Comscore Tracker

Tak Terbantahkan Lagi, 6 Bukti Kemalasanmu Sudah Akut!

#IDNTimesLife Tag aja teman atau saudaramu yang begini

Manusiawi sih, kalau orang yang paling rajin pun sesekali bisa merasa malas. Entah karena lagi gak mood saja, kurang sehat, atau kecapekan setelah lembur terus. Bawaannya jadi ingin rebahan seharian.

Namun ini beda banget dengan bila kemalasanmu sudah mendarah daging. Kamu malasnya gak cuma sehari atau dua hari melainkan tiada hari tanpa kemalasan. Siap-siap tertohok, ya!

1. Entah kapan kamu terakhir kali bersih-bersih rumah atau kamar kos

Tak Terbantahkan Lagi, 6 Bukti Kemalasanmu Sudah Akut!Ilustrasi pria di rumah (unsplash.com/rhett_noonan)

Kalau bersih-bersihnya baru beberapa hari lalu, pasti masih ingat. Kalau sampai lupa, berarti sudah lama banget. Lebih dari seminggu atau malah sudah berbulan-bulan yang lalu. Ih, jorok amat sih!

Padahal idealnya tempat tinggalmu dibersihkan setiap hari. Atau bahkan kamu sampai menolak dikunjungi siapa pun saking kotornya rumah atau kamar kosmu? Wah, seharusnya kamu rajin membersihkannya, bukan malah menolak setiap tamu.

2. Rebahanmu gak bermanfaat

Tak Terbantahkan Lagi, 6 Bukti Kemalasanmu Sudah Akut!Ilustrasi wanita rebahan (unsplash.com/lenin33)

Memangnya ada rebahan yang bermanfaat? Ada dong. Misalnya, rebahan setelah kamu capek bekerja seharian. Dengan rebahan, staminamu akan kembali. Bisa juga rebahan sambil bikin artikel menggunakan ponsel atau baca buku digital.

Namun kalau rebahanmu gak sambil ngapa-ngapain atau malah cuma buang-buang kuota internet, kamu harus segera menghentikannya. Apalagi sebenarnya kamu masih punya banyak tugas, termasuk membantu orangtua atau bersih-bersih seperti poin pertama.

3. Mengambil makanan buat diri sendiri pun rasanya berat banget

Tak Terbantahkan Lagi, 6 Bukti Kemalasanmu Sudah Akut!Ilustrasi santai rebahan (unsplash.com/jeshoots)

Kalau belum dibawakan makanan oleh orangtua, kamu gak kunjung keluar dari kamar. Boro-boro keluar kamar, turun dari tempat tidur pun gak. Kalau kamu ngekos, kamu rela menahan lapar sampai siang bahkan menjelang sore cuma karena malas membeli makan.

Bahkan meski kamu bisa membelinya secara online dan tinggal mengambilnya di pagar. Ini namanya gak sayang sama diri sendiri. Kesehatanmu bisa menjadi taruhannya jika kebiasaan ini gak lekas dihentikan.

Baca Juga: 5 Hal yang Bikin Sahabat Malas untuk Percaya Padamu

4. Disuruh mandi saja susahnya minta ampun

Tak Terbantahkan Lagi, 6 Bukti Kemalasanmu Sudah Akut!Ilustrasi wanita tidur (unsplash.com/kalegin)

Bisa dimaklumi kalau kamu gak mandi tepat waktu lantaran masih ada yang harus dikerjakan saat itu. Lagi kurang enak badan atau udaranya terlalu dingin sehingga kamu mandi agak siang.

Namun jika kamu gak sibuk ngapa-ngapain dan sehat, itu namanya jorok. Misalnya, mandi pagimu bergeser menjadi mandi pada jam satu siang. Atau, sepulang kerja gak mau mandi dengan alasan sudah malam. Padahal, kamu sudah seharian di luar rumah.

5. Gak mau kerja, serasa hidupmu gak butuh duit

Tak Terbantahkan Lagi, 6 Bukti Kemalasanmu Sudah Akut!Ilustrasi pria bersantai (unsplash.com/coena)

Kalau kamu masih di bawah umur, wajar bila orangtua menanggung seluruh kebutuhanmu. Akan tetapi jika kamu sudah dewasa bahkan sudah lulus kuliah masih gak mau kerja juga, bagaimana masa depanmu?

Ini berbeda dengan bila kamu memang belum mendapatkan panggilan kerja, ya! Kali ini kamu memang gak ada usaha buat mencari pekerjaan. Jangankan mencari, ditawari pekerjaan pun gak pernah mau! Sampai kapan akan begini?

6. Kalau ditegur atau dinasihati langsung marah

Tak Terbantahkan Lagi, 6 Bukti Kemalasanmu Sudah Akut!Ilustrasi pria duduk-duduk saja (unsplash.com/khiettam)

Kalau rasa malasmu belum jadi kebiasaan, ditegur sekali saja rasanya sudah malu. Namun bila kemalasanmu sudah mendarah daging, ditegur dan dinasihati berkali-kali pun gak akan mempan. Bukannya terpikir untuk berubah, kamu malah marah.

Macam-macam saja alasanmu marah. Misalnya, kamu merasa orang lain terlalu mengatur hidupmu. Padahal, kemalasanmu yang sudah akut jelas buruk banget buat dirimu. Baik kesehatan maupun produktivitasmu jelas terganggu.

Jangan sampai kamu bangga dengan cara hidupmu yang kental dengan kemalasan. Bukan begini cara untuk menghabiskan masa mudamu. Bila saat muda malasnya minta ampun, di masa tua kamu akan menderita sekali.

Lagi pula, apa gak malu sama pacar atau gebetan? Janji segera berubah, ya!

Baca Juga: 5 Tips untuk Memudarkan Rasa Malas Belajar yang Semakin Menjadi-jadi

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya