Comscore Tracker

6 Alasan Gak Perlu Malu Menerapkan Hidup Hemat, Kamu Sudah Tepat! 

Tenangkan pikiran dimulai dari hidup sesuai isi kantong

Kalau uangnya ada, hidup sedikit lebih mewah tentu gak ada salahnya. Namun ingat, gak perlu berlebihan. Nah, kalau yang uangnya ada saja harus tetap mengendalikan diri, apalagi jika penghasilan memang masih pas-pasan?

Jangan sampai pengeluaran membengkak melebihi pemasukan. Di mana pun posisimu, penghasilan sudah tinggi atau masih biasa saja, hidup hemat memang punya banyak keuntungan. Simak enam alasannya di sini. Gak perlu malu!

1. Agar penghasilanmu tidak cuma menumpang lewat dan habis terus

6 Alasan Gak Perlu Malu Menerapkan Hidup Hemat, Kamu Sudah Tepat! Unsplash.com/ilienerwise

Penghasilan sebesar apa pun kalau gak diikuti pengendalian diri, bisa-bisa ludes terus. Gak ada bedanya antara saat kamu masih bergaji sekadar cukup buat hidup, dengan gajimu sekarang yang sudah berlipat-lipat. Apa gak sayang?

Padahal, untuk bisa mendapatkan penghasilan sebesar itu, perjuanganmu gak mudah dan makan waktu. Kamu memang gak boleh pelit sama diri sendiri. Sekadar menumpuk harta malah terdengar menyia-nyiakan nikmat.

Akan tetapi perlu diingat. Kalau kamu berharap hidupmu masih panjang, tentu kamu harus mengantisipasi segala ketidakpastian di masa depan. Terlebih, bila kamu sudah berkeluarga. Makin besar tabungan dan dana darurat yang dimiliki akan makin baik.

2. Tidak terjebak utang besar yang tak perlu

6 Alasan Gak Perlu Malu Menerapkan Hidup Hemat, Kamu Sudah Tepat! Unsplash.com/colnago

Penghasilan besar, tetapi utangmu kok juga banyak? Kalau begini apanya yang salah, ya? Jangan-jangan kalau seluruh kekayaanmu dikurangi jumlah utang, kamu malah ‘lebih miskin’ ketimbang orang yang penghasilannya lebih kecil tetapi gak punya utang.

Malu saja atau malu banget? Terlebih kalau kamu sering meremehkan mereka yang penghasilannya di bawahmu. Lagi-lagi, ini bukti besarnya penghasilan bukanlah segala-galanya. Pengelolaan yang baik adalah kuncinya.

Kalau bisa mengelolanya, hidup bebas utang bukanlah sesuatu yang mustahil. Jangan termakan omongan beberapa orang yang menganggap utang sebagai hal yang biasa dan malah aneh kalau hidup gak pernah berutang. Terserah jika mereka mau begitu, tetapi sebisa mungkin kamu jangan.

Baca Juga: Gak Sekadar Hemat, Ini 5 Cara Atur Keuanganmu

3. Tidak perlu berutang pada orang lain, apalagi yang penghasilannya lebih kecil

6 Alasan Gak Perlu Malu Menerapkan Hidup Hemat, Kamu Sudah Tepat! Unsplash.com/duncan_shaffer

Ini lebih gawat lagi. Ibaratnya, mau ditaruh mana mukamu? Masa berutang pada orang yang jelas-jelas penghasilannya lebih kecil daripada kamu? Orang itu pasti jadi gak habis pikir. Bagaimana mungkin penghasilanmu sampai tetap gak cukup?

Bisa-bisa kamu jadi bahan pergunjingan banyak orang. Kalau kira-kira kamu gak akan siap menanggung rasa malunya, lebih baik membiasakan diri hidup hemat sejak sekarang. Berapa pun penghasilanmu, jadikan berhemat sebagai gaya hidupmu.

4. Kamu memiliki simpanan uang jika mengalami situasi darurat

6 Alasan Gak Perlu Malu Menerapkan Hidup Hemat, Kamu Sudah Tepat! Unsplash.com/samantharam

Kondisi seperti ini paling mungkin mendorongmu untuk berutang yaitu saat darurat. Entah pada orang yang penghasilannya lebih besar daripada penghasilanmu. Entah pada orang yang penghasilannya lebih kecil daripada penghasilanmu seperti dalam poin tiga.

Pada siapa pun kamu berutang, konsekuensinya tetap sama. Selain malu, tentu kamu harus mengembalikan pinjaman. Dalam kondisi terdesak, kamu bahkan gak akan berdaya bila pemberi utang meminta bunga.

Jika bunganya begitu mencekik, bisa-bisa urusan dalam hidupmu selalu berkutat pada usaha untuk melunasinya. Bukan gak mungkin ini mengantarkanmu pada gaya hidup gali lubang tutup lubang, alias berutang untuk menutup utang yang lain.

5. Kamu kelak dapat meninggalkan warisan kepada anak cucu

6 Alasan Gak Perlu Malu Menerapkan Hidup Hemat, Kamu Sudah Tepat! Unsplash.com/hsiung

Sekalipun kamu gak hendak mendirikan kerajaan buat diwariskan ke anak cucu, tetap saja kamu pasti ingin punya jejak kejayaan yang bisa dilihat orang bukan? Dari dahulu belum punya apa-apa sampai akhirnya punya rumah, kendaraan, bahkan usaha di mana-mana.

Ini semua tentu butuh uang yang gak sedikit sebagai modalnya. Dari mana lagi kamu akan mendapatkannya kalau bukan dengan rutin menyisihkan penghasilan?

Berhemat adalah langkah paling dasar untukmu layak berharap suatu saat punya jejak kejayaan yang jelas di ingatan orang-orang.

6. Tidak perlu bergaya mewah dan berlebihan yang gak membuatmu nyaman

6 Alasan Gak Perlu Malu Menerapkan Hidup Hemat, Kamu Sudah Tepat! Unsplash.com/thetrentonsmith

Ini bisa terkait selera aslimu yang lebih suka segala hal yang sederhana, murah meriah, sekalipun penghasilanmu besar. Bisa juga karena bergaya hidup sultan benar-benar gak cocok untuk kantongmu dan cuma bikin kamu mengalami kesulitan keuangan.

Apa pun sebabnya, akibatnya jelas. Kamu gak bisa menikmatinya. Padahal, inilah yang paling penting dari segala jenis gaya hidup yang bisa dipilih. Kalau kamu bahkan gak bisa menikmatinya, buat apa?

Hidup satu kali, jadilah senyamanmu saja. Segala hal jika sudah menimbulkan ketidaknyamanan berarti ada yang salah. Maka berhentilah. Kenyamananmu yang utama, bisa sekalian berhemat itu bonus.

 

Jadi, jangan malu, ya! Kalau masih bisa berhemat, kenapa harus boros? Jangan malah berpikir sebaliknya.

Baca Juga: 5 Tips Agar Tetap Hemat Meski Kamu Sudah Bekerja dan Hidup Mapan

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya