Comscore Tracker

5 Hal yang Bikin Kegagalanmu Terasa Lebih Buruk, Jauhi Saja! 

#IDNTimesLife Tetap apresiasi diri sendiri, ya! 

Gak perlu membohongi diri, mengalami kegagalan memang rasanya gak enak. Kenyataan gak berjalan sesuai dengan harapan. Makin besar perbedaan di antara keduanya, makin bikin kamu tertekan.

Kegagalan adalah satu hal. Masih ada hal lain yang bisa membuatmu merasa lebih buruk lagi. Yaitu ketika kamu menyikapi kegagalan dengan kurang tepat, seperti.

1. Berpikir kamu belum melakukan yang terbaik 

5 Hal yang Bikin Kegagalanmu Terasa Lebih Buruk, Jauhi Saja! Unsplash.com/alisoltanim

Pemikiran seperti ini membuatmu terpuruk dalam rasa bersalah. Kamu berpikir seharusnya waktu itu kamu bisa melakukan usaha yang lebih maksimal. Padahal, sebenarnya saat itu pun kamu sudah mengerahkan kemampuan terbaikmu.

Hanya saja, kemampuanmu terus berkembang seiring dengan kemauanmu untuk belajar. Sehingga wajar bila baru akhir-akhir ini kamu menemukan kekurangan dari usahamu di waktu yang lalu.

Ini bagus. Artinya, proses belajarmu berhasil. Namun gak perlu menggunakan hasil belajarmu saat ini untuk menghakimi kerja kerasmu di waktu lampau. Gunakan hasil belajar itu pada kesempatan berikutnya biar kamu gak mengulangi kesalahan yang sama.

2. Menceritakannya dengan terlalu banyak orang 

5 Hal yang Bikin Kegagalanmu Terasa Lebih Buruk, Jauhi Saja! Unsplash.com/nickkarvounis

Benar, kegagalan bikin kamu sedih. Kamu jadi merasa perlu menceritakannya pada orang lain biar pikiranmu gak terlalu penuh. Mungkin juga kamu butuh nasihat agar bisa menjadi lebih baik.

Akan tetapi ingat, gak semua orang perlu tahu soal kegagalanmu. Kenapa? Karena gak menutup kemungkinan ada orang yang justru sudah menunggu-nunggu saat ini. Dia diam-diam kurang menyukaimu dan lebih senang melihatmu gagal ketimbang berhasil.

Jika kegagalanmu terdengar olehnya, bisa jadi dia bereaksi jauh di luar dugaanmu. Bukannya menyemangatimu agar lekas bangkit, malah bikin mentalmu makin drop. Ceritakan kegagalanmu hanya pada orang-orang yang telah teruji loyalitasnya.

3. Gak mengambil waktu untuk menenangkan diri 

5 Hal yang Bikin Kegagalanmu Terasa Lebih Buruk, Jauhi Saja! Unsplash.com/baba1906

Saat mengalami kegagalan, pikiranmu bersengkarut. Kamu mungkin sangat mencemaskan masa depan. Kamu juga gak habis pikir dengan kegagalan itu padahal kamu sudah berusaha sebaik mungkin. Kamu takut dihina orang.

Gak cuma sedih, barangkali kamu juga merasa marah dan sebagainya. Dengan kondisi begini, kamu butuh waktu untuk menenangkan diri. Namun biasanya, kamu justru terdorong untuk tergesa-gesa mencoba lagi demi membuktikan kamu bisa.

Padahal, ketergesa-gesaan hampir selalu berakibat kurang baik. Bisa bikin kamu gagal lagi, bahkan lebih fatal daripada kegagalan sebelumnya. Jika ini terjadi, kemungkinan besar kamu hanya akan makin pesimistis dan enggan mencoba kesempatan-kesempatan berikutnya.

4. Berpikir gak akan ada kesempatan lain yang sama apalagi lebih baik 

5 Hal yang Bikin Kegagalanmu Terasa Lebih Buruk, Jauhi Saja! Unsplash.com/alisoltanim

Sekalipun untuk saat ini kesempatan itu belum tampak, bukan berarti gak ada, kan? Kamu harus membangun keyakinan bahwa kesempatan emas akan selalu hadir sejauh kamu memang menginginkannya.

Satu pintu tertutup, pintu yang lain akan terbuka. Bahkan lebih banyak pintu akan terbuka, asal kamu gak tergesa-gesa memutuskan berhenti. Pun ingat, kesempatan yang sepertinya kurang menjanjikan bisa saja menjadi jembatan yang menghubungkanmu dengan posisi terbaikmu di masa depan.

5. Mengingat kembali orang-orang yang pernah meramalkan kegagalanmu 

5 Hal yang Bikin Kegagalanmu Terasa Lebih Buruk, Jauhi Saja! Unsplash.com/huyphan2602

Mengingat mereka cuma bakal bikin kamu tambah meragukan diri sendiri. Kamu jadi berpikir kamu memang gak layak untuk berhasil. Mereka benar. Mereka mengetahui kemampuanmu lebih dari dirimu.

Duh, jangan begini ya! Apa pun kata orang, kamu pasti akan berhasil asalkan mau terus berusaha. Memang gak ada keberhasilan yang bisa diraih semudah membalik telapak tangan.

Namun semua akan ada waktunya. Kamu hanya perlu bersabar dan gigih. Sekarang, semangatmu memang sedang kendur. Jangan memperburuknya dengan melakukan 5 hal di atas. Dengan sendirinya, semangatmu pasti akan lekas pulih.

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya