Comscore Tracker

5 Alasan Gak Perlu Malu Bergaya Hidup Sederhana, Senyamanmu Saja

Lebih cepat dimulai malah lebih baik

Kadang-kadang manusia memang lucu, ya? Malu bergaya hidup sederhana, tetapi malah gak malu menggunakan uang yang diperoleh dengan cara buruk demi bergaya hidup mewah. Nah, kamu jangan sampai begini, ya!

Hiduplah hanya dengan apa-apa yang benar-benar kamu miliki. Gak perlu merekayasa kondisi hanya demi gengsi. Hidup sederhana itu bukan sesuatu yang salah atau memalukan kok. Ini lima alasannya:

1. Hidup sederhana gak sama dengan kekurangan melainkan paham batas cukup

5 Alasan Gak Perlu Malu Bergaya Hidup Sederhana, Senyamanmu SajaUnsplash.com/joshuasazon

Banyak yang masih keliru menyimpulkan. Mereka berpikir orang yang hidupnya sederhana pasti karena faktor keterpaksaan saja. Coba kalau duitnya ada, pasti akan langsung bermewah-mewah. 

Padahal gak seperti itu. Banyak kok, orang yang saldo tabungannya gak bisa dipandang sebelah mata tetapi tetap memilih bergaya hidup sederhana. Kalau mereka merasa sudah cukup dengan sesuatu, ya sudah. Mereka gak mau menjadi berlebihan dalam hidup.

2. Jelas bikin kamu lebih bisa menabung

5 Alasan Gak Perlu Malu Bergaya Hidup Sederhana, Senyamanmu SajaUnsplash.com/amandalins

Nah, kalau orang yang saldo tabungannya besar saja gak malu bergaya hidup sederhana, kenapa kamu yang masih berjuang menuju kemandirian finansial harus malu? Hidup sederhana memudahkanmu memenuhi seluruh kebutuhan hidup.

Kamu gak akan lagi kebingungan setiap tanggal tua. Dan tentu saja, makin banyak pula penghasilan yang bisa disisihkan untuk ditabung. Hidup gak selalu berjalan mulus, maka memiliki tabungan wajib hukumnya. 

Baca Juga: 5 Tips Bergaya Hidup Sederhana tapi Tetap Mencukupi Segala Kebutuhanmu

3. Gak akan betah juga bila harus terus berpura-pura lebih mampu dari yang sebenarnya

5 Alasan Gak Perlu Malu Bergaya Hidup Sederhana, Senyamanmu SajaUnsplash.com/johanmouchet

Di awal, mungkin kamu merasa senang sekali tampil pura-pura kaya. Merasa dirimu keren banget dan semua mata tertuju padamu. Kalau lagi punya gebetan, kamu juga jadi lebih percaya diri akan bisa mendapatkan hatinya.

Namun itu gak akan bertahan lama. Besarnya pengeluaranmu setiap bulan akibat kebanyakan gaya pasti akan membuatmu cemas juga. Tabunganmu akan terus menipis sampai akhirnya ludes. Kamu mungkin juga punya terlalu banyak cicilan yang harus dibayar.

4. Hidup sederhana mengajarkanmu ada begitu banyak cara untuk bahagia dan menghibur diri

5 Alasan Gak Perlu Malu Bergaya Hidup Sederhana, Senyamanmu SajaUnsplash.com/nickolasnikolic

Salah besar jika menilai orang yang hidupnya sederhana pasti gak bahagia karena kurang hiburan. Gak pernah bersenang-senang, gak pernah berlibur dengan fasilitas mewah, dan gak pernah makan enak dalam arti makanannya mahal.

Perlu dipahami bahwa hal-hal seperti itu gak lebih dari selera orang. Ada yang merasa hidupnya baru menyenangkan dengan hiburan berbiaya besar. Ada pula yang malah sangat gak nyaman dengan hiburan seperti itu sekalipun ia mampu atau sudah disediakan pihak lain.

5. Gak bakal lagi sibuk memantau gaya hidup orang lain lalu merasa terusik

5 Alasan Gak Perlu Malu Bergaya Hidup Sederhana, Senyamanmu SajaUnsplash.com/raduflorin

Bergaya hidup sederhana itu bukan cuma soal berapa uang yang dihabiskan. Juga bukan sekadar bermerek atau tidaknya barang-barang yang digunakan. Kesederhanaan itu terkait erat dengan caramu berpikir. Dengan gaya hidup sederhana, cara berpikirmu pasti juga akan sederhana.

Bukan berarti kamu gak pintar melainkan kamu berpikir simpel saja. Misalnya, buat apa juga meributkan gaya hidup orang lain yang berbeda darimu? Sejauh gak merugikanmu dan hasil dari kerja keras sendiri, mereka berhak memilih gaya hidup yang disukai kok.

Pada akhirnya, memilih gaya hidup yang sesuai untukmu memang harus memegang prinsip aman dan nyaman. Gaya hidup mewah untuk beberapa lama mungkin terasa nyaman bagimu. Namun jelas gak aman jika sudah melebihi kemampuan. 

Bahkan jika diteruskan, ujung-ujungnya kenyamanan yang sempat dirasakan juga akan pudar lalu sepenuhnya berubah menjadi ketidaknyamanan. Jadi, ukur lagi standar keamanan dan kenyamananmu, ya! Jika gaya hidup sederhana paling tepat untukmu, kenapa gak?

Baca Juga: 5 Cara Mudah Agar Bisa Selalu Hidup Sederhana, Gak Berlebihan!

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya