Comscore Tracker

8 Cara Simpel Menyehatkan Keuanganmu, Bisa Langsung Dipraktikkan! 

#IDNTimesLife Mengurangi jajan bisa berefek besar, lho! 

Kalau sudah dewasa, kamu memang gak boleh bosan dengan pembahasan soal keuangan. Sebab segala hal dalam hidup ini memang butuh uang, kan? Dan kamu gak bisa mengaku sudah dewasa kalau sedikit-sedikit masih minta uang pada orang tua.

Maka kalau sampai keuanganmu gak sehat, bahaya banget! Ancaman bangkrut dan terlunta-lunta ada di depan mata! Oleh karena itu, yuk pastikan keuanganmu selalu sehat dengan menerapkan 8 cara berikut.

1. Kalau penghasilan memang masih di bawah kebutuhan hidup, mau gak mau harus mencari sumber penghasilan lain

8 Cara Simpel Menyehatkan Keuanganmu, Bisa Langsung Dipraktikkan! Pexels.com/quang-nguyen-vinh-222549

Baik ganti profesi, bekerja sampingan, maupun merintis usaha sendiri semua boleh dilakukan demi mencukupi kebutuhan hidup. Gak mungkin juga kan, kamu bertahan dengan satu pekerjaan saja yang jelas-jelas gak bisa mencukupi kebutuhanmu?

Ketimbang kebutuhan pokokmu telantar atau merepotkan orang lain, lebih baik cari kesempatan sana sini untuk meningkatan penghasilan. Gak usah gengsi, yang penting halal dan nyata hasilnya.

2. Kalau penghasilannya sebenarnya sudah rata-rata tetapi terasa kurang terus, periksa pengeluaranmu 

8 Cara Simpel Menyehatkan Keuanganmu, Bisa Langsung Dipraktikkan! Pexels.com/olly

Sekarang kasusnya berbeda dengan poin pertama. Penghasilanmu sebenarnya sudah sama seperti kebanyakan orang. Namun tetap saja kurang padahal teman-temanmu bisa cukup. Kalau begini, ayo lihat kembali daftar pengeluaranmu.

Apakah kamu memang punya tanggungan lebih banyak ketimbang orang lain? Atau sebenarnya, kamu yang selama ini terlalu boros? Dengan tahu masalahnya, kamu bisa menemukan solusinya. Seperti di poin-poin berikut ini.

3. Tetapkan batas maksimal pengeluaran bulanan 

8 Cara Simpel Menyehatkan Keuanganmu, Bisa Langsung Dipraktikkan! Pexels.com/cottonbro

Kalau kamu gak punya batas maksimal uang yang boleh dibelanjakan setiap bulannya, kemungkinan besar berapa pun penghasilanmu akan habis. Jadi, ayo belajar lebih tegas pada diri sendiri sekalipun kamu sedang punya banyak uang.

Misalnya, mau bulan ini penghasilanmu tiga atau lima juta, kamu tetap hanya akan membelanjakan uangmu dua juta saja. Sisanya otomatis masuk ke tabungan. Kalaupun ada kalanya lebih dari dua juta, itu hanyalah saat ada kebutuhan yang amat mendesak.

4. Mencicil utang menjadi prioritas 

8 Cara Simpel Menyehatkan Keuanganmu, Bisa Langsung Dipraktikkan! Pexels.com/cottonbro

Kalau masih punya utang, jangan dibiarkan saja ya? Kalau utang itu berbunga, jelas suatu saat kamu akan kerepotan sekali untuk melunasinya. Kalaupun gak ada bunganya, sama saja suatu saat kamu tetap harus membayarnya.

Maka lebih cepat melunasi utang tetaplah lebih baik. Biar pemberi utang juga tenang, kan? Jika ditunda-tunda padahal sebenarnya sekarang pun uangnya ada, bagaimana bila kelak saat mau gak mau harus dilunasi justru uangnya sudah dipakai untuk yang lain?

Baca Juga: Merasa Harus Naik Gaji Meski di Tengah Pandemi? Lakukan 5 Cara Ini

5. Jangan menambah utang sebelum utang lama berhasil dilunasi 

8 Cara Simpel Menyehatkan Keuanganmu, Bisa Langsung Dipraktikkan! Pexels.com/alex-green

Kredit sana. Kredit sini. Ujung-ujungnya bingung sendiri. Memang sih, berutang kadang terasa sebagai solusi yang paling mudah saat kita merasa membutuhkan sesuatu tetapi uangnya gak ada.

Namun kalau sudah telanjur menjadi tumpukan utang, bahaya banget! Jangan sampai kamu terjebak cara hidup gali lubang, tutup lubang. Alias lama-kelamaan kamu berutang demi melunasi utang yang lain. Terus seperti itu, gak selesai-selesai.

6. Ambil kredit hanya untuk sesuatu yang benar-benar penting dan nilainya besar 

8 Cara Simpel Menyehatkan Keuanganmu, Bisa Langsung Dipraktikkan! Pexels.com/cottonbro

Berhubungan banget dengan poin sebelumnya nih. Bukan berarti segala bentuk peminjaman uang itu gak boleh. Akan tetapi pastikan kamu hanya berutang atau mengambil kredit untuk sesuatu yang amat penting dan nilainya terlalu besar untuk bisa dibayar lunas.

Misal, kendaraan yang kalau gak dimiliki, aktivitasmu akan lumpuh. Juga rumah atau kredit untuk modal usaha. Jangan dibiasakan lagi mengambil kredit untuk barang-barang yang sebenarnya bisa dibayar lunas dan gak mendesak seperti pakaian, alas kaki, dan lainnya.

7. Langsung potong penghasilan untuk ditabung begitu menerimanya

8 Cara Simpel Menyehatkan Keuanganmu, Bisa Langsung Dipraktikkan! Pexels.com/olly

Kalau kamu suka gak tega sama uang sendiri, tenang. Kamu bisa memilih jenis tabungan di bank yang akan secara otomatis memotong saldo tabunganmu setiap bulannya. Tinggal pilih besarannya, disesuaikan dengan kemampuanmu.

Memang kadang menabung itu perlu dipaksa kok. Kalau gak begini, buat kamu yang sulit mengendalikan diri, bakal susah banget untuk menyisihkan uang. Padahal demi masa depan yang lebih baik, kan?

8. Mengecek dan bila perlu mengurangi kebiasaan jajanmu 

8 Cara Simpel Menyehatkan Keuanganmu, Bisa Langsung Dipraktikkan! Pexels.com/kampus

Semua orang tentu sesekali butuh jajan. Apalagi buat kamu yang tinggal di kos-kosan dan gak ada fasilitas dapur. Mau gak mau memang harus jajan setiap hari. Namun pastikan kamu gak berlebihan ya?

Demi gak bikin kantongmu jebol, kamu harus sering mengecek kembali apa saja yang biasa kamu beli buat mengisi perut atau sekadar memanjakan lidah. Jangan ragu memangkasnya kalau sudah terasa memberati kantong.

Tenang, mengurangi pembelian minuman kekinian atau jajanan lain gak akan bikin kamu kelaparan dan kurang gizi kok. Bagaimanapun, dalam upaya menyehatkan keuanganmu, pengendalian diri memang kuncinya.

Cara-cara di atas memang simpel. Namun jika selalu diterapkan, keuanganmu pasti akan aman. Dan bila keuanganmu aman, pikiranmu akan tenang sehingga bisa lebih fokus dalam bekerja.

Baca Juga: 5 Tips Hemat Pengeluaran Rumah Tangga Agar Gaji Sedikit Cukup Sebulan

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya