Comscore Tracker

5 Alasan Tak Perlu Berlebihan saat Memberi Kejutan Ulang Tahun

Jangan sampai membuang-buang makanan, ya!

Siapa yang sering menjadi pencetus sekaligus perencana terbaik untuk memberi kejutan ulang tahun pada teman? Kamu pasti punya banyak ide kreatif serta niat baik guna membuat temanmu bahagia di hari istimewanya.

Hanya saja, apakah kamu memikirkan sisi positif maupun negatif dari kejutan ulang tahun tersebut? Selagi kejutan darimu gak berlebihan, ini tidak masalah. Akan tetapi begitu kamu kurang bijaksana, banyak hal buruk yang terjadi.

Perlu lebih bijaksana lagi, berikut beberapa alasan kamu tak perlu berlebihan saat memberi kejutan ulang tahun pada teman. Bisa timbulkan masalah, lho!

1. Kejutan yang berlebihan bisa menimbulkan kerusakan

5 Alasan Tak Perlu Berlebihan saat Memberi Kejutan Ulang Tahunilustrasi kejutan (pexels.com/Isaac Taylor)

Niatmu memberikan kebahagiaan jangan sampai berakhir kekacauan. Kejutanmu yang melewati batas malah bisa menimbulkan kerusakan. Misalnya, menyiram mobil teman yang berulang tahun dengan air kotor. Kamu tidak tahu apa dampak dari air kotor pada cat mobilnya.

Pemiliknya jelas harus membersihkannya secara khusus. Ini sangat merepotkan dan mungkin memerlukan biaya ekstra di luar dugaanmu.

Selain itu, menyiram orang yang berulang tahun padahal dia sedang membawa dokumen penting dan gawai yang tidak boleh terkena air. Semuanya jadi rusak, kan?

2. Banyak uang dan bahan makanan terbuang

5 Alasan Tak Perlu Berlebihan saat Memberi Kejutan Ulang Tahunilustrasi ulang tahun (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Kejutan ulang tahun yang kerap dijumpai adalah memecahkan telur ke kepala teman. Kemudian, masih ditambah dengan berkantong-kantong tepung.

Walaupun kamu merasa harga keduanya tidak mahal, itu bahan makanan, lho. Bahan makanan merupakan rezeki yang sebaiknya gak dibuang-buang begitu saja.

Tidak semua orang mampu membeli cukup bahan makanan. Maka dari itu, kamu tidak boleh menyia-nyiakan bahan makanan cuma buat kejutan ulang tahun, termasuk kue ulang tahun yang mahal, lezat, dibuat oleh koki dengan susah payah, tapi berakhir dilemparkan ke wajah teman.

3. Anak kerap rewel setelah rasa senang yang terlalu kuat

5 Alasan Tak Perlu Berlebihan saat Memberi Kejutan Ulang Tahunilustrasi ulang tahun (pexels.com/Ivan Samkov)

Kejutan ulang tahun tidak hanya bisa diberikan pada teman berusia remaja atau dewasa. Sebagai orangtua, tante, om, atau kakak, kamu pun barangkali ingin memberikan kejutan ulang tahun untuk anak kecil.

Ada baiknya kejutannya tidak menimbulkan kesenangan berlebihan. Memberikan kejutan yang lebih sederhana buat anak bukan berarti gak sayang, kok. Pasalnya, bila rasa senang anak pada kejutan ulang tahunnya terlalu kuat, biasanya tidak berakhir dengan baik.

Anak bakal melompat-lompat, berlarian ke sana ke mari, atau berlebihan dalam bercanda dengan teman dan saudara sebaya. Ending-nya dapat ditebak. Sering kali anak jatuh, terbentur, atau bertengkar dengan temannya. Anak juga bisa tiba-tiba rewel karena rasa senang yang terlampau kuat sebenarnya bikin dia lelah.

Baca Juga: 5 Keistimewaan Cowok Extrovert Ketika Jadi Teman, Pantas Banyak Teman

4. Mengaburkan arti ulang tahun yang sesungguhnya

5 Alasan Tak Perlu Berlebihan saat Memberi Kejutan Ulang Tahunilustrasi kumpul teman (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Gak pas juga apabila hari ulang tahun diperingati dengan banjir air mata lantaran teringat akan kematian yang kian mendekat. Berapa pun usia yang tersisa perlu disambut dengan semangat menjalani hidup bahkan menggunakannya dengan semaksimal mungkin untuk kebaikan.

Namun, lebih bijaksanalah dalam memberikan kejutan ulang tahun pada seseorang supaya kesadaran tentang sisa usia ini tetap ada. Dengan demikian, orang yang berulang tahun terdorong untuk bersikap lebih dewasa dan bijaksana. Sebagai teman, kamu bisa memberinya dukungan untuk menjalani hidup lebih baik lagi.

5. Bisa mengganggu orang-orang di sekitar

5 Alasan Tak Perlu Berlebihan saat Memberi Kejutan Ulang Tahunilustrasi ulang tahun (pexels.com/Ami Suhzu)

Kejutan ulang tahun kerap kali dilakukan di tengah malam, tepat saat pergantian hari. Kamu mungkin mendatangi kos-kosan teman demi misi ini. Meski di tempat kosnya gak ada aturan jam malam, hargai para penghuni yang lain, ya.

Acara kejutan ulang tahun yang kamu gagas boleh jadi menimbulkan keributan. Minimal akan terdengar oleh penghuni kamar-kamar terdekat. Bagi mereka, ulang tahun temanmu tidak sepenting kebutuhan mereka untuk beristirahat dengan tenang.

Memberikan kejutan ulang tahun sejatinya bentuk perhatianmu pada seseorang. Namun, tak perlu berlebihan dalam melakukannya. Kamu mengucapkan selamat serta mendoakan segala yang terbaik buatnya pun sudah bikin dia senang dan merasa diperhatikan. 

Baca Juga: 5 Cara Merayakan Valentine bagi Suami-Istri Tanpa Meninggalkan Anak

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya