Comscore Tracker

5 Hal yang Perlu Diingat biar Gak Terlalu Mengkhawatirkan Hidupmu

#IDNTimesLife Jangan sedikit-sedikit merasa gagal

Di usia dewasa awal, rasa gak puas dengan hidup sendiri mendera banyak orang. Kamu terlalu banyak melihat pada kehidupan orang-orang di sekitarmu lalu merasa begitu hampa saat melihat kehidupan sendiri.

Jika kamu masih bisa menjadikannya motivasi untukmu bekerja lebih giat dan terus mengembangkan diri, itu bagus. Namun jika kamu sudah merasa tertekan dan semangatmu terus menurun, kamu harus lekas mengingat kelima hal berikut ini.

1. Banyak orang terbelit masalah keuangan bukan karena kecilnya penghasilan melainkan kurang bijaksana dalam mengelolanya

5 Hal yang Perlu Diingat biar Gak Terlalu Mengkhawatirkan HidupmuUnsplash.com/jeremyperkins

Masalah uang memang kerap menjadi sumber pikiran. Dan ingin memiliki penghasilan yang lebih besar daripada saat ini tentu boleh-boleh saja. Namun jangan tergesa-gesa menyimpulkan hidupmu pasti akan lebih mudah dan bahagia dengan penghasilan sebesar-besarnya.

Bukan besarnya penghasilan yang menjamin hidupmu akan berjalan dengan baik. Namun kebijaksanaan dalam mengelolanya. Bila penghasilan besar tetapi pengeluaran juga membengkak berlipat-lipat bahkan mengajukan kredit dengan nilai amat besar, itu bisa mengantarkanmu pada kebangkrutan.

Jadi, bukan hanya meningkatkan pendapatan yang penting melainkan juga meningkatkan kemampuanmu dalam mengelolanya. Orang berpenghasilan lebih besar belum tentu lho, punya lebih banyak tabungan atau investasi daripada orang berpenghasilan di bawahnya.

2. Berusaha mengumpulkan banyak uang ada baiknya juga, tetapi yang terpenting adalah memastikan caranya benar

5 Hal yang Perlu Diingat biar Gak Terlalu Mengkhawatirkan HidupmuUnsplash.com/edoronila

Saat kamu memutuskan untuk menambah penghasilan, kamu gak boleh melepaskan peganganmu dari cara-cara yang benar untuk mendapatkannya. Jangan malah menghalalkan segala cara hanya demi mengejar pemasukan ekstra.

Padahal tanpa melakukannya pun, kamu sebenarnya sudah bisa hidup layak. Pun setiap cara yang gak baik pasti ada konsekuensinya. Jangan sampai untuk sesaat kamu merasa diuntungkan, tetapi di kemudian hari kamu malah terjerat banyak kasus.

3. Hidup bukan perlombaan sehingga gak perlu takut kamu terlambat dibandingkan orang-orang

5 Hal yang Perlu Diingat biar Gak Terlalu Mengkhawatirkan HidupmuUnsplash.com/remi_boyer

Teman-temanmu sudah berkeluarga dan kamu belum. Teman-temanmu sudah punya ini itu sebagai lambang kemapanan, tetapi kamu juga belum. Semua ini terlihat sebagai masalah besar tetapi sebenarnya tidak juga.

Hanya kamu yang mengetahui kebutuhan dan usahamu. Apakah berkeluarga memang sudah menjadi kebutuhanmu saat ini atau malah kamu masih suka melajang? Apakah kamu sudah bekerja cukup giat atau masih banyak bermalas-malasan?

Jika kamu bahkan tidak merasa membutuhkan sesuatu sekalipun banyak orang merasa sebaliknya, maka tidak memilikinya bukanlah keterlambatan. Jika kamu sudah berusaha untuk mendapatkan sesuatu seperti yang dimiliki orang lain tetapi belum juga berhasil, itu juga gak serta-merta berarti kamu payah. Setiap orang memiliki waktu masing-masing, kan?

Baca Juga: 5 Alasan Memiliki Standar Hidup Sendiri Buatmu Lebih Bahagia

4. Hidup selalu tentang perjuangan, kamu tidak harus menang saat ini juga sehingga berkali-kali gagal pun bukan masalah besar

5 Hal yang Perlu Diingat biar Gak Terlalu Mengkhawatirkan HidupmuUnsplash.com/attentieattentie

Kalau sekarang belum berhasil, mungkin besok. Kalau besok belum juga berhasil, mungkin lusa. Kalau lusa juga masih sama saja, mungkin suatu saat nanti. Yang pasti, keberhasilan itu ada dan setiap usaha akan dibalasi.

Capek? Tentu saja. Kamu bisa beristirahat sejenak, tetapi bukan berhenti. Istirahatmu juga perlu dibatasi supaya konsistensimu terjaga. Sebab jika istirahatmu terlalu lama, konsistensimu akan buruk. Itu memperkecil peluang keberhasilmu.

5. Standar kebahagiaan dan kesuksesanmu mungkin berbeda dari orang-orang, itu tanda kamu telah menemukan dirimu yang sejati

5 Hal yang Perlu Diingat biar Gak Terlalu Mengkhawatirkan HidupmuUnsplash.com/mlle_moka

Kamu mungkin merasa terintimidasi oleh beberapa orang yang mentertawakan definisi kebahagiaan dan kesuksesanmu. Mereka bilang standar kebahagiaan dan kesuksesanmu rendah banget dan kamu kurang ambisius. Bagi mereka, standarmu gak berarti apa pun.

Penting untuk dipahami, hidupmu memang bukan tentang mereka melainkan dirimu sendiri. Bila standar kebahagiaan dan kesuksesan seperti itulah yang membuatmu merasa utuh sebagai manusia, ikuti saja.

Sama sepertimu yang gak nyaman bila harus mengikuti standar kebahagiaan dan kesuksesan orang lain, mereka juga gak akan suka bila kamu memaksakan standarmu pada mereka kok. Standarmu adalah jawaban atas apa-apa yang paling kamu butuhkan dalam hidupmu.

Kekhawatiran memang bisa muncul dengan atau tanpa alasan yang logis. Kekhawatiran yang perlu ditindaklanjuti hanyalah yang memiliki alasan jelas. Sebaliknya jika gak ada alasan yang benar-benar masuk akal, hidupmu sebenarnya sudah berjalan baik-baik saja. Buat dirimu tenang kembali dengan mengingat kelima hal di atas.

Baca Juga: 5 Sikap untuk Menaklukan Rasa Cemas dan Khawatir di Awal Pacaran

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya