Comscore Tracker

6 Alasan Tinggal di Lingkungan yang Tenang Memang Idaman Banget!

Kamu juga menginginkannya? 

Walaupun kita punya kemampuan menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan di mana kita berada, tetap saja kita punya kriteria lingkungan idaman, kan? Terlebih untuk lingkungan tempat tinggal. Kita akan setiap hari di sana sehingga suasana yang tenang bakal membuat kita merasa lebih nyaman.

Tenang di sini tentu bukan berarti sepi sekali seperti kuburan. Namun paling tidak gak terus-menerus berisik. Baik karena suara kendaraan, lagu yang disetel keras-keras, maupun percakapan apalagi pertengkaran orang-orang.

Sekalipun sekarang masih terasa jauh dan kamu masih harus tinggal di lingkungan padat penduduk atau kos-kosan yang selalu ramai, wajar bila kamu berharap suatu saat nanti bisa tinggal di lingkungan yang lebih tenang. Berikut 6 alasannya:

1. Terutama buat kamu yang introver, segala bentuk keramaian menguras energimu 

6 Alasan Tinggal di Lingkungan yang Tenang Memang Idaman Banget!Unsplash.com/blueniloufar

Jangankan seorang introver, mereka yang ekstrover pun tetap gak akan tahan bila selalu berada di tengah keramaian. Setelah lelah beraktivitas, mereka butuh ketenangan agar rasa lelah terobati. Apalagi jika kamu introver. Belum memulai kegiatan apa-apa, kamu bisa merasa kelelahan hanya karena pergerakan orang-orang di sekitarmu dan suara mereka.

2. Bikin kualitas istirahatmu maksimal 

6 Alasan Tinggal di Lingkungan yang Tenang Memang Idaman Banget!Unsplash.com/@maeghansmulders

Mau introver atau ekstrover, gak enak banget kan, jika ada gangguan-gangguan selama kamu tidur? Kamu jadi berkali-kali terbangun karena kaget. Jangankan saat tidur, menonton televisi pun kamu jadi gak bisa menikmatinya karena lingkunganmu terlalu berisik.

Ini akan membuatmu merasa tegang terus, gak bisa rileks. Padahal keesokannya kamu harus kembali beraktivitas. Bayangkan bila ini terjadi setiap hari. Rasa lelahmu akan makin bertumpuk.

3. Jadi lebih bersemangat memulai hari 

6 Alasan Tinggal di Lingkungan yang Tenang Memang Idaman Banget!Pexels.com/cottonbro

Suasana hatimu bisa memburuk hanya lantaran pagimu gak kondusif lho. Tetanggamu mungkin membuat keributan yang bikin kamu bangun sebelum waktunya. Terus seperti itu sampai berjam-jam kemudian saat tiba waktunya kamu berangkat kerja.

Gak jarang, kamu memilih meninggalkan rumah lebih pagi daripada harus terus mendengarkan kekisruhan itu. Sementara bila lingkungan tempat tinggalmu tenang, kamu bisa memulai hari dengan berbagai rutinitas pagi seperti berolahraga di dalam rumah serta sarapan dan menikmati secangkir teh. Damai sekali, kan?

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Perlu Bahagia sebelum Mendapatkan Keinginanmu

4. Mau belajar atau bekerja dari rumah pun, suasananya mendukung buat selalu fokus 

6 Alasan Tinggal di Lingkungan yang Tenang Memang Idaman Banget!Unsplash.com/saadmahmud

Salah satu hambatan terbesar saat kamu harus belajar atau bekerja dari rumah memang lingkungan yang gak mendukung. Keramaian tiada henti membuatmu sukar berkonsentrasi pada tugas yang harus segera diselesaikan.

Ketika mengikuti kelas atau rapat virtual dan kamu harus berbicara, semua suara di sekitarmu juga ikut masuk. Malu banget dan pastinya mengganggu, kan?

5. Ide-ide mengalir lebih lancar 

6 Alasan Tinggal di Lingkungan yang Tenang Memang Idaman Banget!Unsplash.com/stephaniercluff

Memang sih, kita butuh stimulus dari lingkungan untuk bisa menumbuhkan ide-ide. Seperti suara pertengkaran tetangga yang bisa menginspirasimu untuk menulis cerita. Namun terlalu banyak stimulus yang gak perlu hanya akan membuat kepalamu pusing.

Maka lingkungan yang tenang lebih mungkin memberimu stimulus yang cukup. Kamu juga sangat membutuhkan ketenangan untuk bisa memproses ide itu sampai menjadi karya nyata.

6. Emosimu bakal lebih stabil 

6 Alasan Tinggal di Lingkungan yang Tenang Memang Idaman Banget!Pexels.com/anastasia-shuraeva

Suasana yang berisik akan menaikkan tingkat stresmu. Apalagi jika memang kamu sedang ada masalah. Kamu akan makin merasa sumpek. Mendengar suara orang di sekitarmu marah-marah, kamu terpancing ikut marah. Ada pasutri yang bertengkar sampai salah satu menangis, perasaanmu jadi gak keruan dan gak bisa tidur.

Bahkan meski kamu menyukai anak-anak, suara mereka bermain di sepanjang gang sehari penuh bisa membuatmu mengelus dada. Ini gak akan terjadi bila lingkungan tempat tinggalmu lebih tenang dan berjarak cukup dengan tetangga sekitar.

Bersyukur banget bila saat ini kamu sudah tinggal di lingkungan yang seperti itu. Kalau belum, dengan kerja keras dan doa, semoga suatu saat kamu bisa mencapainya ya? Tetap semangat!

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Orang yang Terlihat Bahagia Belum Tentu Bahagia

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya