Comscore Tracker

5 Hal Positif yang Akan Dirasakan Begitu Kita Bisa Bersyukur 

#IDNTimesLife Setuju saja atau setuju banget? 

Kalau untuk bersyukur harus menunggu mendapatkan hal-hal besar, kira-kira sebelum maut menjemput, kita akan sempat bersyukur gak ya? Sepertinya sih, gak. Sebab sebagai manusia, kita punya sifat sukar puas.

Setelah mendapatkan sesuatu yang sebenarnya anugerah besar, kita pasti haus akan hal-hal yang lebih besar lagi. Terus saja seperti itu. Sampai-sampai rasanya belum ada yang layak untuk disyukuri.

Makanya, sebaiknya kita melatih diri untuk selalu bersyukur bagaimana pun kondisi kita saat ini. Saat kita sudah benar-benar bisa bersyukur, 5 hal positif ini otomatis akan dirasakan.

1. Hal-hal kecil saja nyatanya sudah bisa membuat kita bahagia 

5 Hal Positif yang Akan Dirasakan Begitu Kita Bisa Bersyukur Unsplash.com/jsebastiao

Bukan berarti kita gak lagi tertarik untuk bergerak mencari nikmat yang lebih besar. Namun sebelum itu tercapai, apa-apa yang dimiliki hari ini pun sudah bisa membuat kita bahagia. Bahkan meski bagi orang lain terasa gak berarti.

Misalnya, disapa orang saat di jalan. Bagi orang lain mungkin gak penting. Akan tetapi bagi kita, itu membantu meningkatkan energi positif untuk menjalani hari. Kalau kebahagiaan kita bisa sesimpel ini, dijamin kesehatan fisik maupun psikis kita juga akan lebih terjaga.

2. Gak ada lagi rasa iri pada orang lain 

5 Hal Positif yang Akan Dirasakan Begitu Kita Bisa Bersyukur Unsplash.com/pieschwarzler

Saat kita merasa iri pada orang lain, disadari atau gak, sebenarnya kita berpikir hidup ini gak adil. Dalam diri selalu ada pertanyaan, ‘Kenapa dia yang mendapatkan itu, bukan aku?

Sementara dengan tingginya rasa syukur, kita gak akan punya lagi alasan untuk iri pada siapa pun. Kita sadar bukan cuma orang lain yang mendapatkan rezeki. Kita juga memperolehnya kok. Sekalipun tentu saja bentuknya gak sama.

3. Di masa sulit, kita bisa lebih bersabar 

5 Hal Positif yang Akan Dirasakan Begitu Kita Bisa Bersyukur Unsplash.com/alexb

Alasannya simpel. Kita selalu ingat sudah banyak sekali kenikmatan hidup yang dirasakan. Maka bila sesekali ujian datang, itu selalu belum ada apa-apanya dibandingkan dengan nikmat yang diperoleh selama ini. Tentu masa sulit tetap membuat kita merasa gak nyaman.

Namun setidaknya, kita gak lantas merasa menjadi orang yang paling menderita di dunia. Masa sulit justru menjadi waktu terbaik untuk kita melakukan introspeksi. Barangkali tanpa disadari, kita punya andil yang mendatangkan masa sulit itu.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini Agar Kamu Bisa Lebih Bersyukur dalam Menjalani Hidup

4. Setiap hari dilalui dengan usaha maksimal, gak ada lagi kemalasan 

5 Hal Positif yang Akan Dirasakan Begitu Kita Bisa Bersyukur Unsplash.com/wiesehofer

Waktu atau umur dan kesehatan adalah nikmat terbesar dalam hidup. Oleh karena itu, bila kita benar-benar mensyukuri keduanya, sifat malas akan jauh dari diri kita. Kita gak pernah terlena.

Selalu sadar bahwa hari ini masih diberi usia dan kesehatan, besok belum tentu. Jadi, mudah untuk menakar rasa syukur kita hanya dari seberapa rajin atau malasnya kita. Selain sebagai bentuk rasa syukur, rajin dalam usaha terbaik cepat atau lambat akan mengantarkan kita pada berbagai keberhasilan.

5. Dengan segala lebih dan kurangnya hidup kita, hati rasanya tetap tenteram 

5 Hal Positif yang Akan Dirasakan Begitu Kita Bisa Bersyukur Unsplash.com/veronezcaroline

Ketenteraman adalah segalanya. Ini mustahil dirasakan jika gak bisa mensyukuri bagaimana pun kondisi hidup kita. Mungkin terdengar terlalu gak masuk akal. Namun  kita sebenarnya gak butuh hidup yang sempurna.

Selain memang mustahil ada hidup yang sesempurna itu, hanya kemampuan bersyukurlah yang membuat hidup akan terasa sempurna terlepas dari kondisi yang sesungguhnya.

Hidup akan terus mempertemukan kita dengan berbagai kesulitan, keterbatasan, dan kehilangan. Namun dengan rasa syukur, di setiap penderitaan kita justru makin menemukan arti kebahagiaan.

Baca Juga: 5 Poin Penting dari Bersyukur yang Berdampak Baik untuk Hidupmu

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya