Comscore Tracker

5 Hal yang Bikin Kemampuanmu sebagai Leader Diragukan Orang

Masih perlu banyak belajar, nih!

Kemampuan memimpin setiap orang memang berbeda-beda. Ada yang jiwa kepemimpinannya tampak kuat sekali, ada pula yang sebaliknya. Dalam hal ini, faktor pengalaman memang gak bisa dipandang sebelah mata.

Jika kamu bisa menjadi pemimpin yang baik, anggotamu tentu akan merasa puas. Sebaliknya, bila lima hal ini yang terjadi, orang-orang akan meragukan kemampuanmu sebagai pemimpin. Yuk, simak uraian selengkapnya berikut ini.

1. Statusmu pemimpin, tetapi wakil atau anggota yang lain malah jauh lebih aktif

5 Hal yang Bikin Kemampuanmu sebagai Leader Diragukan OrangUnsplash.com/myleon

Gak berarti wakil atau anggota yang lain gak boleh aktif. Partisipasi aktif mereka juga penting banget dalam kerja tim sebab pemimpin cuma satu sedangkan anggota selalu lebih banyak. Jika mereka aktif, tentu kerja tim menjadi lebih baik.

Akan tetapi, jangan sampai peranmu sebagai pemimpin lantas tenggelam, ya! Kamu seperti di bawah bayang-bayang anggotamu, gak bisa mengendalikan mereka. Bahaya, lho, kalau mereka sampai jalan sendiri-sendiri. Tujuan tim pasti gak akan tercapai.

2. Bingung sendiri saban ada masalah

5 Hal yang Bikin Kemampuanmu sebagai Leader Diragukan OrangUnsplash.com/jopzik

Menjadi pemimpin memang harus memiliki kemampuan lebih dalam mengatasi masalah. Kamu harus bisa bersikap lebih tenang daripada yang lain dan fokus pada solusi. Bukan malah bingung sendiri.

Kebingunganmu selain menghambat penemuan solusi, pasti juga bikin anggotamu ikut panik. Atau malah mereka yang beramai-ramai berusaha menenangkanmu? Duh, dunia terbalik, dong!

Baca Juga: 5 Cara Melatih dan Meningkatkan Skill Leadership Kamu

3. Keputusanmu berubah-ubah

5 Hal yang Bikin Kemampuanmu sebagai Leader Diragukan OrangUnsplash.com/wocintechchat

Mudahnya keputusanmu berubah menandakan kamu gak berpikir matang sebelum memutuskannya. Kamu tergesa-gesa atau sebenarnya gak terlalu paham duduk perkaranya. Bisa juga kamu mudah diombang-ambingkan pendapat orang-orang di sekitarmu.

Tentu saja keputusan boleh diubah. Hanya saja, jangan sering-sering biar gak membingungkan orang. Makin matang pertimbangan-pertimbanganmu sebelum memutuskan, makin mantap juga keputusan yang dihasilkan. Kepercayaan orang padamu menjadi taruhannya, lho.

4. Keputusan yang diambil gak mencerminkan suara anggota

5 Hal yang Bikin Kemampuanmu sebagai Leader Diragukan OrangUnsplash.com/mimithian

Hal ini bisa terjadi karena kamu gagal menangkap aspirasi mereka. Kamu seakan-akan paham keinginan anggotamu tetapi ternyata gak. Bisa juga karena kamu mengutamakan pendapatmu sendiri sehingga mengesampingkan pendapat yang lain.

Duh, jangan begini, ya! Mentang-mentang menjadi pemimpin lantas seenaknya dalam membuat keputusan. Bagaimana kalau nanti semua anggotamu gak mau menjalankannya? Sia-sia juga keputusan yang telah dibuat.

5. Suka lari dari tanggung jawab

5 Hal yang Bikin Kemampuanmu sebagai Leader Diragukan OrangUnsplash.com/drew_hays

Menjadi pemimpin memang berat. Kamu harus menunjukkan keberanianmu mempertanggungjawabkan segala hal terkait tim. Jangan malah melarikan diri kalau sudah terlihat tanda-tanda ada yang yang gak beres, ya!

Kamu harus bisa menjadi tonggak untuk anggotamu. Jika kamu suka kabur, bagaimana nasib mereka? Atau malah kamu mencoba berlindung di belakang mereka? Wah, kamu kudu belajar memperbesar nyali, nih!

 

Sekalipun menjadi pemimpin bukan tugas yang mudah, bila kamu mendapatkan kepercayaan, ini adalah suatu kehormatan. Maka jangan selalu menolaknya. Ambillah kesempatan itu biar kamu bisa belajar menjadi pemimpin yang baik. Siap?

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan untuk Meningkatkan Skill Leadership

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya