Comscore Tracker

5 Hal yang Membuat Mimpimu Sulit Terwujud, Cari Tahu Yuk

#IDNTimesLife Jadikan pelajaran biar gak terulang lagi

Punya mimpi adalah satu hal. Di luar itu, masih banyak yang harus kamu lakukan agar mimpimu bisa terwujud. Namun bagaimana ya, kalau setelah berusaha, mimpimu gak juga menjadi nyata?

Bukannya menjadi kenyataan, malah seperti makin jauh saja darimu. Bukan gak mungkin, memang ada beberapa 'kekeliruan' yang tanpa sadar kamu lakukan. Yuk, simak uraiannya biar kamu gak mengulanginya lagi.

1. Mimpimu gak sesuai dengan kemampuanmu

5 Hal yang Membuat Mimpimu Sulit Terwujud, Cari Tahu YukUnsplash.com/jonathanborba

Bukan mengecilkan kemampuanmu. Namun nyatanya, di dunia ini ada begitu banyak bidang yang bisa digeluti sedangkan kemampuan manusia terbatas. Artinya, wajib untukmu mengenal diri sendiri dengan baik.

Bidang apa yang benar-benar kamu sukai dan kamu bisa melakukannya dengan cukup bahkan lebih baik daripada kebanyakan orang? Kalau kamu tahu persis soal ini dan mimpimu sesuai, dijamin mewujudkannya akan lebih mudah. Meski tentu saja, tetap butuh proses.

2. Gak membangun jaringan

5 Hal yang Membuat Mimpimu Sulit Terwujud, Cari Tahu YukUnsplash.com/canweallgo

Maksudnya, kamu harus berada di lingkungan yang tepat. Misal, kamu ingin menjadi pengusaha. Tentu saja kamu harus mencari akses agar bisa berada di tengah para pengusaha. Jangan berpikir ini sulit.

Sekarang kan, banyak pengusaha yang punya akun media sosial, mengisi seminar, atau menulis buku tentang pengalamannya. Ceburkan dirimu ke sana. Begitu pula jika kamu ingin menjadi penulis.

Ikuti akun para penulis, penerbit, dan media massa. Ini akan membuatmu berada di lingkungan yang mendukung tercapainya mimpimu. Zaman sekarang, cuma modal medsos saja bisa kok!

3. Kurang gigih dan sabar

5 Hal yang Membuat Mimpimu Sulit Terwujud, Cari Tahu YukUnsplash.com/stephaniemccabe

Seperti disebutkan dalam poin pertama, sekalipun mimpimu sudah sesuai dengan kemampuanmu, bukan berarti gak butuh proses. Sebesar apa pun bakat dan minatmu di suatu bidang, kamu tetap harus gigih dan sabar. Dua hal ini harus selalu beriringan.

Kamu tahu harus terus berjuang, gak menyerah oleh kegagalan beruntun. Namun di sisi lain juga harus bisa bersabar. Kalau gak, dalam berjuang kamu pasti serba tergesa-gesa. Hanya mengejar cepat dan malah bikin ikhtiarmu gak tepat sasaran.

Baca Juga: Kamu Akan Susah Meraih Kesuksesan Jika Masih Membiasakan 5 Hal Ini

4. Mentah-mentah meniru cara orang lain

5 Hal yang Membuat Mimpimu Sulit Terwujud, Cari Tahu YukUnsplash.com/foxy_mouse

Kamu memang perlu belajar dari orang lain. Salah satunya, mempelajari cara mereka meraih mimpi yang sama dengan mimpimu. Namun ingat, sekalipun mimpinya sama, caranya belum tentu sesuai untukmu.

Dengan kemampuan dan rintangan yang berbeda, kamu perlu memikirkan caramu sendiri. Kalau hanya asal meniru cara orang lain dan gak berhasil, nanti kamu akan merasa kesal. Kamu berpikir, 'Dia bisa, kok aku gak?'

Lalu mulai berpikir yang aneh-aneh seperti dia pasti punya koneksi orang dalam, berbuat curang, atau keberhasilannya semata-mata keberuntungan. Padahal, cara berpikir seperti ini gak akan membawamu ke mana-mana. Malah hanya akan membuatmu mengalami kemunduran.

5. Termakan omongan orang

5 Hal yang Membuat Mimpimu Sulit Terwujud, Cari Tahu YukUnsplash.com/jarson

Saat kamu mulai berjuang, kamu juga akan mulai mendengar berbagai omongan orang tentang mimpimu. Mungkin ada yang menyemangatimu. Namun lebih banyak lagi yang akan meruntuhkan semangatmu.

Seperti bilang kamu gak mungkin bisa atau mimpimu itu gak prospektif. Bahkan setelah perjuanganmu berlangsung lama, orang-orang yang semula mendukungmu mungkin satu per satu berbalik pergi.

Soalnya, kemajuanmu lambat sekali sehingga mereka gak yakin lagi kamu akan berhasil. Kalau sudah begini, bola benar-benar ada di kamu. Mau terus kamu mainkan atau berhenti? 

Mewujudkan mimpi memang gak pernah semudah membalik telapak tangan. Namun kalau lima hal di atas terjadi padamu, jelas akan lebih sulit lagi. Kamu perlu melihat kembali mimpi dan caramu berusaha mewujudkannya selama ini.

Baca Juga: 5 Cara agar Kita Termotivasi dan Gak Iri Lihat Kesuksesan Orang Lain

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya