Comscore Tracker

Simpel Saja, 6 Hal Ini Juga Bisa Jadi Tanda Kamu Sudah Sukses Kok 

#IDNTimesLife Gak harus muluk-muluk, kan?

Setiap orang boleh memiliki standar kesuksesan masing-masing. Mau yang sederhana atau sulit dicapai, sah-sah saja. Tetapi biar kamu gak merasa tertekan banget melihat berbagai bentuk kesuksesan orang-orang di sekitarmu, ada baiknya kamu menyederhanakan standar kesuksesanmu menjadi 6 hal ini saja.

1. Mandiri finansial 

Simpel Saja, 6 Hal Ini Juga Bisa Jadi Tanda Kamu Sudah Sukses Kok Unsplash.com/georgebakos

Mandiri finansial bukan berarti kamu harus kaya raya. Namun paling gak, sudah gak bergantung pada orang lain termasuk orangtua. Walaupun hidup sederhana, asal sudah bisa membiayai kebutuhan-kebutuhanmu sendiri, kamu juga sudah sukses kok.

Bisa punya tempat tinggal pribadi bagus. Tetapi kalaupun masih menyewa, kamu bisa membayar biaya sewanya sendiri. Urusan perut sudah gak telantar. Sakit bisa berobat. Bisa juga mengongkosi pendidikanmu sendiri atau anak-anakmu.

Sesekali butuh hiburan, juga gak lagi minta dibayari orang lain. Bagaimana, gak susah-susah amat kan? Asal bekerja, yakin bisa!

2. Kalaupun suatu saat harus berutang, tujuannya jelas dan bisa lekas melunasinya 

Simpel Saja, 6 Hal Ini Juga Bisa Jadi Tanda Kamu Sudah Sukses Kok Unsplash.com/ihor_malytskyi

Yah, namanya juga hidup. Kebutuhan selalu macam-macam dan kadang ada yang besar sekali sekaligus mendesak. Kalau betul-betul gak memungkinkan membiayainya sendiri, meminjam uang juga boleh saja.

Tetapi pastikan kamu hanya melakukan ini untuk tujuan yang jelas, sangat penting, gak bisa ditangguhkan lagi, dan yang pasti kamu siap melunasinya. Jangan malah yang meminjami sampai bingung bagaimana lagi hendak menagihmu ya?

3. Bisa mengamalkan ilmu yang dimiliki 

Simpel Saja, 6 Hal Ini Juga Bisa Jadi Tanda Kamu Sudah Sukses Kok Pexels.com/snap

Menjadi orang yang berilmu itu bagus. Tetapi ada yang jauh lebih bagus lagi, yaitu bisa mengamalkan sesedikit apa pun ilmu yang dimiliki biar orang lain ikut merasakan manfaatnya.

Misalnya, kamu menguasai bidang kesehatan dan rutin bikin konten tentang kesehatan. Atau mahir memasak dan mau berbagi resep simpel yang bisa jadi peluang usaha. Kalau kamu sudah bisa begini, kamu keren banget!

Tanpa kamu sadari, kamu sudah mendatangkan perubahan positif dalam hidup orang lain. Yang semula gak paham tentang kesehatan, sekarang kualitas hidupnya membaik setelah melihat konten kesehatan buatanmu. Yang semula bingung mau bekerja apa, jadi bisa membuka usaha kuliner berkat resepmu.

Baca Juga: Agar Bahagia, 5 Alasan Wanita Harus Bersikap Dewasa dalam Urusan Cinta

4. Bisa bekerja di bidang yang menjadi minatmu 

Simpel Saja, 6 Hal Ini Juga Bisa Jadi Tanda Kamu Sudah Sukses Kok Unsplash.com/windows

Kenapa ini juga bisa menjadi ukuran kesuksesanmu? Karena kenyataannya, bisa bekerja di bidang yang cocok banget dengan minat kita itu gak gampang. Gak semua orang punya kesempatan untuk itu.

Jadi kalau kamu sudah mendapatkannya, gak ada lagi alasan buat minder dengan standar kesuksesan orang lain. Kamu sangat menikmati pekerjaanmu dan mendapatkan penghasilan yang cukup, ketika gak sedikit orang gampang banget merasa jenuh dengan pekerjaan mereka.

5. Bidang kerja gak sesuai minat, tetapi nyatanya kamu bisa menikmati bahkan berprestasi 

Simpel Saja, 6 Hal Ini Juga Bisa Jadi Tanda Kamu Sudah Sukses Kok Unsplash.com/gemz

Nah, meski bisa bekerja di bidang yang sesuai dengan minat adalah salah satu tanda kesuksesan, bekerja di bidang lain juga bukan akhir dunia lho. Yang penting kamu merasa asyik-asyik saja. Apalagi penghasilannya terbilang besar.

Toh, kamu masih bisa mengembangkan minatmu di luar waktu bekerja. Sebagai hobi, misalnya. Jadi gak usah sedih kalau kamu bekerja di bidang yang bukan kamu banget. Kamu punya kemampuan beradaptasi yang memungkinkanmu tetap merasa betah bahkan berprestasi.

6. Bisa menolong orang lain yang membutuhkan sesuai kemampuan 

Simpel Saja, 6 Hal Ini Juga Bisa Jadi Tanda Kamu Sudah Sukses Kok Pexels.com/marcelo-chagas-861665

Pertolongan macam-macam bentuknya. Gak melulu uang. Uang pun, gak harus besar kan? Ini artinya, yang menjadi ukuran kesuksesan itu bukan cuma seberapa banyak yang bisa kamu berikan ke orang lain.

Sedikit pun gak masalah kalau memang kemampuanmu segitu. Yang terpenting adalah di hatimu selalu ada tempat buat orang lain yang membutuhkan bantuan. Kamu gak egois, punya jiwa sosial yang cukup.

Dengan standar kesuksesan sesimpel ini, ternyata menjadi sukses itu gak terlampau sulit kan? Siapa pun pasti bisa. Jadi, gak usah stres lagi ya?

Baca Juga: 5 Alasan Menjaga Prasangka Baik Bisa Bikin Hidup Kamu Lebih Bahagia

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya