Comscore Tracker

5 Sumber Kebahagiaan yang Dekat dan Murah, Gak Harus Mahal

#IDNTimesLife Punya lima hal ini seharusnya sudah cukup

Gak perlu terlalu sinis juga terhadap hal-hal yang bernilai mahal. Seperti barang-barang bermerek atau liburan yang mewah. Gak bisa dimungkiri, semua itu juga bisa memberimu kebahagiaan.

Namun hal-hal yang berbiaya tinggi hanyalah satu di antara sekian banyak sumber kebahagiaan. Seperti lima hal di bawah ini, yang justru menjadi kunci dari kebahagiaanmu.

1. Berani menjadi diri sendiri

5 Sumber Kebahagiaan yang Dekat dan Murah, Gak Harus MahalIlustrasi kepercayaan diri (pexels.com/tim-douglas)

Sekalipun saat belum terbiasa menjadi diri sendiri rasanya berat dan memalukan banget, akhirnya inilah yang terbaik untukmu. Kamu gak cuma butuh diterima oleh orang-orang melainkan yang terpenting justru diterima oleh diri sendiri.

Selama kamu belum berani menjadi diri sendiri, kamu akan terus berada di bawah bayang-bayang orang lain. Gak bebas dan seketika panik bila ada orang lain yang mengetahui jati dirimu.

2. Berkumpul bersama orang yang disayangi dan menyayangimu

5 Sumber Kebahagiaan yang Dekat dan Murah, Gak Harus MahalIlustrasi bersama keluarga (pexels.com/shirley-ho-3516408)

Seiring bertambahnya usia dan tanggung jawabmu, arti berkumpul bersama orang yang disayangi dan menyayangimu bukan lagi sebatas satu rumah. Kalian mungkin berjauhan, tetapi setidaknya tetap terhubung.

Mengetahui dirimu amat berharga bagi orang lain akan membuat hatimu hangat. Demikian juga menyayangi mereka sepenuh hati membuat hidupmu jauh lebih bermakna.

3. Pekerjaan yang meski belum membuatmu kaya, setidaknya bisa menghidupimu

5 Sumber Kebahagiaan yang Dekat dan Murah, Gak Harus MahalIlustrasi pria berangkat ke kantor (pexels.com/vanessa-garcia)

Coba saja ingat-ingat kembali saat kamu belum memiliki pekerjaan. Kalau baru lulus kuliah barangkali masih terasa baik-baik saja. Namun lama-kelamaan pasti sangat tertekan bukan?

Malu pada keluarga dan tetangga, merasa gak punya masa depan, dan khawatir bakal selamanya gak bisa mencari uang sendiri. Maka memiliki pekerjaan dan penghasilan gak boleh dianggap remeh.

Baca Juga: Berhenti Pedulikan 5 Hal Ini jika Ingin Lebih Bahagia dalam Hidup

4. Hidupmu gak akan lengkap tanpa teman mengobrol yang nyambung, kan?

5 Sumber Kebahagiaan yang Dekat dan Murah, Gak Harus MahalIlustrasi mengobrol dengan teman (pexels.com/george-milton)

Bersama teman, kamu gak cuma bisa bersenang-senang. Kamu juga bisa saling menyemangati atau bertukar sudut pandang. Gak kebayang kan, hidup tanpa satu pun teman?

Sekalipun di masa dewasa teman-temanmu cenderung berkurang, secara kualitas biasanya akan makin bagus. Kalian bisa mengobrol lebih mendalam dan pertemanan bertahan lebih lama.

5. Masih bisa melakukan hal-hal yang disukai adalah anugerah!

5 Sumber Kebahagiaan yang Dekat dan Murah, Gak Harus MahalIlustrasi pria memotret (pexels.com/kayley-dlugos-3247920)

Barangkali kamu bertanya-tanya, "Apa susahnya melakukan hal-hal yang disukai? Bukankah seharusnya semua orang juga bisa melakukannya?"

Ya, seharusnya memang begitu. Namun nyatanya, banyak yang gak bisa lantaran terlalu sibuk bekerja. Kalau gak bekerja sampai kaki jadi kepala dan kepala jadi kaki, gak akan bisa mencukupi kebutuhan.

Mereka sudah gak ada waktu dan tenaga lagi untuk melakukan hal-hal yang disukai atau hobi. Terlebih bila hobinya membutuhkan uang yang lumayan.

Setiap sumber kebahagiaan sebenarnya memiliki nilai. Jika sama sekali tidak bernilai, tentu menjadi tidak berharga dan tidak bisa membuatmu bahagia.

Hanya saja, nilai di sini gak selalu berarti berapa uang yang harus dikeluarkan untuk membelinya. Kalau tanpa keluar banyak uang saja masih bisa bahagia, kenapa harus berbahagia dengan cara-cara yang boros?

Baca Juga: Kamu Wajib Tahu! 5 Cara Hidup Bahagia Menurut Sains, Apa Saja?

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya