Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Harus Serius Mempersiapkan Masa Depan 

#IDNTimesLife Mumpung masih muda!

Membicarakan masa depan rasanya memang masih jauh sekali ya? Terlebih saat kamu masih muda, misalnya baru usia awal dua puluh tahun. Biasanya, di usia ini kamu lagi senang-senangnya main sama teman atau aktif dalam berbagai kegiatan.

Gak ada yang salah dengan main sama teman. Demikian pula mengikuti berbagai kegiatan. Yang penting, kamu bisa memastikan kamu gak cuma membuang-buang waktu apalagi sampai membahayakan masa depanmu.

Bagaimanapun, kamu punya tugas besar mempersiapkan masa depan. Meski mungkin terdengar gak asyik banget, ini 5 alasan untukmu gak boleh main-main soal masa depan.

1. Siapa kamu di masa depan adalah apa saja yang kamu lakukan sekarang 

5 Alasan Kamu Harus Serius Mempersiapkan Masa Depan Unsplash.com/wildlittlethingsphoto

Jangan mengira apa-apa yang kamu lakukan hari ini gak akan memengaruhi masa depanmu. Percaya gak percaya, sekecil apa pun kebiasaan baikmu hari ini akan ikut menentukan masa depanmu. Demikian juga sebaliknya.

Maka makin banyak hal-hal positif yang kamu lakukan sekarang, kamu makin layak mengharapkan masa depan yang cerah. Hal-hal positif itu sama seperti investasi yang hasilnya kelak akan kamu nikmati.

Jadi, sekarang tinggal kamunya. Kamu akan menanam benih-benih unggulan agar kelak panennya bagus atau justru benih berkualitas rendah yang gak menjanjikan apa-apa.

2. Masa depan yang cemerlang memang gak bisa dibangun dengan singkat 

5 Alasan Kamu Harus Serius Mempersiapkan Masa Depan Unsplash.com/brunovdkraan

Makin cemerlang masa depan yang diharapkan, tentu harus makin besar pula tebusan yang diberikan. Apa saja yang menjadi tebusannya? Tentu saja kerja keras, kerja cerdas, doa, kesabaran yang panjang, dan keyakinan kuat suatu saat akan mencapainya.

Sama seperti bangunan megah. Selain dalam cerita; mana ada yang bisa dibangun dalam waktu sesingkat-singkatnya, dengan biaya semurah-murahnya, serta kerja seringan mungkin? Jika sedari muda kamu sudah bersungguh-sungguh dalam setiap usahamu, kemungkinan untukmu punya masa depan cerah jadi kian besar.

3. Kalau kelak kamu sukses, pasti banyak yang ikut merasakan manfaatnya 

5 Alasan Kamu Harus Serius Mempersiapkan Masa Depan Unsplash.com/toriannamarasco

Sedikit banyak, kesuksesanmu pasti bukan cuma buat kamu. Akan ada banyak orang yang ikut menikmati kesuksesanmu. Bayangkan wajah-wajah bangga keluarga besarmu dan teman-temanmu.

Bahkan bukan sekadar membuat mereka bangga, kamu juga jadi bisa membantu jika mereka membutuhkan sesuatu. Misalnya, dengan harta dan ilmu yang dimiliki, kamu jadi dapat membantu mengentaskan orang lain dari kemiskinan dan kebodohan.

Ingin bisa begini juga, kan? Sekecil apa pun peranmu, dijamin akan memberikan kepuasan lebih dalam hidupmu.

Baca Juga: 10 Meme Kata Motivasi Kocak, Hidup Tak Sebegitu Serius Juga Lho

4. Dengan tingkat pendidikan yang cukup dan pekerjaan bagus, calon pasanganmu akan terseleksi 

5 Alasan Kamu Harus Serius Mempersiapkan Masa Depan Unsplash.com/hiveboxx

Soal jodoh, maut, dan rezeki memang gak ada yang tahu. Namun bukan berarti kamu gak perlu berikhtiar untuk mendapatkan yang terbaik, kan? Nah, bila kamu ingin memiliki pasangan yang berkualitas, tentu kamu harus terlebih dahulu meningkatkan kualitas diri.

Salah satunya melalui pendidikan dan pekerjaan. Nantinya, calon-calon pasanganmu otomatis akan terseleksi. Kamu gak bisa didekati sembarang orang. Tanpa perlu kamu menolak atau bersikap angkuh, orang-orang yang merasa gak bisa mengimbangimu dengan sendirinya akan menyingkir.

Kamu jadi lebih mungkin menemukan orang yang tepat. Bukan cuma setara dalam pendidikan dan pekerjaan, tetapi lebih penting lagi adalah kesesuaian karakter dan minat. Biar kompak, bahagia, dan langgeng.

5. Jika sekarang terlalu santai, penyesalan sedalam apa pun di kemudian hari belum tentu bisa mengubah keadaan 

5 Alasan Kamu Harus Serius Mempersiapkan Masa Depan Unsplash.com/hossein_mousavi

Memang enak sih, sekarang bersantai-santai. Namun bayangkan konsekuensinya untuk masa depanmu. Kalau kesantaianmu berujung petaka, yaitu masa depan yang kelam, yakin masih mau bersantai-santai?

Dalam rangka membangun masa depan yang cerah, tentu gak berarti kamu sama sekali gak punya waktu untuk bersantai. Kamu bahkan bisa bersantai setiap hari, gak perlu menunggu akhir pekan.

Namun pastikan apa-apa yang penting untuk dikerjakan sudah kelar ya? Dengan begini, waktunya bersantai akan terasa sebagai hadiah manis yang menunggu di ujung hari.

Meski masa depan masih tampak jauh dan serba gak pasti, setiap usaha yang dilakukan gak akan sia-sia. Lebih baik mempersiapkannya sebaik mungkin sejak sekarang ketimbang kelak tenggelam dalam penyesalan, kan?

Baca Juga: 10 Ide Caption Instagram tentang Gunung, Bisa Jadi Motivasi Hidup!

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya