Comscore Tracker

5 Alasan Berani Mengakui Kekurangan Justru Bikin Kamu Lebih Menarik 

Jujur saja, tak usah menyangkal

Semua orang pasti punya kelebihan dan kekurangan. Tetapi tidak semua orang berani mengakui kekurangannya di depan orang lain. Apakah kekurangan diri memang perlu ditutupi?

Jika ditutupi dalam arti kamu berusaha lebih menonjolkan kelebihan-kelebihanmu tentu boleh saja. Sudah semestinya demikian agar orang lain tidak berfokus pada kekuranganmu. Namun jika ditutupi berarti penyangkalan, seakan-akan kamu memang tidak memiliki satu pun kekurangan, ini yang tidak boleh.

Meski mungkin di awal sulit bagimu, berani mengakui kekurangan diri di depan orang lain ternyata justru membuatmu tampak lebih menarik ketimbang hanya selalu mengatakan tentang kelebihan-kelebihanmu, lho. Ini alasannya!

1. Membuatmu dinilai sebagai orang yang apa adanya 

5 Alasan Berani Mengakui Kekurangan Justru Bikin Kamu Lebih Menarik Unsplash.com/relentlessjpg

Jika kamu berusaha menyangkal kekuranganmu, kamu pasti punya motif tertentu di baliknya. Itu akan mengesankan kamu orang yang penuh strategi dan itu tidak selalu baik. Terutama untuk rekan kerja dan calon pasanganmu. Kamu seolah-olah hendak menipu semua mata dengan tampil sesempurna mungkin demi mencapai keinginanmu.

Orang-orang khawatir kamu mengatakan bisa melakukan ini itu tetapi ternyata sama sekali tidak. Sebaliknya bila kamu mengakui kekuranganmu, mudah bagi mereka untuk memberikan kepercayaan yang sesuai dengan kelebihan dan kekuranganmu tanpa perlu waswas akan dikecewakan.

2. Kamu jadi terlihat lebih manusiawi 

5 Alasan Berani Mengakui Kekurangan Justru Bikin Kamu Lebih Menarik Unsplash.com/takafumi1986

Sudah seharusnya manusia memiliki sifat manusia. Namun dengan tidak pernah mau mengakui kekurangan diri di depan orang lain, kamu malah jadi seperti bukan manusia. Kamu terlalu sempurna untuk ukuran manusia dan ini justru membuat orang lain tidak nyaman di dekatmu.

Kamu terasa dingin dan berjarak. Kamu seperti selalu berdiri di balik sekat kaca. Orang lain masih bisa melihat dan mendengarmu tetapi tidak dapat mengenalmu lebih jauh karena tidak bisa menyentuh wujudmu yang sesungguhnya.

3. Orang yang berani mengakui kekurangannya lebih mampu menerima kekurangan orang lain 

5 Alasan Berani Mengakui Kekurangan Justru Bikin Kamu Lebih Menarik Unsplash.com/takafumi1986

Kalau kamu sepenuhnya sadar akan ketidaksempurnaanmu, otomatis kamu akan bisa bersikap toleran atas ketidaksempurnaan orang lain. Sebaliknya bila kamu selalu menampilkan dirimu sempurna, penuh talenta, kamu akan menuntut hal yang sama dari orang lain.

Celaka bagi mereka karena tentu saja mereka tidak bisa sesempurna itu bahkan sekalipun hanya berpura-pura. Tak jarang, ketidaksempurnaan orang lain justru mendorongmu untuk mencela mereka.

Baca Juga: Bikin Salut, 6 Zodiak Ini Punya Motivasi yang Kuat untuk Sukses 

4. Mengakui kekurangan diri berarti menyediakan tempat untuk orang lain mengisi ruang-ruang kosong dalam dirimu 

5 Alasan Berani Mengakui Kekurangan Justru Bikin Kamu Lebih Menarik Unsplash.com/ardalan_h

Hidup memang harus saling melengkapi. Dan hanya ketidaksempurnaan yang memberikan ruang untuk orang merasa saling membutuhkan. Dalam hal pekerjaan misalnya.

Kalau kamu mengakui kamu arogan dan sulit berkomunikasi dengan orang lain, kamu akan memberi tempat untuk orang lain yang lebih sabar dan demokratis untuk mengurusi berbagai negosiasi demi tercapainya kesepakatan kerja sama yang saling menguntungkan.

Jika kamu menolak mengakui kekuranganmu, kamu seperti tidak pernah menyediakan kursi untuk orang lain. Kamu duduk sendirian di sebuah ruangan. Kesepian dan sulit berkembang.

5. Mencerminkan kerendahan hati

5 Alasan Berani Mengakui Kekurangan Justru Bikin Kamu Lebih Menarik Unsplash.com/indepty

Rendah hati adalah sifat yang makin diaku dengan ucapan justru makin menandakan yang sebaliknya. Rendah hati akan tampak dengan sendirinya dari sikap-sikapmu termasuk keberanianmu mengakui kekurangan diri. Saat kamu sudah benar-benar mengakui kekuranganmu, kamu tak lagi punya alasan untuk menyombongkan diri.

Bahkan saat dengan kelebihanmu kamu bisa mencapai berbagai prestasi yang mengagumkan, itu tidak akan membuatmu lupa diri. Kamu dengan kelebihan dan prestasimu adalah satu hal. Tetapi kekuranganmu juga hal lain yang senantiasa ada dalam dirimu.

Jadi, mulai sekarang gak perlu malu lagi kan mengakui kekurangan dalam diri?

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Mengubah Cemburu Jadi Motivasi, Gak Bakal Panas Hati!

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya