Comscore Tracker

Rileks Sejenak, 5 Alasan Kamu Perlu Mengisi Ulang Energi Setiap Hari 

#IDNTimesLife Jangan mengandalkan akhir pekan 

Terutama buat kamu yang sudah bekerja, Sabtu dan Minggu pasti selalu dinanti-nanti. Ya, akhir pekan biasa menjadi waktu untuk melepas penat setelah hari-hari penuh kesibukan. Kamu punya waktu untuk tidur sampai agak siang, bersantai seharian, atau melakukan hobimu.

Meski akhir pekan terasa paling pas untuk menghilangkan lelah, ada baiknya setiap hari pun kamu menyediakan waktu buat mengisi ulang energi. Tentu bukan cuma dengan tidur. Bisa membaca novel, perawatan tubuh, atau apa pun yang membuatmu merasa lebih rileks.

Ada sejumlah alasan kuat kenapa kamu perlu melakukannya. Simak uraian di bawah ini sampai kelar dan cocokkan dengan pengalamanmu, ya!

1. Biar rasa lelahmu gak bertumpuk, nanti di akhir pekan belum tentu cukup untuk memulihkan tenaga 

Rileks Sejenak, 5 Alasan Kamu Perlu Mengisi Ulang Energi Setiap Hari Unsplash.com/mkbpix

Pernah gak, kamu merasa capekmu belum hilang tetapi besok sudah hari Senin dan itu artinya kamu harus kembali ke rutinitas? Kalau ya, apalagi sering, besar kemungkinan disebabkan rasa lelahmu sudah menumpuk tinggi.

Sehingga satu atau dua hari libur di akhir pekan gak cukup untuk mengobatinya. Terlebih saat libur pun, kamu masih ada kegiatan ini itu. Sekalipun bukan terkait pekerjaan, mungkin energimu juga cukup terkuras. Jadi terasa kurang deh, liburnya.

2. Biar selalu semangat menjalani hari 

Rileks Sejenak, 5 Alasan Kamu Perlu Mengisi Ulang Energi Setiap Hari Unsplash.com/avasol

Melanjutkan poin pertama. Kalau masih berat bagimu beranjak dari akhir pekan, tentu kamu gak akan bersemangat menyambut hari Senin. Ini sebabnya kamu termasuk yang benci banget sama hari Senin. Akan lain kejadiannya kalau setiap hari kamu meluangkan waktu untuk bersantai sejenak.

Gak perlu lama yang penting kamu menikmatinya. Seperti mandi berendam, mengajak jalan-jalan hewan peliharaan, minum teh sambil mendengarkan lagu-lagu favoritmu, menonton serial kartun kesukaanmu, apa saja. Dijamin semangatmu menjalani hari-hari akan lebih terjaga.

3. Biar di akhir pekan gak kesal saat anak mengajak bermain 

Rileks Sejenak, 5 Alasan Kamu Perlu Mengisi Ulang Energi Setiap Hari Unsplash.com/leyameera

Buat kamu yang sudah berkeluarga, akhir pekan biasanya menjadi waktu andalan untuk bersama keluarga. Jelas, anak-anak merindukan kehadiranmu di tengah mereka. Namun masalahnya, kalau kamu sudah menumpuk rasa lelah, bisa-bisa kamu gak menikmati waktu bersama mereka.

Bukannya santai bersama anak-anak, suasana hatimu malah buruk. Kamu masih membutuhkan istirahat dan ajakan mereka untuk bermain membuatmu kesal. Jangan sampai kamu marah-marah gak jelas dan bikin mereka sedih sekaligus takut ya?

Kalau hal seperti itu terus terjadi, tentu lama-kelamaan kamu dan anak-anak akan berjarak. Nanti selamanya kalian susah dekat. Lebih baik mengatur ulang waktu dan kesibukanmu biar setiap hari masih ada jeda untuk memulihkan energi.

Baca Juga: 5 Hal Ini Mungkin Jadi Penyebab Kamu Kehilangan Mood & Semangat Kerja

4. Mengantisipasi kalau-kalau di akhir pekan malah ada tugas ekstra dari kantor 

Rileks Sejenak, 5 Alasan Kamu Perlu Mengisi Ulang Energi Setiap Hari Unsplash.com/haleyephelps

Yah, namanya juga pekerjaan. Sudah waktunya libur pun, kadang masih ada saja yang perlu dikerjakan. Bukannya santai di rumah, di akhir pekan kamu malah masih mendekam di kantor. Atau bahkan, ditugaskan ke luar kota.

Terbayang kan, betapa capeknya kamu jika hari-hari sebelumnya gak ada waktu untuk mengisi ulang energi? Sementara selalu menolak tugas ekstra dari kantor jelas gak mungkin. Bisa-bisa kariermu terancam.

Dengan setiap hari punya waktu untuk santai sejenak, kamu akan masih memiliki energi yang cukup seandainya gak bisa libur di akhir pekan. Urusan pekerjaan tetap terlaksana, kamu pun gak kelelahan secara fisik maupun psikis.

5. Biar emosimu lebih stabil dan konsentrasi terjaga sepanjang minggu 

Rileks Sejenak, 5 Alasan Kamu Perlu Mengisi Ulang Energi Setiap Hari Unsplash.com/brookecagle

Siapa nih, yang Senin masih semangat tetapi Rabu sudah gak tahan ingin segera tiba di akhir pekan? Mengerjakan apa pun rasanya sudah gak bisa berkonsentrasi. Muncul sedikit masalah, langsung emosi.

Kalau kamu mengalaminya, artinya kamu sebenarnya sudah dalam kondisi lelah. Bukan cuma lelah akibat kegiatan di hari itu melainkan akumulasi kelelahan hari-hari sebelumnya. Bila dipaksakan, hasil kerjamu bisa menurun.

Hubunganmu dengan orang-orang di sekitarmu pun mungkin memburuk. Tentu saja, kebahagiaanmu menurun karena tingkat stresmu naik. Memang gak mudah sih, meluangkan waktu di hari-hari kerja.

Akan tetapi ingat lagi prinsipnya. Gak perlu lama. Cukup 15 sampai 30 menit setiap hari atau dikalikan dua untuk awal dan akhir hari jika memungkinkan. Yang penting kamu benar-benar menikmati apa pun yang dilakukan dalam rentang waktu tersebut sehingga ketegangan-ketegangan akibat rutinitas bisa terlepas.

Baca Juga: 6 Tips Biar Tetap Semangat Kerja Meski di Rumah Aja, Semangat Ya!

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya