Comscore Tracker

5 Hal yang Layak Diapresiasi dari Keputusanmu Hidup Mandiri

#IDNTimesLife Wajib buat yang ingin segera berkeluarga

Keputusan untuk hidup mandiri seharusnya memang gak hanya diambil oleh mereka yang hampir berumah tangga. Yang masih betah melajang juga perlu mandiri.

Namun, bayangkan alangkah kacaunya kehidupan berumah tangga bila kamu atau pasanganmu belum bisa mandiri. Oleh karena itu, kamu perlu belajar mandiri sedini mungkin.

Memang gak mudah dan gak bisa dalam waktu cepat. Akan tetapi saat kamu memutuskan untuk hidup mandiri, orang-orang akan lebih menghargaimu karena hal-hal berikut ini.

1. Jelas, kamu gak jadi beban lagi dalam keluarga

5 Hal yang Layak Diapresiasi dari Keputusanmu Hidup MandiriIlustrasi bekerja (unsplash.com/peemag_lama)

Berbeda urusannya bila kamu masih di bawah umur. Segala kebutuhanmu memang masih menjadi tanggung jawab penuh orangtua. Tugasmu hanyalah belajar dengan baik.

Maka orangtua gak akan merasa terbebani untuk menghidupimu. Namun, jika kamu sudah dewasa dan gak kunjung mandiri, kamu benar-benar merepotkan masa tua mereka.

Apalagi kalau kamu punya banyak keinginan. Termasuk ingin cepat menikah. Wah, jangan sampai kamu yang punya keinginan macam-macam, orangtuamu yang harus menanggung seluruh biayanya.

2. Kamu jadi tertantang untuk menunjukkan kemampuan terbaikmu

5 Hal yang Layak Diapresiasi dari Keputusanmu Hidup MandiriIlustrasi seorang koki (unsplash.com/thomas)

Butuh keberanian besar untukmu bisa belajar hidup mandiri. Tantangannya macam-macam, termasuk dalam urusan pekerjaan.

Kamu gak boleh menunjukkan kinerja yang setengah-setengah. Nanti kamu gampang tergeser oleh pekerja lain yang lebih baik kinerjanya.

Oleh karena itu, terhitung sejak kamu memutuskan hidup mandiri, kamu pasti juga akan lebih bertanggung jawab pada pekerjaanmu. Kamu akan terus belajar meningkatkan kemampuan diri.

Baca Juga: 5 Cara Atur Harimu Biar Gak Berantakan dan Bikin Bad Mood

3. Harimu kadang gak berjalan dengan baik, tetapi kamu gak mengeluhkannya

5 Hal yang Layak Diapresiasi dari Keputusanmu Hidup MandiriIlustrasi bekerja di stasiun (unsplash.com/jasebloor)

Mandiri memang bukan cuma soal mencari uang dan mengurus kehidupan sehari-harimu seorang diri. Jika kamu mandiri, kamu juga akan belajar mengatasi persoalanmu sendiri.

Kamu yang dahulu suka mengeluhkan ini itu, sekarang menjadi jauh lebih tenang. Kamu gak berusaha menyembunyikan seluruh masalahmu, tetapi juga gak ingin merepotkan semua orang sekalipun hanya untuk mendengarkan keluhanmu.

4. Kamu benar-benar sedang membangun masa depanmu

5 Hal yang Layak Diapresiasi dari Keputusanmu Hidup MandiriIlustrasi pergi bekerja (unsplash.com/ryoji__iwata)

Rasanya mustahil membangun masa depan tanpa kamu sendiri terlebih dahulu memutuskan buat hidup mandiri. Kamu hanya akan seperti orang yang berjalan di tempat.

Sebesar apa pun dukungan dan fasilitas yang diberikan orangtua, hasilnya gak akan maksimal. Sebaliknya sekalipun kamu kurang dukungan dan fasilitas dari orangtua, kamu pasti bisa membangun masa depan yang lebih baik jika sudah bertekad untuk mandiri.

5. Kamu juga bersiap untuk menjadi tonggak bagi orang lain

5 Hal yang Layak Diapresiasi dari Keputusanmu Hidup MandiriIlustrasi seorang pria (unsplash.com/gillenha)

Singkatnya, kalau membiayai dan mengurus diri sendiri saja gak bisa, bagaimana kamu akan bisa melakukannya untuk orang lain? Gak usah jauh-jauh pada tetangga atau orang yang membutuhkan.

Pada keluarga sendiri termasuk orangtua pun, kamu gak bisa gantian menjaga mereka saat mereka mulai sakit-sakitan. Makanya, gak kunjung memutuskan untuk hidup mandiri juga akan menghambatmu dalam membangun keluarga.

Kamu gak siap bertanggung jawab akan kesejahteraan pasangan dan anak-anak. Kepedulianmu pada orang lain menjadi rendah sebab kamu sendiri masih punya kebutuhan yang tinggi untuk diperhatikan.

Memutuskan untuk hidup mandiri memang terasa menyeramkan di awal. Apalagi kalau kamu sudah kadung nyaman hidup dalam perlindungan penuh orangtua lengkap dengan segala fasilitasnya.

Akan tetapi, jauh di hati kecilmu pasti juga sangat menginginkan menjadi pribadi yang mandiri, kan? Biar kamu dikenal orang-orang berkat kemampuanmu sendiri, bukan selalu di bawah bayang-bayang orangtua. 

Baca Juga: 6 Tanda Kamu Dikelilingi Orang-Orang Baik, Wajib Disyukuri!

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya