Comscore Tracker

6 Hal yang Membentukmu Menjadi Perempuan yang Percaya Diri

#IDNTimesLife Gak minder-minder lagi

Sebagai perempuan, apakah kamu tergolong memiliki kepercayaan diri tinggi atau justru sebaliknya? Duh, sayang banget jika kamu termasuk yang kurang percaya diri.

Sedang bila kamu tergolong perempuan yang pede abis, selamat! Sebab kepercayaan dirimu bisa menjadi modal untuk meraih kesuksesan. Coba kami tebak, pasti enam hal di bawah inilah yang membuatmu menjadi perempuan percaya diri.

1. Kamu dibesarkan di keluarga yang mengajarkan kesetaraan gender

6 Hal yang Membentukmu Menjadi Perempuan yang Percaya DiriIlustrasi kesetaraan gender (pexels.com/cgardenhire12)

Cara orangtua mendidikmu dan saudara-saudaramu amatlah penting untuk membentuk karaktermu. Jika kalian dididik secara setara, orangtua gak cuma memprioritaskan anak cowok, kamu pasti akan tumbuh dengan kepercayaan diri.

Sebaliknya, kalau di rumah kamu seperti dianaktirikan hanya lantarkan kamu perempuan, saat besar kamu akan gampang minder. Terutama di hadapan lawan jenis. Jadi, kamu akan melanjutkan pendidikan kesetaraan gender pada anak-anakmu, kan?

2. Kamu punya pekerjaan yang bagus

6 Hal yang Membentukmu Menjadi Perempuan yang Percaya DiriIlustrasi perempuan mandiri (pexels.com/wayne-fotografias-1812121)

Gak bermaksud meremehkan perempuan yang memilih untuk gak bekerja. Akan tetapi, memiliki pekerjaan dan penghasilan sendiri memang sangat mendongkrak kepercayaan diri baik untuk laki-laki maupun perempuan.

Kamu jadi merasa gak bergantung banget pada orang lain termasuk pada pasangan. Dengan pekerjaan dan penghasilanmu, kamu bahkan bisa tampil di depan. Misalnya, menjadi leader untuk kegiatan sosial.

3. Kamu juga punya pendidikan yang bagus

6 Hal yang Membentukmu Menjadi Perempuan yang Percaya DiriIlustrasi pendidikan tinggi (pexels.com/wayne-fotografias-1812121)

Sama seperti soal pekerjaan. Sekalipun tingginya pendidikan bukan segala-galanya, faktor ini juga sangat memengaruhi kepercayaan diri siapa pun.

Meski tentu saja, ada pula yang tetap gampang minder sekalipun pendidikannya tinggi. Namun secara umum, tingginya tingkat pendidikan akan membuatmu lebih percaya diri. Kamu tahu banyak hal yang orang lain tidak tahu.

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Tingkatkan Rasa Percaya Diri, Anti Insecure!

4. Kamu terbiasa melakukan banyak hal seorang diri

6 Hal yang Membentukmu Menjadi Perempuan yang Percaya DiriIlustrasi kemandirian (pexels.com/lamiko)

Bakal susah untukmu memiliki kepercayaan diri jika kamu gak mandiri. Bukannya mandiri malah manja banget, apa-apa diuruskan oleh orang lain. Kamu jadi gak tahu kalau kamu sebenarnya bisa melakukannya sendiri.

Nah, dengan menjadi lebih mandiri, kamu mengerti betul apa-apa yang bisa kamu lakukan. Memang gak semuanya bisa dan perlu dilakukan sendiri. Namun mengetahui kemampuan diri adalah kunci dari kepercayaan diri.

5. Kamu gak menemukan alasan untuk minder

6 Hal yang Membentukmu Menjadi Perempuan yang Percaya DiriIlustrasi perempuan muda (pexels.com/cgardenhire12)

Kamu selalu berpikir seperti ini, 'Ngapain minder? Toh, semua orang pada dasarnya sama saja. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Kalau aku gak percaya diri, daftar kekuranganku malah bertambah.'

Cara berpikir yang sangat bagus! Kamu harus mempertahankannya karena kamu benar. Gampang minder bakal memperbanyak kekurangan dalam dirimu dan orang lain mudah sekali melihatnya.

6. Sadar kepercayaan diri akan membuatmu lebih dihargai orang

6 Hal yang Membentukmu Menjadi Perempuan yang Percaya DiriIlustrasi kepercayaan diri (pexels.com/xiaoming-tian-1469020)

Apa yang membuat orang sering diremehkan? Selain posisinya yang memang kurang menguntungkan dibandingkan orang yang menghina, tingkat kepercayaan diri juga berpengaruh.

Misal, penghasilanmu kalah besar dari mayoritas teman-temanmu. Namun jika kamu tetap pede, mereka malah salut dan gak terpikir untuk menghinamu. Mereka justru takut kamu akan membalas hinaan mereka dengan lebih menohok.

Menjadi perempuan yang percaya diri itu banyak untungnya. Kamu gak akan mudah terintimidasi oleh siapa pun. Teman lawan jenis pun akan lebih menghormatimu. Sudahkah kamu menjadi perempuan yang percaya diri?

Baca Juga: 5 Hal yang Dapat Kamu Lakukan untuk Belajar Percaya Lagi

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya