Comscore Tracker

6 Hal yang Mengurangi Waktu Tidur, Bikin Ngantuk Seharian

Kalau terus-terusan dilakukan, kamu bisa sakit

Buat kamu yang sudah beraktivitas sejak pagi sampai sore, tidur malam menjadi satu-satunya waktu untuk mengisi ulang energi sampai penuh kembali. Jadi, sebisa mungkin waktu tidurmu memang harus cukup karena sudah tak bisa tidur siang.

Namun, tidur malam setelah seharian beraktivitas pun ternyata kadang gak mudah. Tanpa sadar, kamu justru melakukan hal-hal yang memangkas waktu istirahatmu seperti berikut ini.

1. Asyik main medsos atau berbalas chat

6 Hal yang Mengurangi Waktu Tidur, Bikin Ngantuk Seharianilustrasi membuka media sosial (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Barangkali selama bekerja, kamu gak sempat membuka HP. Oleh karena itu, kamu baru dapat membuka media sosial dan membalas chat setibanya di rumah.

Gak masalah kalau kamu tahu batasan waktunya. Bila tidak, tanpa terasa kamu dapat menghabiskan terlalu banyak waktu buat kedua hal tersebut.

Setiap melihat jam, kamu selalu berpikir, sebentar lagi deh. Eh, tahu-tahu sudah lewat tengah malam.

2. Kebablasan membaca buku atau menonton film

6 Hal yang Mengurangi Waktu Tidur, Bikin Ngantuk Seharianilustrasi membaca di malam hari (pexels.com/cottonbro)

Sebenarnya dua hal ini juga dapat menjadi cara untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran dari pekerjaan. Hanya saja, saking serunya buku yang dibaca atau film yang ditonton, kamu dapat lupa waktu.

Rasanya tanggung setiap kamu hendak menyudahinya. Belum lagi jika temanya sangat memengaruhi pikiranmu. Setelah selesai membaca atau menonton, kamu masih saja memikirkannya dan menjadi sulit terlelap.

3. Bekerja sampai malam

6 Hal yang Mengurangi Waktu Tidur, Bikin Ngantuk Seharianilustrasi menulis di kamar (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Semangat untuk menjaga produktivitasmu memang patut diacungi jempol. Namun, tidak bijaksana juga kalau produktivitasmu hari ini justru menghambat produktivitasmu besok lantaran lembur mengurangi waktu tidurmu.

Lebih baik kamu menetapkan batasan waktu untuk bekerja. Boleh lembur hanya ketika sangat terpaksa. Bila tidak ada yang mendesak, lanjutkan pekerjaanmu besok saja. Masih ada hari, kok.

Baca Juga: Wah, Ternyata 6 Jenis Makanan Ini Bikin Kamu Sulit Tidur Lho

4. Kebanyakan berkhayal

6 Hal yang Mengurangi Waktu Tidur, Bikin Ngantuk Seharianilustrasi asyik berkhayal (pexels.com/Wilson Vitorino)

Apakah kamu suka membayangkan dirimu hidup dalam kondisi yang berbeda ketika menjelang tidur? Atau berkhayal jadian sama gebetan? 

Sebelum tidur memang menjadi waktu yang menyenangkan buat berkhayal. Belum jadi kenyataan pun, berkhayal sudah memberikan rasa senang. Apalagi kalau sampai terbawa ke alam mimpi.

Sayangnya, bukannya bikin cepat pulas, pikiran yang terbang ke mana-mana justru dapat membuatmu cuma merasa capek tapi mata melek terus.

5. Harus menemani anak yang belum mengantuk

6 Hal yang Mengurangi Waktu Tidur, Bikin Ngantuk Seharianilustrasi menemani anak (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Sebagai orangtua, penyebab yang satu ini memang sukar dihindari. Terlebih ketika waktu tidur anak belum teratur. Tidur siangnya mundur menjadi sore hari sehingga malamnya ia tak kunjung mengantuk.

Sudah dibujuk-bujuk pun belum tentu anak bisa tidur. Gak mungkin juga kan kamu meninggalkannya bermain sendiri? Nanti terjadi sesuatu yang berbahaya padanya.

Kamu memaksakan diri untuk tetap menemaninya meski sambil terus menguap seperti dalam ilustrasi.

6. Terjaga dan gak bisa tidur lagi

6 Hal yang Mengurangi Waktu Tidur, Bikin Ngantuk Seharianilustrasi tidur (pexels.com/Matheus Ferrero)

Kencing di malam hari, keributan yang dibuat tetangga, korsleting listrik, gempa kecil, atau angin kencang dapat membuatmu terjaga dan sulit tidur lagi. Akibatnya, kamu hanya berguling-guling di tempat tidur.

Hari sudah menjelang pagi ketika kantuk akhirnya kembali datang. Kalau sudah begini, masih bagus kamu tak bangun kesiangan. Akan tetapi, kamu bisa bangun dengan sakit kepala dan rasa capek, lho.

Bila waktu tidurmu di malam hari telanjur kurang, mau tidak mau kamu memang harus menggantinya dengan tidur siang barang sebentar. Selain itu, belajarlah juga untuk mendisiplinkan diri dan mengatur ulang waktu tidurmu maupun anak. Semoga di hari-hari berikutnya tidurmu nyenyak dan cukup waktunya.

Baca Juga: Mau Tidur Pulas? Hindari Olahraga 2 Jam Sebelum Tidur, Ini Alasannya!

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya