Comscore Tracker

5 Cara Bijak Memanfaatkan THR, Gak Cuma untuk Belanja Saja!

Manfaatkan dengan baik karena gak semua mendapatkannya

Kalau mau masuk bulan puasa, pasti bayang-bayang THR sudah muncul, ya? Wah, beruntung banget jika tahun ini kamu masih mendapatkannya. Sebab jangankan THR, di masa pandemik ini yang kehilangan pekerjaan saja banyak banget.

Pun para pekerja lepas atau pemilik usaha malah gak pernah mendapatkan THR. Jadi, sudah bukan masanya berfoya-foya dengan uang THR. Kamu harus bisa memanfaatkannya sebaik mungkin seperti dengan melakukan lima cara berikut ini. Simak!

1. Jika ada utang, lunasi!

5 Cara Bijak Memanfaatkan THR, Gak Cuma untuk Belanja Saja!Pexels.com/karolina-grabowska

Biar gak terus menjadi beban, kan? Mumpung ada uang ekstra, nih. Kalaupun gak bisa langsung lunas, dengan uang THR paling gak kamu bisa mencicil lebih besar dari biasanya.

Ini akan membuat sisa utangmu berkurang secara signifikan. Sudah merasakan sendiri gak enaknya punya utang, kan? Maka lebih cepat lunas tentu lebih baik. Jadi diprioritaskan, ya!

2. Memperbanyak sedekah

5 Cara Bijak Memanfaatkan THR, Gak Cuma untuk Belanja Saja!Unsplash.com/sugercoatit

Gak diragukan lagi, di hari-hari biasa pun kamu sudah terbiasa bersedekah. Namun di bulan yang amat istimewa yaitu Ramadan, tentu ada baiknya kamu menambah sedekahmu.

Apalagi kamu masih mendapatkan THR di tengah masa sulit begini. Tunjukkan rasa syukurmu dengan berbagai rezeki pada yang lain, ya! Setiap yang kamu sisihkan untuk orang yang membutuhkan pasti akan membahagiakan mereka.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Belanja untuk Tangkal Godaan Habiskan THR Sebelum Lebaran

3. Belanja juga perlu asal gak berlebihan

5 Cara Bijak Memanfaatkan THR, Gak Cuma untuk Belanja Saja!Pexels.com/conojeghuo

Memanfaatkan THR dengan lebih bijaksana bukan berarti kamu gak boleh berbelanja, kok. Kan, belanjamu juga ada manfaatnya. Kamu membantu berputarnya roda ekonomi masyarakat.

Kamu bisa membeli bahan pangan atau apa pun sejauh gak berlebihan. Jika kamu berniat membantu melarisi para pedagang, kamu bisa membelanjakan orang lain yang gak seberuntung kamu.

Apalagi jika kebetulan ada tetangga yang sedang karantina mandiri karena Covid-19. Gunakan sebagian THR-mu untuk memastikan kebutuhan mereka aman. 

4. Modal usaha impian

5 Cara Bijak Memanfaatkan THR, Gak Cuma untuk Belanja Saja!Unsplash.com/sharonmccutcheon

Pandemik Covid-19 ini makin membuka mata semua orang tentang pentingnya memiliki lebih dari satu sumber penghasilan. Maka meski sekarang kamu masih bekerja, jika sudah ada keinginan untuk merintis usaha juga, kenapa gak?

Usaha sekecil apa pun pasti akan berguna di masa depan. Sebagai pemula, usaha kecil justru memudahkanmu belajar menanganinya, kan? Yang penting jalan saja dulu, mumpung ada THR yang bisa dijadikan modal.

5. Kalau belum ada kebutuhan penting, tabung saja

5 Cara Bijak Memanfaatkan THR, Gak Cuma untuk Belanja Saja!Pexels.com/kpaukshtite

Nah, kalau semua kebutuhanmu masih bisa tercukupi dari gaji bulanan, gak ada salahnya juga untuk menabung THR-mu utuh-utuh. Kan, kebutuhan ekstra bisa muncul kapan pun.

Kalau uang THR-mu ditabung semuanya, itu bisa menjadi tambahan dana darurat. Gak bingung-bingung lagi kalau kelak diperlukan.

 

Ya, uang THR memang gak cuma boleh digunakan untuk konsumsi pribadi kok. Kelima cara di atas justru akan membuat THR-mu lebih berguna, gak cuma buat diri sendiri. Siap menerapkannya di akhir Ramadan nanti?

Baca Juga: Jadi Sultan Saat Lebaran, Kamu Tetap Bisa Bagi-Bagi THR Pakai Cara Ini

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya