Comscore Tracker

5 Hal yang Membuat Urusan Meminta Maaf Jadi Gak Mudah

#IDNTimesLife Bukan karena tingginya egomu

Tingginya ego memang bisa menghambatmu dalam mengakui kesalahan dan meminta maaf pada orang lain. Namun gak semua sulitnya proses meminta maaf terjadi karena egomu ketinggian.

Kadang masalahnya justru ada pada orang lain. Kamu sih, sudah berusaha untuk memperbaiki hubungan. Namun dia seperti amat enggan. Berikut penjelasan selengkapnya yang sayang dilewatkan. Scroll terus ya!

1. Ini bahkan bukan kesalahanmu, tetapi kamu harus memperbaiki situasinya

5 Hal yang Membuat Urusan Meminta Maaf Jadi Gak MudahUnsplash.com/onlywhite

Misalnya, yang sebenarnya bersikap buruk pada seseorang adalah temanmu. Namun saat peristiwa itu terjadi, kamu juga ada di sana. Sementara temanmu gak mau meminta maaf atau malah meninggalkan begitu saja kekacauan yang dibuatnya.

Bola panas jadi ada di tanganmu. Kalau kamu ingin ketegangan mereda, kamu yang harus maju untuk meminta maaf. Paling gak, biar kamu gak disebut sama menjengkelkannya dengan temanmu. Tentu ini gak mudah buatmu.

Kamu harus mengalah demi situasi gak memburuk. Bagus kalau orang itu lega karena setidaknya telah ada di antara kalian yang mau meminta maaf. Namun bagaimana jika dia malah makin tersinggung dan menganggapmu cuma menggampangkan urusan?

2. Dia bahkan menutup jalur komunikasi di antara kalian

5 Hal yang Membuat Urusan Meminta Maaf Jadi Gak MudahUnsplash.com/frankiefoto

Kamu sudah menyiapkan kalimat-kalimat terbaik untuk meminta maaf dan menunjukkan penyesalanmu. Kamu bahkan sudah siap dengan ganti rugi atas perbuatanmu dan mungkin juga tambahan bingkisan.

Namun dia gak pernah mau ditemui. Ditelepon, gak diangkat. Dikirimi pesan boro-boro dibalas, dibuka saja gak. Bahkan dia mungkin sampai ganti nomor. Didatangi alamat indekosnya, ternyata sudah pindah.

Semua temannya juga kompak membantunya menghilang dari radarmu. Bahkan akun media sosialnya pun sampai gak aktif. Kamu jadi gak tahu lagi harus bagaimana.

3. Dia gak pernah mau mendengarkan penjelasanmu, hanya berkeras menyudutkanmu

5 Hal yang Membuat Urusan Meminta Maaf Jadi Gak MudahUnsplash.com/brookecagle

Kalian sudah duduk bersama. Kamu sudah meminta maaf berkali-kali diikuti penjelasan kenapa kamu sampai melakukan kesalahan itu. Namun dia gak sedikit pun mau menerima penjelasanmu.

Dia berkeras dengan penilaiannya sendiri. Dia tetap menyalahkanmu sampai lama-kelamaan kamu seperti sedang dijatuhi hukuman yang jauh lebih berat daripada kesalahan yang dilakukan.

Baca Juga: 5 Hal yang Dipelajari Anak ketika Orangtua Mau Meminta Maaf Padanya

4. Dia malah mempermasalahkan hal-hal lain yang dahulu gak jadi masalah

5 Hal yang Membuat Urusan Meminta Maaf Jadi Gak MudahUnsplash.com/joshrh19

Dia melebar ke mana-mana, gak fokus dengan kesalahan yang sedang kamu mintakan maafnya. Entah karena selama ini dia sering memendam kekesalan padamu atau cuma cari-cari perkara, yang jelas banyak sekali yang kemudian dipersoalkannya.

Semua yang pernah kamu lakukan di masa lalu diungkit dan disalahkannya. Padahal selama ini dia gak pernah meributkannya. Saking gak menyangka hal-hal seperti itu akan dianggap sebagai kesalahan, kamu sampai gak ingat sebagiannya.

5. Dia menghadapkanmu pada pilihan-pilihan yang sulit agar dimaafkan

5 Hal yang Membuat Urusan Meminta Maaf Jadi Gak MudahUnsplash.com/burst

Misal, pacarmu cemburu banget sama salah satu rekan kerjamu yang lawan jenis. Kamu meminta maaf padanya kalau-kalau sikapmu terkesan terlalu hangat pada teman kantor. Kamu janji akan lebih berhati-hati dalam membawa diri.

Namun bukannya lekas memaafkanmu, pacarmu malah mengajukan tuntutan. Kalau kamu mau dimaafkan, kamu harus memilih di antara mereka berdua. Pilihan pertama, tetap jadi pacarnya dan berhenti berdekatan dengan rekan kerja yang dicemburuinya.

Pilihan kedua, kamu dan teman kantormu tetap berinteraksi seperti biasanya, tetapi itu berarti hubungan kalian berakhir saat ini juga. Duh, langsung pusing tujuh keliling, kan? Namanya satu kantor, kamu dan rekanmu pasti akan tetap sering bertemu bahkan berada dalam satu tim.

Dari kelima situasi rumit di atas, mana saja nih, yang pernah kamu alami? Salut banget deh, kalau kamu tetap bisa mengatasinya dengan bijaksana.

Baca Juga: Dikenal Pendendam, 5 Zodiak Ini Paling Sulit Memberi Maaf

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya