Comscore Tracker

5 Cara Mengikis Rasa Gak Yakin Akan Kemampuanmu Mewujudkan Mimpi

#IDNTimesLife Penting untuk percaya kamu bisa!

Benar kan, bahwa sekadar bermimpi itu gampang banget? Yang sulit adalah berusaha mewujudkannya. Makin besar mimpimu, tentu usahamu juga harus ekstra.

Masalahnya, kadang belum apa-apa kamu sudah ragu duluan dengan kemampuanmu. Kalau sudah begini, bakal lebih sulit untukmu meraih mimpi. Coba deh, lakukan lima cara ini biar kamu lebih yakin akan bisa mewujudkannya.

1. Kurangi interaksi dengan orang-orang yang selalu bilang kamu akan gagal

5 Cara Mengikis Rasa Gak Yakin Akan Kemampuanmu Mewujudkan MimpiIlustrasi seorang perempuan (unsplash.com/iziashnyi)

Terkadang kamu memang gak bisa menghindar dari suara-suara gak enak yang melemahkan semangat dan kepercayaan dirimu. Namun jangan pula diam saja dan terus berada di antara mereka.

Sejauh masih bisa menghindar, hindari saja. Ini bukan soal kamu penakut atau apa, tetapi efek dari ucapan-ucapan itu memang gak bisa disepelekan.

Takutnya, kamu lama-kelamaan terpengaruh dan jadi benar-benar gak yakin sama kemampuan diri sendiri. Apa pun mimpimu, dijamin gak akan terwujud kalau begini.

2. Pastikan kamu memang tahu dengan pasti apa yang diinginkan

5 Cara Mengikis Rasa Gak Yakin Akan Kemampuanmu Mewujudkan MimpiIlustrasi pria memandangi bangunan (unsplash.com/chuerrazuriz)

Yakin sudah paham banget tentang apa yang kamu mau? Kalau belum, konsentrasimu akan mudah terpecah. Usaha-usaha yang dilakukan jadi cenderung asal-asalan. 

Jadi, pikirkan dan rasakan dengan sungguh-sungguh apa yang menjadi panggilan dalam hidupmu. Kalau itu sudah jelas, itu tak ubahnya magnet yang akan menarikmu ke arahnya.

Makin kamu mendekat, daya tariknya makin kuat. Usahamu mewujudkan mimpi pun jadi gak terlampau sulit. Jelas masih butuh berjuang, tetapi perjuanganmu akan selalu terasa bersambut. Semangatmu jadi lebih terjaga.

3. Taklukkan rasa takutmu dengan mulai menjajal sejumlah tantangan

5 Cara Mengikis Rasa Gak Yakin Akan Kemampuanmu Mewujudkan MimpiIlustrasi seorang wanita (unsplash.com/christianfer)

Jalan menuju mimpimu selalu dipenuhi tantangan. Dari yang mudah sampai sulit sekali. Nah, kamu gak boleh nih, menjadi penakut. Kalau tantangan tak kunjung diterima, kamu gak akan mengalami kemajuan.

Pun makin hari kamu hanya akan makin merasa takut. Padahal sebenarnya tantangannya masih sama dengan semula. Sebaliknya kalau satu tantangan sudah ditaklukkan, keinginan untuk menaklukkan tantangan berikutnya menjadi lebih besar.

Baca Juga: Agar Lebih Percaya Diri dalam Menggapai Mimpi, Coba Lakukan 5 Hal Ini

4. Setiap kali tantangan terasa makin sulit, ingat kembali perjalananmu sejauh ini

5 Cara Mengikis Rasa Gak Yakin Akan Kemampuanmu Mewujudkan MimpiIlustrasi pria dan gedung (unsplash.com/guibolduc)

Meski keinginan untuk menaklukkan tantangan selanjutnya menjadi lebih besar seperti dalam penjelasan sebelumnya, sampai tingkat kesulitan tertentu, kamu mungkin kembali kehilangan kepercayaan diri. Kamu gak yakin kemampuanmu akan bisa mengimbanginya. 

Sampai di sini, kamu harus kembali membangun keyakinan akan kemampuan diri sendiri. Yaitu dengan cara melihat kembali semua yang telah berhasil kamu lewati sejauh ini.

Kalau selama ini bisa, pasti tantangan-tantangan berikutnya juga bisa. Meski barangkali butuh beberapa kali percobaan, yang penting akhirnya tertaklukkan.

5. Jangan mempersulit diri dengan langkah besar, usaha sekecil apa pun juga berguna

5 Cara Mengikis Rasa Gak Yakin Akan Kemampuanmu Mewujudkan MimpiIlustrasi pria penjual tanaman hias (unsplash.com/camorin13)

Misal, kamu ingin sekali punya usaha tanaman hias terbesar di kotamu. Kamu ingin bisa memasok tanaman sampai ke konsumen di berbagai kota bahkan pulau. Pertanyaannya, apakah kamu harus langsung memulainya dalam skala besar?

Tentu saja gak. Nanti malah kewalahan di urusan modal dan segala tugas harian. Pun sedikit saja kamu membuat kekeliruan, modal besar yang sudah dikeluarkan bisa-bisa malah gak balik. Bukannya untung, malah buntung terus.

Semuanya memang perlu dilakukan secara bertahap. Seperti dalam gambar ilustrasi, kamu bisa memulainya dengan berjualan keliling dengan stok terbatas. Gak masalah kamu memulainya dengan usaha sekecil apa pun, yang penting seiring waktu ada perkembangan.

Jika kelima hal di atas dilakukan, kamu gak akan lagi sibuk meragukan diri sendiri. Ya, keyakinan akan kemampuan diri memang gak bisa tumbuh begitu saja. Perlu terus dibangun dan diuji. Semoga berhasil!

Baca Juga: 6 Hal yang Harus Dilepaskan jika Ingin Sukses Gapai Mimpi

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya