Comscore Tracker

5 Hal yang Bisa Dilakukan saat Perasaanmu Tidak Baik-Baik Saja

Salah satunya dengan pergi refreshing di alam terbuka

Perubahan perasaan sangat mungkin terjadi mengingat kamu berhadapan dengan banyak orang dan problem setiap harinya. Tidak perlu berpikir hidupmu tak bahagia hanya karena sesekali kamu merasa sedih, kecewa, dan semacamnya.

Tinggal bagaimana caranya supaya perasaan yang sedang tidak baik-baik saja itu tak bertahan terlalu lama hingga mengganggu dirimu. Ada lima hal yang dapat coba kamu lakukan untuk memulihkan suasana hati yang sedang murung. Berikut di antaranya!

1. Terima dulu perasaan negatif itu, jangan diingkari

5 Hal yang Bisa Dilakukan saat Perasaanmu Tidak Baik-Baik Sajailustrasi perempuan duduk sendiri (pexels.com/Bella Zhong)

Perubahan perasaan dialami oleh semua orang. Pun apa yang kamu rasakan itu nyata sehingga tidak mungkin terus diingkari. Tampak agak murung saat perasaan itu datang bukanlah hal yang salah.

Kamu tak perlu menampilkan diri berbeda dari perasaanmu sejauh masih dalam batas wajar. Artinya, ketika dirimu harus bekerja dan berhubungan dengan orang-orang, bersikaplah sewajarnya. Setelah kamu sendiri atau hanya bersama teman-teman dekat, kamu bisa menunjukkan ekspresi wajah yang sesuai dengan perasaanmu.

2. Cari tahu penyebabnya dan pikirkan kembali dengan lebih jernih

5 Hal yang Bisa Dilakukan saat Perasaanmu Tidak Baik-Baik Sajailustrasi perempuan duduk sendiri (pexels.com/Pixabay)

Bahkan jika kamu merasa sudah mengerti penyebab dari memburuknya perasaanmu, coba cek lagi. Boleh jadi alasan yang sesungguhnya bukan itu.

Misal, atasan meminta hasil kerjamu diperbaiki. Kemudian perasaanmu campur aduk antara kesal dan malu. Pikirkan kembali apakah yang bikin kamu merasa demikian. Apakah karena harus mengulang pengerjaan suatu tugas atau lebih pada cara atasan dalam menyampaikannya? Atau malah sejak pagi suasana hatimu memang telah kurang baik oleh hal lain?

Memastikan penyebab perubahan perasaan dari positif ke negatif penting agar kamu tidak merasa kesal atau sedih pada segala hal dan semua orang. Ketidaktahuanmu mengenai hal tersebut dapat membuatmu bersikap buruk pada siapa saja dan menjadi masalah baru.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Perasaan Orang Lain Tanpa Perlu Merugikan Diri Sendiri

3. Minta seseorang untuk memberikan perspektif dari luar

5 Hal yang Bisa Dilakukan saat Perasaanmu Tidak Baik-Baik Sajailustrasi berbicara dengan teman (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Kamu memang merasa sedih, kecewa, dan sebagainya. Perasaan tersebut nyata kamu alami. Akan tetapi, apakah perasaan tersebut tepat atau sudut pandangmu tentang suatu peristiwa perlu diluruskan? Kamu butuh orang lain untuk membantu menilai dari sisi luar.

Contoh, kamu merasa tidak terima dengan sikap seseorang yang memarahimu. Namun, bila orang lain mengetahui duduk perkaranya, dia bisa menyadarkanmu. Misalnya, perbuatanmu memang keliru atau bahkan merugikan seseorang. Mungkin saja, lumrah untuknya marah kepadamu dan kamu sebaiknya segera menunjukkan rasa tanggung jawabmu ketimbang terbawa emosi.

4. Ambil waktu untuk menyendiri

5 Hal yang Bisa Dilakukan saat Perasaanmu Tidak Baik-Baik Sajailustrasi seorang perempuan (pexels.com/Chermiti Mohamed)

Menyingkir sejenak dari banyak orang juga mampu membuat perasaanmu lebih baik. Sebaliknya, membiarkan dirimu tetap berada di tengah mereka ketika perasaanmu buruk, kemungkinan akan merugikanmu dan orang lain.

Dalam keadaan kamu kurang mampu mengendalikan diri, bisa saja sikapmu pada semua orang menjadi negatif. Ingat, tak semua orang tahu dan peduli dengan perasaanmu saat ini. Mereka hanya tahu kamu bersikap kurang baik pada mereka tanpa alasan yang jelas.

5. Berada di alam terbuka bisa membantumu merasa lebih damai

5 Hal yang Bisa Dilakukan saat Perasaanmu Tidak Baik-Baik Sajailustrasi pria dan air terjun (pexels.com/Thenuka S Dilhara Hewawasam)

Kamu dapat memilih tempat menyendiri di mana saja. Akan tetapi, jika memungkinkan untuk berada di alam terbuka bakal lebih baik. Dirimu tak hanya memperoleh suasana yang lebih sepi dari orang-orang, melainkan juga udara yang lebih bersih dan limpahan cahaya matahari.

Walaupun kamu juga dapat menyendiri di kamar, rasa rileks yang diperoleh akan berbeda. Bila sulit untukmu bepergian jauh, berjalan-jalan di pagi hari atau duduk-duduk di taman kota sudah dapat membantu memperbaiki perasaanmu.

Untuk kamu yang sensitif, perasaanmu pasti lebih mudah berubah oleh beragam stimulus dari luar. Penting untukmu berhenti sejenak untuk "menyembuhkan" diri agar tidak terus berlarut dalam perasaan negatif. Tidak apa-apa jika kamu ingin menjauh sejenak dari orang lain, lakukan apa yang menurutmu bisa mengembalikan perasaanmu jadi normal kembali. Walau tak mudah, percayalah bahwa kamu bisa melakukannya, ya!

Baca Juga: 5 Tips Menghadapi Pasangan yang Gemar Menyinggung Perasaan

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya