Comscore Tracker

Biar Gak Gampang Sombong, Ingat Selalu 6 Hal Ini 

Bangga dan percaya diri secukupnya saja, oke? 

Ada yang bilang kamu boleh sombong asal ada yang bisa disombongkan. Namun, jangan dianggap serius apalagi mengikutinya begitu saja, ya. Kalau kamu cuma berbual, jelas gak baik. Tetapi kalaupun kamu punya prestasi, menyombongkan diri juga gak lantas bagus buatmu.

Dengan atau tanpa pencapaian tertentu, rendah hati tetaplah yang utama. Memang kadang gak mudah. Terutama jika kamu pernah begitu diremehkan. Pencapaianmu saat ini jadi terasa seperti kesempatan emas untuk membalas dendam pada orang-orang yang pernah meremehkanmu. Tetapi dorongan ini jangan diikuti ya? Ingat baik-baik 6 hal ini:

1. Buka wawasan, masih banyak banget yang lebih hebat daripada kamu 

Biar Gak Gampang Sombong, Ingat Selalu 6 Hal Ini Pexels.com/lucxama-sylvain-1361467

Dengan pencapaianmu, tentu saja kamu hebat. Namun jangan menutup mata dan telinga, ya. Ingat, di atas langit masih ada langit. Di dunia ini masih ada begitu banyak orang yang lebih hebat darimu.

Kalau mereka bisa tampil biasa-biasa saja, kenapa kamu mesti menyombongkan diri? Gak malu? Jelas kamu harus bangga dan percaya diri dengan pencapaianmu. Tetapi gak usah berlebihan juga.

2. Kalau kamu ingin pencapaianmu terus naik, harus bisa rendah hati 

Biar Gak Gampang Sombong, Ingat Selalu 6 Hal Ini Pexels.com/jose-luis-photographer-1254244

Rendah hati adalah kunci jika kamu gak ingin prestasimu terhenti atau lekas terus terjun bebas. Ini akan membuatmu fokus buat terus belajar dan bekerja atau berkarya dengan lebih baik lagi.

Sementara kesombongan membuatmu lebih banyak memikirkan cara agar orang-orang mengagumimu. Sesuatu yang sebenarnya gak bisa didapatkan hanya dari pencitraan melainkan bukti yang kuat dan konsisten.

3. Tanpa menyombong pun, orang bisa melihat sepak terjangmu kok 

Biar Gak Gampang Sombong, Ingat Selalu 6 Hal Ini Pexels.com/zun1412

Ya, inilah alasan paling simpel kamu gak perlu sombong karena pencapaianmu. Kalau memang prestasimu mengagumkan, kamu sudah gak perlu menguatkannya dengan apa pun. Prestasi itulah yang dengan sendiri akan menunjukkan siapa kamu.

Jika kamu masih merasa perlu berkoar-koar, kemungkinannya hanya dua. Prestasimu masih terbilang remeh atau sebenarnya gak remeh tetapi kamu punya sifat kurang percaya diri dan haus akan perhatian orang.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Boleh Sombong Sama Apa yang Kamu Miliki Sekarang

4. Jika kamu senang menyombongkan diri, orang-orang malah menunggu masa kejatuhanmu 

Biar Gak Gampang Sombong, Ingat Selalu 6 Hal Ini Pexels.com/olly

Bukannya mereka dengki, tetapi kesombonganmu memang bikin gemas. Mereka jadi penasaran seberapa lama kamu akan bisa mempertahankan pencapaianmu. Padahal seperti disebutkan dalam poin 2, kesombongan membuatmu mudah lengah sehingga prestasimu terancam stagnan atau malah anjlok. Duh, memangnya kamu sudah siap malu?

5. Kesombongan memudarkan pesonamu 

Biar Gak Gampang Sombong, Ingat Selalu 6 Hal Ini Pexels.com/olly

Bila kamu berpikir menyombongkan diri membuat level kerenmu melonjak, kamu keliru banget. Kesombongan justru bikin orang-orang ilfeel sama kamu. Mereka gak lagi memperhatikan pencapaianmu, sudah keburu muak oleh tingkahmu.

Sebaliknya jika kamu tampak tenang-tenang saja meski prestasi selangit, orang-orang akan tertarik padamu. Secara mental, kamu terlihat betul-betul siap menyandang kesuksesan.

6. Sifat sombong hanya akan mempertemukanmu dengan teman yang suka menjilat 

Biar Gak Gampang Sombong, Ingat Selalu 6 Hal Ini Pexels.com/fotios-photos

Kok bisa? Ya, ini karena seorang penjilat tahu betul caranya menyenangkan hatimu. Cukup dengan memujimu sedikit saja, kamu akan menganggapnya teman dekat. Dari situ, dia bisa memanfaatkanmu tanpa kamu menyadarinya.

Sedang bila kamu tetap rendah hati, penjilat sulit untuk mendekatimu. Kamu biasa-biasa saat menerima pujian. Bahkan pujian akan meningkatkan kewaspadaanmu. Jadi bagaimana, masih mau jadi orang sombong? Gak usah deh ya. Kalau keren sih, keren saja.

Baca Juga: Kerap Dicap Sombong, Ini 5 Alasan Orang Jarang Ngomong 

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya