Comscore Tracker

Apa pun Bidang yang Digeluti, Ini 5 Kunci Sukses untukmu

#IDNTimesLife Yakin gak mau tahu?

Siapa yang satu sisi ingin sukses, tetapi malah kesal kalau diajak membicarakan kesuksesan? Memang sih, kesuksesan itu gak cukup cuma buat dibicarakan. Harus ditempuh perjalanannya biar kesuksesan gak terus berada di alam mimpi.

Namun membicarakan kesuksesan adalah awal yang bagus. Ini akan menjadi bekal untukmu menjalani prosesnya. Kesuksesan menjadi lebih mungkin untuk diraih jika kamu bisa mempraktikkan lima kunci sukses berikut ini.

1. Ubah hambatan menjadi tantangan

Apa pun Bidang yang Digeluti, Ini 5 Kunci Sukses untukmuUnsplash.com/thisisengineering

Saat kamu memandang sesuatu hanya sebagai hambatan, ini tak ubahnya batu besar yang menghalangi perjalananmu. Kamu akan memilih berhenti saja dan putar balik. Orang jalannya jelas-jelas gak bisa dilalui, mau bagaimana lagi?

Namun jika kamu melihat batu itu sebagai tantangan, kamu akan merasa malu jika menyerah terlalu cepat. Kamu akan terdorong untuk menaklukkannya. Entah dengan berusaha menggesernya, memecahnya, atau memanjatnya. Tekadmu melanjutkan perjalanan menjadi jauh lebih kuat.

2. Ubah hinaan menjadi dorongan

Apa pun Bidang yang Digeluti, Ini 5 Kunci Sukses untukmuUnsplash.com/judmackrill

Jangankan yang belum menjadi apa-apa, yang sudah meraih kesuksesan besar saja gak lepas dari cibiran kok. Jadi, untuk apa terlalu memikirkannya? Apalagi kalau sampai kamu menjadi gampang minder. 

Itu hanya akan merugikan dirimu. Kamu bakal tambah susah sukses. Mulai sekarang, makin dihina, semangatmu harus makin berkobar. Ingat, kalau kamu loyo, hinaan gak akan surut dan malah makin menjadi-jadi.

3. Ubah keterbatasan menjadi gerakan memajukan hidupmu

Apa pun Bidang yang Digeluti, Ini 5 Kunci Sukses untukmuUnsplash.com/jonasleupe

Gak apa-apa sekarang kamu gak punya ini itu dan harus memulai segalanya dari nol. Berhentilah membandingkan kondisimu dengan orang lain. Asal kamu punya tekad yang kuat, itu sudah cukup untukmu bisa mengubah nasib.

Sebaliknya tanpa tekad yang kuat untuk memiliki kehidupan yang lebih baik, sebagus apa pun hidup seseorang saat ini hanya akan terus mengalami kemunduran dari waktu ke waktu. Ingat, gak penting dari mana kamu memulai. Yang terpenting adalah di mana kelak kamu sampai.

Baca Juga: 5 Cara agar Kita Termotivasi dan Gak Iri Lihat Kesuksesan Orang Lain

4. Ubah keterpaksaan menjadi rasa cinta

Apa pun Bidang yang Digeluti, Ini 5 Kunci Sukses untukmuUnsplash.com/7shifts

Jangan lagi bekerja dan belajar hanya karena diharuskan. Milikilah rasa cinta untuk kedua hal ini. Bukankah manfaat dari keduanya juga untuk dirimu sendiri? Passion atau bukan passion, lakukan apa pun dengan cinta.

Cinta membuatmu bekerja dan belajar dengan sepenuh hati. Gak ada lagi yang setengah-setengah. Kamu menunjukkan totalitas dalam setiap usahamu. Gak heran kalau hasilnya juga menjadi maksimal.

5. Ubah ketergesa-gesaan menjadi ketekunan

Apa pun Bidang yang Digeluti, Ini 5 Kunci Sukses untukmuUnsplash.com/heftiba

Manusiawi kalau kamu ingin hasil yang cepat. Lebih tepatnya, hasil besar dalam waktu singkat. Namanya juga manusia. Namun sadarlah, yang seperti ini gak ada. Kalau kamu memaksakan diri, biasanya malah berujung petaka.

Entah kamu tergoda melakukan kecurangan-kecurangan atau malah jadi korban kecurangan orang. Mana pun yang terjadi padamu, pasti akhirnya menjauhkanmu dari kesuksesan. Sabarlah dalam berproses. Pohon besar dan berakar kuat gak tumbuh dalam semalam.

Apa pun definisi kesuksesan dalam hidupmu, kelima kunci di atas sangatlah relevan. Sukses itu bukan cuma hasil dari kepintaran melainkan yang terutama adalah pembentukan mental. Milikilah mental orang sukses, bukan sebaliknya.

Baca Juga: Gak Mau Nempel Kesuksesan Orangtua, 7 Bisnis Anak Miliarder Mulai dari Nol

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya