Comscore Tracker

5 Hal Penting tentang Pengambilan Keputusan, Pegang Prinsip Ini ya!

#IDNTimesLife Dipikirkan matang-matang dulu

Pengambilan keputusan selalu mewarnai kehidupan orang dewasa. Baik terkait hal-hal pribadi, relasi, maupun pekerjaan. Oleh karenanya, kamu harus punya kemampuan yang mumpuni dalam mengambil keputusan.

Jika asal-asalan, keputusan yang diambil malah bisa membawa banyak masalah. Terkadang keputusan sampai cepat-cepat dianulir guna menghindari kegaduhan. Akibatnya, keputusan itu seperti pagi masih berwujud kedelai, sore sudah menjadi tempe.

Biar hal serupa gak terjadi padamu, yuk catat hal-hal penting terkait pengambilan keputusan. Perhatikan dan praktikkan lima hal ini, ya!

1. Keputusanmu mungkin gak bisa memuaskan semua pihak, tetapi pastikan gak merugikan seorang pun

5 Hal Penting tentang Pengambilan Keputusan, Pegang Prinsip Ini ya!Unsplash.com/rosam2020

Setiap orang punya keinginan masing-masing. Maka lumrah bila memuaskan semuanya kadang menjadi mustahil. Makin banyak orang yang terkena keputusan itu, makin besar pula kemungkinan ada yang merasa tidak puas.

Namun poin pentingnya bukan pada kepuasan setiap orang melainkan sejauh keputusanmu gak merugikan satu pun dari mereka, itu sudah sangat hebat. Gak ada hak orang yang dilanggar, gak ada yang jadi harus menanggung kerugian materi maupun nonmateri.

2. Jika keputusan akan berdampak pada orang lain, pastikan kamu meminta pendapat mereka terlebih dahulu

5 Hal Penting tentang Pengambilan Keputusan, Pegang Prinsip Ini ya!Unsplash.com/amyhirschi

Kamu gak boleh memutuskan secara sepihak setinggi apa pun posisimu. Mintalah pendapat orang-orang yang akan terimbas keputusan tersebut agar kamu tahu apa yang mereka mau. Jangan sampai keputusan sudah diambil lalu terjadi kegaduhan.

Bila kamu mengabaikan pendapat mereka dan keputusanmu melenceng jauh dari harapan mereka, wajar bila keputusanmu gak akan didukung. Pikiran mereka simpel saja. Kalau kamu juga gak peduli pada suara mereka, buat apa juga mereka peduli dengan keputusanmu?

3. Mengomunikasikan keputusanmu sangat penting untuk mencegah kesalahpahaman

5 Hal Penting tentang Pengambilan Keputusan, Pegang Prinsip Ini ya!Unsplash.com/marcus_wallis

Jangankan terkait keputusan dalam organisasi, keputusan terkait hidupmu sendiri kadang juga perlu dikomunikasikan dengan orang lain, kok. Ini penting guna menghindari kesalahpahaman.

Misal, tentang pilihan hidup yang kamu ambil. Kamu perlu memberitahukannya pada keluargamu agar mereka bisa mendukungmu. Minimal, gak lagi memaksakan pilihan mereka padamu.

Baca Juga: Jangan Buat 5 Keputusan Besar Ini Ketika Kamu Emosional, Bahaya!

4. Jangan biarkan siapa pun mencampuri hak penuhmu untuk memutuskan

5 Hal Penting tentang Pengambilan Keputusan, Pegang Prinsip Ini ya!Unsplash.com/rosam2020

Memberikan kesempatan untuk orang lain berpendapat gak sama dengan membiarkan mereka mencampuri hakmu untuk memutuskan. Pendapat mereka ditampung dan dipertimbangkan. Akan tetapi, tak satu pun dari mereka boleh memaksakan pendapat.

Jangan sampai kamu mau diiming-imingi atau ditekan agar keputusanmu menguntungkan salah satu pihak. Tunjukkan kamu bebas dari pengaruh siapa pun. Ini akan meningkatkan kepercayaan orang padamu sebagai pengambil keputusan yang netral.

5. Harus siap dengan konsekuensinya, ya!

5 Hal Penting tentang Pengambilan Keputusan, Pegang Prinsip Ini ya!Unsplash.com/acy

Mengambil keputusan saja masih sering terasa sulit bagi banyak orang. Apalagi menanggung konsekuensinya. Salah satu penyebab ketidaksiapan menanggung konsekuensi dari keputusan yang diambil ialah sejak awal tidak memikirkannya baik-baik.

Inilah sebabnya kamu gak perlu tergesa-gesa dalam mengambil keputusan. Beri waktu untuk diri sendiri dapat melihat sebanyak mungkin celah dari suatu keputusan. Agar kamu bisa menyempurnakannya atau menyiapkan cara mengatasi konsekuensi di kemudian hari.

Untuk dapat mengambil keputusan terbaik, memang dibutuhkan kebijaksanaan. Bukan hanya mementingkan diri sendiri dan harus bisa berpikir panjang. Dengan memperhatikan kelima hal di atas, semoga keputusanmu lebih tepat.

Baca Juga: 7 Keputusan Paling Bodoh Sepanjang Sejarah, Gak Habis Pikir!

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya