasan Cukupilustrasi bersama teman-teman (pexels.com/Cedric Fauntleroy)

Tidak semua hal yang kamu miliki berupa harta benda. Teman-teman dan keluarga yang baik juga harta yang amat berharga. Walaupun kamu tidak punya kekayaan melimpah misalnya, keberadaan mereka telah terasa menyempurnakan kehidupanmu.

Kamu tahu bahwa lingkungan sepositif ini tak dipunyai oleh semua orang. Mereka mungkin memiliki kekayaan jauh lebih banyak darimu, tetapi tidak pernah menikmati kehangatan suasana bersama orang-orang tersayang.

4. Tidak mudah iri atau minder dengan kehidupan orang lain

5 Manfaat Menyadari Dirimu Tak Punya Segalanya, Tahu Batasan Cukupilustrasi dua perempuan berbincang (pexels.com/Gustavo Fring)

Kamu mengerti bahwa kehidupan yang tak sempurna sejatinya milik semua orang. Kehidupan mereka terkadang terlihat lebih baik daripada kehidupanmu hanya karena kamu lupa tidak mencermati sisi-sisi lainnya.

Beberapa hal dalam kehidupan orang lain tentu bisa membuatmu juga ingin memilikinya. Akan tetapi, kamu tak lantas menjadi iri padanya dan justru mengembangkan perasaan termotivasi dan terinspirasi yang positif.

5. Terhindarkan dari berbagai masalah sebab kamu mau hidup dengan apa adanya

5 Manfaat Menyadari Dirimu Tak Punya Segalanya, Tahu Batasan Cukupilustrasi dua perempuan berbincang (pexels.com/Thirdman)

Hidup dapat menjadi sederhana atau ribet tergantung dari bagaimana kamu menyikapinya. Apabila kamu gak kebanyakan gengsi dan menjalani kehidupanmu dengan apa adanya, pasti kamu terhindar dari bermacam-macam masalah.

Kehidupanmu berjalan baik-baik saja walaupun kamu tak punya segalanya. Kamu tidak terjebak dalam cara menjalani hidup yang ngoyo atau tampil jauh melebihi kemampuanmu yang sesungguhnya.

Ya, fakta bahwa kamu tidak punya semua hal dalam kehidupan ini bukanlah sesuatu yang memalukan. Semua bayi juga terlahir tanpa membawa apa-apa sehingga apabila dirunut lebih jauh lagi, kita memang makhluk yang papa. Tak perlu malu mengakuinya.

Baca Juga: 5 Kenyataan Hidup Menyadarkan Kamu Gak Harus Sempurna

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya