Comscore Tracker

5 Hal yang Bikin Kamu Gampang Minder, Jangan Lagi deh! 

#IDNTimesLife Kenali dan tonjolkan kelebihanmu 

Gampang minder bisa bikin kamu enggan keluar dari zona nyaman. Itu artinya, waktu berjalan dan kamu bisa makin gak berkembang. Namun bahkan orang yang paling minder pun pasti ingin dirinya bisa lebih percaya diri.

Hanya saja, gak semuanya tahu apa yang harus dilakukan. Bila kamu juga mengalaminya, kamu perlu terlebih dahulu mengenali sebab-sebab kamu gampang minder. Yuk, simak daftarnya di bawah ini berikut cara mengatasinya!

1. Terlalu banyak melihat orang yang ‘lebih hebat’ daripada kamu 

5 Hal yang Bikin Kamu Gampang Minder, Jangan Lagi deh! Unsplash.com/hellosmith

Jelas bukan orang lain maupun kamu yang bersalah. Kamu hanya perlu mengenali batas kemampuanmu dalam menyaksikan kehebatan orang lain. Jika dengan menyaksikan mereka membuatmu terinspirasi, teruskan.

Biar kamu makin semangat menjalani proses dalam hidupmu. Namun kalau kamu mulai merasa terintimidasi, gagal, dan perasaan buruk lainnya; hentikan dahulu. Mungkin kamu sudah berlebihan mengonsumsi berita pencapaian orang-orang.

Kamu jadi merasa dirimu gak ada apa-apanya. Gak ada yang bisa dibanggakan darimu dan terlalu khawatir kamu akan selamanya begitu. Mungkin juga, caramu melihat mereka keliru.

Kamu hanya berfokus pada apa-apa yang hari ini telah berhasil mereka raih. Kamu gak melihat panjang dan kerasnya perjuangan mereka. Kamu jadi berpikir kamu gak akan pernah bisa meniru pencapaian mereka.

2. Belum serius menggali dan mengembangkan potensi diri 

5 Hal yang Bikin Kamu Gampang Minder, Jangan Lagi deh! Unsplash.com/martin_ragan

Kalau sudah serius ‘mengurus’ diri sendiri, yakin deh, kamu gak akan terlalu gelisah oleh berbagai pencapaian orang lain. Berbeda bila kamu bahkan belum tahu potensimu apa saja. Kamu bisa merasa gak punya modal apa-apa untuk sukses.

Begitu tahu kamu juga punya banyak potensi, kamu akan yakin segalanya mungkin saja. Tinggal mengasah potensi itu supaya menjadi kemampuan nyata, sebisa mungkin di atas rata-rata.

Sekalipun nantinya kesuksesanmu gak sama dengan kesuksesan orang lain, kamu akan tahu apa yang perlu dikejar dalam hidupmu. Kamu juga akan punya standar kesuksesanmu sendiri, mengikuti kemampuanmu. Bukan mengikuti kemampuan orang lain.

3. Meyakini bualan orang lain sebagai kebenaran 

5 Hal yang Bikin Kamu Gampang Minder, Jangan Lagi deh! Unsplash.com/rickpics23

Kalau kamu selalu dikelilingi orang banyak, hati-hati. Gak semua yang kamu dengar dari mereka adalah kebenaran. Beberapa orang mungkin hanya berbual. Menceritakan diri mereka jauh lebih hebat ketimbang aslinya.

Celakanya, kamu percaya-percaya saja. Wajar kalau terlalu banyak mendengarkan mereka bisa bikin kamu gak berguna banget dalam hidup ini. Makin hari, ucapan mereka makin tinggi saja.

Kalau seseorang terlalu banyak membicarakan kehebatan dirinya, ada baiknya kamu gak lekas memercayainya. Kecuali ada buktinya. Sebab biasanya, makin hebat seseorang, makin dia gak punya waktu dan memang gak merasa perlu untuk mengumbarnya.

Karena tanpa diumbar pun, hampir semua orang sudah mengetahui kehebatannya. Pun orang hebat asli punya terlalu banyak urusan yang jauh lebih penting ketimbang sekadar berbicara panjang lebar dengan siapa pun.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Sering Merasa Minder Duluan saat Ada di Dekatnya

4. Membiarkan dirimu jadi bahan ejekan orang 

5 Hal yang Bikin Kamu Gampang Minder, Jangan Lagi deh! Unsplash.com/kyliepreston

Orang yang suka mengejek memang ada. Dan ejekan yang terus-menerus bisa membuatmu berpikir kamu memang seperti yang mereka katakan. Mulai sekarang, alih-alih menunduk malu karena ejekan-ejekan itu, ayo tegakkan kepalamu.

Ambil sikap cenderung gak peduli atas ejekan-ejekan itu. Tentu saja, ada banyak hal dalam diri dan hidupmu yang harus terus diperbaiki. Namun jangan mau dijadikan bulan-bulanan siapa pun.

Katakan pada mereka bahwa kamu gak suka diperlakukan seperti itu dan seharusnya mereka becermin. Kalau kamu gak punya cukup keberanian untuk menghadapi mereka secara langsung seperti ini, tinggalkan saja. Jaga terus jarak di antara kalian.

Biar kamu bisa merasa lebih tenang dan fokus menggali serta mengembangkan potensi diri seperti dalam poin 2. Biar kelak saat kalian bertemu lagi, mereka mau gak mau harus menelan kembali semua ejekan itu karena kamu sudah makin hebat.

5. Berlebihan melihat kekurangan diri, lupa dengan kelebihan-kelebihanmu 

5 Hal yang Bikin Kamu Gampang Minder, Jangan Lagi deh! Unsplash.com/beccacorreia

Selalu ingatkan dirimu bahwa semua orang punya kekurangan. Jadi gak perlu berlebihan memandangnya. Toh, kamu pasti punya kelebihan yang bisa terus dikembangkan. Biar bisa mengimbangi bahkan melebihi kekurangan-kekuranganmu.

Sehingga siapa pun akan lebih fokus melihat kelebihanmu ketimbang kekuranganmu. Kekurangan diri itu gak perlu disangkal keberadaannya. Cuma perlu disiasati biar gak tampak lebih menonjol ketimbang kelebihanmu.

Setelah menyimak penjelasan di atas, semoga kamu gak gampang minder lagi ya!

Baca Juga: 5 Hal yang Patut Diusahakan supaya Kamu Gak Minder Lagi sama Pasangan

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya