Comscore Tracker

5 Hal Ini Membantumu Menerima Pahitnya Kenyataan Hidup 

Jadi tegar dan gak berlarut-larut dalam kesedihan 

Kenyataan pahit memang sulit untuk diterima. Hubungan yang kandas, kegagalan demi kegagalan dalam memperjuangkan mimpi, besar di keluarga broken home, dan sebagainya. Namun bagaimana sebaiknya kita menyikapi setiap kenyataan pahit itu? Apakah terus berusaha menolaknya adalah tindakan yang tepat?

Sama sekali tidak. Tindakan yang tepat justru belajar menerimanya, sepahit apa pun kenyataan itu. Di awal kamu mencobanya, memang benar-benar tak semudah membalikkan telapak tangan.

Tetapi seiring waktu kamu akan makin terbiasa. Mengingat kembali 5 hal ini bisa membantumu dalam menerima kenyataan pahit, lho. Apa saja?

1. Disangkal seperti apa pun, tak akan mengubah fakta 

5 Hal Ini Membantumu Menerima Pahitnya Kenyataan Hidup Unsplash.com/kumpan_electric

Inilah kekuatan fakta. Makin berusaha disangkal, fakta itu justru seperti makin menunjukkan eksistensinya. Maka mengingkari fakta bisa dibilang sesuatu yang amat sia-sia.

Jika kamu terus berusaha menyangkal setiap kenyataan pahit, kamu malah seolah-olah hidup di alam khayalan. Setiap tindakan yang kamu ambil jadi tak relevan dengan masalah yang harus diatasi. Akhirnya, kalau kamu sedih, kamu jadi tak kunjung merasa lebih baik.

2. Penyangkalan hanya akan membuatmu makin terluka 

5 Hal Ini Membantumu Menerima Pahitnya Kenyataan Hidup Unsplash.com/mahabis

Tak hanya tak kunjung merasa lebih baik, penyangkalan justru akan membuatmu merasa bertambah buruk dari waktu ke waktu. Di awal, penyangkalan barangkali sempat membuatmu merasa lebih mudah menjalani hidup.

Namun itu tak bertahan lama dan berubah menjadi sebaliknya. Waktu berjalan dan pikiranmu justru seperti selalu dipaksa kembali pada kenyataan pahit itu. Itu bisa menjelma mimpi buruk yang menerormu setiap malam, membuat hari-harimu dipenuhi kegelisahan.

Menghadapi kenyataan pahit dalam hidup tak ubahnya tak sengaja menenggak racun. Kamu tidak bisa bilang, “Ah, itu bukan racun kok, cuma sirop,” lalu kamu akan baik-baik saja.

3. Menerimanya bukan berarti kamu kalah, justru ini awal yang baik untuk memenangkan pertandingan 

5 Hal Ini Membantumu Menerima Pahitnya Kenyataan Hidup Unsplash.com/banzatashinyima

Tak jarang, yang membuatmu kesulitan menerima kenyataan pahit bukanlah kenyataan pahit itu sendiri melainkan perasaan bahwa kamu akan seketika menjadi pecundang bila mengakuinya. Orang yang lemah, dikalahkan oleh kenyataan yang tak sesuai dengan harapanmu.

Mulai sekarang, ayo ubah persepsi ini. Justru karena kamu orang yang kuat, kamu harus bisa menjadikan kenyataan pahit kawan dalam perjalananmu mengarungi hidup. Kenyataan pahit hanyalah kenyataan pahit.

Sesuatu yang sebenarnya tidak memiliki kekuatan yang cukup untuk mengubah semua hal dalam hidupmu menjadi buruk. Kecuali kamu sendiri yang mengizinkannya.

Baca Juga: Kamu Mager dan Kurang Motivasi saat Pandemi? Ini 7 Penyebabnya

4. Hanya dengan menerima kenyataan pahit, kamu bisa belajar darinya 

5 Hal Ini Membantumu Menerima Pahitnya Kenyataan Hidup Unsplash.com/sigmund

Tidak ada yang datang atau terjadi dalam hidupmu tanpa membawa pesan penting untukmu. Pesan yang berguna untuk dirimu sendiri. Termasuk setiap kenyataan pahit. Jadilah pembelajar yang baik tak hanya di dalam sekolah atau kampus melainkan dalam kehidupan.

Dan ini hanya mungkin dilakukan bila kamu mau terlebih dahulu menerima kenyataan pahit dalam hidupmu. Kamu tidak bisa mengetahui isi paket yang dibawa kurir untukmu kalau kamu tidak mau menerimanya dan membukanya.

5. Kalau sudah mempelajarinya, kamu bisa melanjutkan langkah dengan kemampuan lebih dalam mengantisipasi hal-hal buruk 

5 Hal Ini Membantumu Menerima Pahitnya Kenyataan Hidup Unsplash.com/kumpan_electric

Mengantisipasi hal-hal buruk bukan berarti kamu akan sepenuhnya dapat mengelakkannya dari hidupmu. Namun bila pun tak terelakkan, kamu akan tahu cara untuk mengatasinya. Agar satu kenyataan pahit tak menimbulkan efek domino dalam hidupmu.

Hidup memang tak pernah menjanjikan hanya hal-hal manis. Tanpa bermaksud mengecilkan kenyataan pahit apa pun yang sedang kamu hadapi, nyatanya kenyataan pahit menjadi milik semua orang. Terimalah dengan tegar dan kamu akan mendapati kesedihanmu lebih cepat pergi.

Baca Juga: 5 Cara Cerdas Mengelola Rasa Iri Menjadi Motivasi, Wajib Dicoba

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya