Comscore Tracker

9 Hal yang Bikin Puasamu Makin Terasa Berat, Lemas Seharian!

#IDNTimesLife Buka puasa masih berapa jam lagi, ya?

Bagaimana puasamu sejauh ini? Semoga masih lancar-lancar saja, ya! Memang berpuasa sebulan penuh itu gak mudah. Jadi wajar juga kok, bila kamu kadang masih merasa berat sekali dalam menjalankannya.

Nah, kamu bisa coba mengecek nih, beberapa kebiasaan kurang baik yang barangkali masih terus dilakukan dan bikin kamu lemas seharian. Kalau kamu sudah bisa menghindarinya, pasti kamu akan lebih merasa ringan dalam berpuasa. Cermati, ya!

1. Masih pagi sudah menghitung mundur waktu berbuka

9 Hal yang Bikin Puasamu Makin Terasa Berat, Lemas Seharian!Unsplash.com/tristangassert

Apalagi di tengah keharusan belajar atau bekerja dari rumah di masa pandemik begini. Waktu bisa terasa berjalan makin lambat. Terutama kalau sekolah daringnya lagi libur. Wah, makin mati gaya di rumah.

Akibatnya, sebentar-sebentar cuma melihat jam. Padahal makin dilihat, jarumnya makin tampak tak bergerak. Makanya, yuk, belajar mengabaikan jam setidaknya sampai menjelang sore.

2. Terus membayangkan menu berbuka

9 Hal yang Bikin Puasamu Makin Terasa Berat, Lemas Seharian!Unsplash.com/pablomerchanm

Memang sih, saat berpuasa, kita cenderung mudah bosan dengan menu biasa. Inginnya setiap hari berganti-ganti menu dan tentunya yang enak serta menyegarkan. Akan tetapi jangan lantas seharian cuma sibuk membayangkan berbagai minuman dan makanan bakal berbuka, ya!

Kamu jelas akan makin merasa haus dan lapar kalau begini. Kalau sudah seperti ini, ujung-ujungnya pasti seperti poin pertama. Sibuk mengamati jam dan menghitung waktu berbuka masih berapa lama lagi. 

3. Lupa sahur atau makannya terlalu sedikit dan kurang bernutrisi

9 Hal yang Bikin Puasamu Makin Terasa Berat, Lemas Seharian!Unsplash.com/henriquefelix

Kalau puasanya cuma sehari saja, gak sahur mungkin bukan masalah. Fisikmu masih terasa cukup kuat. Namun jika puasa sebulan penuh dan terlalu sering melewatkan sahur, tentu kamu akan lemas.

Bisa-bisa kamu malah jatuh sakit, lho. Bahkan bersantap sahur pun usahakan untuk gak sembarangan. Misal, hanya berisi karbohidrat seperti mi atau justru cuma sayuran dan menghilangkan karbohidrat. Pilihlah makanan dengan gizi seimbang sehingga kamu tetap sehat dan lancar beraktivitas.

4. Kurang minum air putih

9 Hal yang Bikin Puasamu Makin Terasa Berat, Lemas Seharian!Unsplash.com/jorgeaalcala

Saat berbuka puasa, minum yang manis-manis memang terasa sangat menyegarkan, ya? Berbagai macam minuman dingin biasanya menjadi pilihan saat berbuka. Namun ingat, kamu harus tetap cukup minum air putih.

Sebisa mungkin gak berbeda dari hari-hari biasa agar kamu gak dehidrasi. Untuk minuman selain air putih, harus tetap dibatasi. Misal, teh satu cangkir saja. Es buah juga satu gelas saja. Jangan malah air putihnya yang cuma satu atau dua gelas.

5. Belum bisa bersabar

9 Hal yang Bikin Puasamu Makin Terasa Berat, Lemas Seharian!Unsplash.com/altansukhe

Puasa memang melatih kesabaran kita. Gak cuma sabar menanti waktu berbuka, tetapi juga sabar menghadapi segala bentuk ujian. Gak boleh lekas tersinggung lalu bertengkar dengan siapa pun.

Nah, kalau kamu tipe orang yang susah bersabar, hari-harimu selama bulan Ramadan pasti terasa lebih berat. Sudah dalam kondisi lapar dan haus, masih ada saja tingkah orang yang bikin kamu ingin marah-marah. Ayo, tarik napas dalam-dalam dan embuskan perlahan-lahan biar kamu tenang.

Baca Juga: Manfaat Puasa untuk Kesehatan Jantung, Sayang untuk Dilewatkan!

6. Belum memahami manfaat puasa, hanya melihatnya sebagai kewajiban

9 Hal yang Bikin Puasamu Makin Terasa Berat, Lemas Seharian!Unsplash.com/anaya_katlego

Jika hanya melihat puasa Ramadan sebatas kewajiban, pasti rasanya jadi terpaksa menjalankannya. Sebisa mungkin malah ingin menghindarinya. Padahal, puasa juga banyak manfaatnya buat kesehatan fisik dan psikis, lho.

Nah, kalau kamu bisa lebih fokus pada manfaatnya, pasti menjalankan puasa gak lagi terasa terlalu berat. Yang ada justru setelah Ramadan nanti, kamu bersemangat juga buat menjalankan puasa-puasa sunah.

7. Rebahan terus

9 Hal yang Bikin Puasamu Makin Terasa Berat, Lemas Seharian!Unsplash.com/vladdeep

Saat berpuasa, kamu memang akan lebih mudah merasa capek. Energimu perlu dihemat biar kuat sampai tiba waktunya berbuka. Namun jangan lantas seharian gak ngapa-ngapain, ya!

Rebahan terus di rumah, cuma tempatnya yang berpindah-pindah. Dari tempat tidur pindah ke karpet ruang tengah, terus pindah lagi ke sofa ruang tamu. Kalau begini, kamu malah akan makin lemas. Isi waktumu dengan kegiatan-kegiatan yang lebih bermanfaat.

8. Terus menghitung Lebarannya kurang berapa hari lagi

9 Hal yang Bikin Puasamu Makin Terasa Berat, Lemas Seharian!Unsplash.com/chne_

Bisa sampai di Hari Kemenangan memang harapan kita semua. Itu anugerah yang sangat besar karena belum tentu semua orang dipertemukan dengan bulan Ramadan apalagi Idulfitri. Akan tetapi, terus menghitungnya malah bisa bikin puasamu terasa gak kelar-kelar.

Apalagi sudah menghitungnya sejak awal bulan puasa. Wah, ternyata kamu masih harus berpuasa sekian puluh hari lagi! Tenang dong, Lebaran akan tiba pada waktunya kok. Fokus saja pada ibadah puasamu hari ini dan rutinitasmu.

9. Sibuk mengeluhkan beratnya berpuasa

9 Hal yang Bikin Puasamu Makin Terasa Berat, Lemas Seharian!Unsplash.com/biggshott

Menjalankan ibadah puasa memang penuh tantangan. Apalagi sebulan penuh, di tengah cuaca panas dan kesibukanmu. Namun jangan dibuat makin berat dengan terus mengeluh, ya! 

Saat kamu mengeluhkan apa pun, perhatianmu malah jadi terpusat ke hal-hal yang dikeluhkan itu. Bahkan kamu akan cenderung melebih-lebihkannya. Buat menahan keluhanmu, ingat-ingatlah bahwa kamu gak sendirian merasakannya. Jadi, kalem saja.

Itulah sembilan hal yang sepertinya sepele, tetapi ternyata bisa sangat memengaruhi jalannya puasamu. Hindari semuanya biar puasamu terasa jauh lebih ringan, ya! 

Baca Juga: Berbohong saat Puasa Apakah Bisa Membatalkan?

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya