Comscore Tracker

5 Hal yang Perlu Dilakukan biar Kamu Dikenal Punya Prinsip

#IDNTimesLife Sangat meningkatkan wibawamu, lho!

Punya prinsip itu penting buat membentengimu dari pengaruh buruk orang lain. Kamu jadi gak gampang terombang-ambing karena sudah punya acuan yang jelas dalam bersikap. Namun apa jadinya kalau di usia sedewasa sekarang, kamu masih sering dibilang gak punya prinsip?

Kamu sendiri mungkin gak akan menyadarinya kalau gak ada orang yang berkali-kali mengatakannya padamu. Tentu kamu juga gak ingin dong, selamanya seperti ini? Gak usah bingung. Kamu bisa banget belajar menjadi pribadi yang berprinsip kuat dengan menerapkan lima kiat berikut ini.

1. Jangan sekadar membenarkan yang biasa, tetapi biasakanlah yang benar

5 Hal yang Perlu Dilakukan biar Kamu Dikenal Punya PrinsipUnsplash.com/skucinic9

Apa-apa yang dilakukan banyak orang dalam waktu lama itu gak selalu benar, lho. Makanya, kamu gak boleh cuma ikut-ikutan orang. Kamu harus kritis. Pikirkan baik-baik apakah sesuatu memang benar dan sesuai dengan tempat serta kondisi atau gak. 

Kalau mayoritas orang terbiasa melakukan sesuatu yang keliru dan kamu tahu yang lebih tepat, lakukanlah yang lebih tepat itu. Sekalipun kamu jadi tampak melawan arus, cepat atau lambat kamu justru akan menciptakan perubahan. Orang-orang pasti akan mulai menirumu.

2. Kalau hendak berubah sikap, pastikan alasannya kuat

5 Hal yang Perlu Dilakukan biar Kamu Dikenal Punya PrinsipUnsplash.com/bbh_singapore

Orang yang punya prinsip kuat itu gak sama dengan orang yang kaku banget atau terlalu keras kepala. Kamu masih boleh bersikap berbeda atas kejadian yang serupa asalkan ada pertimbangan yang matang. Misalnya, mempertimbangkan situasi pada saat itu.

Di situasi yang biasa dengan darurat, tentu saja tindakanmu akan berbeda bukan? Namun secara umum, apa-apa yang menjadi prinsipmu itu gak berubah. Jika perubahan sikapmu gak dilatarbelakangi alasan yang kuat, kamu akan menjadi plinplan.

3. Jangan terlalu sering bilang, "Aku ikut kamu saja deh."

5 Hal yang Perlu Dilakukan biar Kamu Dikenal Punya PrinsipUnsplash.com/edgemodelsandtalent

Memang ada kalanya kamu perlu mengikuti pandangan bahkan petunjuk dari orang lain. Contohnya, petunjuk dari para ahli. Kalau kamu selalu berkeras dengan pandanganmu sendiri, kamu malah bisa tersesat. 

Akan tetapi jangan lantas seperti orang yang malas berpikir atau gak punya keberanian untuk menentukan sikap sendiri, ya! Jangan sedikit-sedikit terserah orang lain dan kamu tinggal mengikutinya. Ada waktunya kamu perlu dipandu orang lain, tetapi hampir selalu kamu adalah pemimpin untuk diri sendiri.

Baca Juga: Makin Dewasa, 5 Prinsip Hidup Ini Harus Kamu Pegang Selamanya

4. Jangan mau diajak melakukan sesuatu yang bertentangan dengan keyakinanmu

5 Hal yang Perlu Dilakukan biar Kamu Dikenal Punya PrinsipUnsplash.com/bbh_singapore

Sampai kamu meyakini sesuatu kan, tentu ada alasan yang kuat. Mungkin itu terkait ajaran dalam agamamu, didikan orangtua, atau hasil kamu belajar dari pengalaman sendiri maupun orang lain. Jadi, gak bisa dianggap remeh.

Terlebih tentang konsep benar dan salah. Tanpa mengurangi kemampuanmu menoleransi sesuatu, kamu tetap harus punya prinsip tentang apa yang boleh dan gak boleh dilakukan. Diiming-imingi apa pun, jika kamu tahu itu perbuatan yang gak baik, ya jangan mau. Terlepas dari siapa pun yang mencoba memengaruhimu.

5. Gak perlu tergesa-gesa dalam bersikap, yang penting tepat

5 Hal yang Perlu Dilakukan biar Kamu Dikenal Punya PrinsipUnsplash.com/kp_12

Kadang-kadang, orang hanya ingin bertindak secepat mungkin. Seakan-akan segala sesuatu kalau berjalan sedikit saja lebih lambat akan berakibat fatal. Padahal, tindakan tergesa-gesa itulah yang membuat mereka gak berhati-hati.

Akibatnya, tindakan yang diambil cenderung serampangan, gak efektif bahkan gagal total, dan berubah-ubah. Oleh karena itu, kamu perlu menahan diri. Berpikirlah dahulu sebelum menyikapi apa pun.

Dengan begini, kamu tahu banget alasan-alasan mendasar di balik sikapmu. Tindakanmu akan lebih terarah dan bisa diberlakukan untuk banyak kondisi. Kamu jadi gak perlu berpikir berkali-kali hanya untuk mengatasi berbagai masalah yang kurang lebih sama, kan?

Kalau belum terbiasa punya prinsip, memang butuh usaha lebih untuk mendidik diri sendiri. Namun nanti kamu akan merasakan betapa enaknya menjadi orang dewasa yang gak lagi gampang bingung dalam menentukan sikap. Jadi, lakukan kelima kiat di atas secara konsisten, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Kita Gak Seharusnya Memegang Prinsip Hidup untuk Hari Ini

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya