Comscore Tracker

6 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Menenangkan Diri dari Masalah

Jangan sampai jadi tambah rumit, ya!

Daripada menuruti emosi, memang jauh lebih baik bila kamu menenangkan diri terlebih dahulu. Dengan begini, diharapkan tindakan-tindakanmu akan terkendali dan benar-benar mendekatkanmu pada solusi.

Sebaliknya bila emosimu meledak, kamu hanya akan menciptakan masalah baru. Hanya saja, seperti apa persisnya cara menenangkan diri yang efektif itu? Enam hal berikut ini gak boleh kamu abaikan.

1. Pastikan kamu gak bikin cemas orang-orang di sekitarmu

6 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Menenangkan Diri dari MasalahUnsplash.com/szolkin

Dalam rangka menenangkan diri, kamu mungkin butuh menyendiri untuk beberapa waktu. Bisa hanya beberapa jam, sehari, seminggu, bahkan lebih dari itu tergantung besar kecilnya masalah.

Namun bila kamu perlu menyendiri lumayan lama, sebaiknya kamu memberitahukannya pada orang-orang terdekatmu. Tujuannya jelas, biar mereka gak terlalu mengkhawatirkanmu. Jangan tiba-tiba menghilang atau terus mengunci diri di kamar.

2. Cobalah melihat permasalahannya secara lebih jernih

6 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Menenangkan Diri dari MasalahUnsplash.com/nathan_mcb

Saat sesuatu yang buruk tiba-tiba terjadi, ketidaksiapan membuatmu bereaksi sangat emosional. Logika berkurang ketajamannya dan kamu sangat subjektif dalam melihat persoalan itu.

Seiring berjalannya waktu dan emosimu reda, kamu harus belajar melihat kembali duduk perkaranya dari berbagai sisi. Bukan tidak mungkin, persoalannya sebenarnya gak separah yang kamu pikirkan.

Baca Juga: 5 Momen yang Membuatmu Perlu Menenangkan Diri, Jangan Tergesa-gesa

3. Bila ada orang lain yang terlibat, pastikan sebelumnya kamu gak memendam ketidaksukaan padanya

6 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Menenangkan Diri dari MasalahUnsplash.com/ardaygreta

Sering kali, yang membuatmu sangat kesal bukanlah masalah itu sendiri melainkan siapa saja orang yang terlibat di dalamnya. Bila yang terlibat adalah orang-orang yang selama ini cukup kamu sukai, kamu lebih bisa menoleransi kesalahan apa pun yang mereka lakukan.

Sebaliknya, jika yang terlibat dalam masalah itu adalah orang-orang yang kurang kamu sukai, kamu akan cenderung untuk makin menyudutkan mereka. Tanpa sadar, kamu sebenarnya sedang meluapkan ketidaksukaanmu pada mereka yang selama ini kamu pendam.

4. Cobalah berpikir berbeda dari yang saat ini kamu yakini

6 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Menenangkan Diri dari MasalahUnsplash.com/joelvalve

Kamu mengira masalah ini akan sulit sekali untuk dipecahkan. Maka cobalah berpikir tentang kemungkinan solusinya sebenarnya mudah saja.

Kamu menduga akan terjadi benturan keras antara dirimu dengan orang lain karena tidak ada yang mau mengalah. Maka bayangkanlah sikapnya ternyata tidak sekeras itu.

Bahkan dia benar-benar bisa memaklumi apa yang telah terjadi dan jika kamu ada salah, dia telah memaafkanmu sebelum kamu memintanya. Berpikir berbeda dari keyakinanmu ini penting agar kamu tak telanjur memercayai sesuatu yang belum tentu benar.

5. Dekatkan diri pada Tuhan

6 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Menenangkan Diri dari MasalahUnsplash.com/majidsadr

Baik saat berhadapan dengan masalah kecil maupun besar, sudah semestinya kamu menyertakan Tuhan agar tak salah melangkah. Akan tetapi dalam perkara-perkara yang lebih serius, ini menjadi makin gak boleh kamu abaikan.

Dia tahu apa-apa yang tidak kamu ketahui dan segala urusan mudah bagi-Nya. Sayang sekali bila kamu tidak melibatkan-Nya dalam pemecahan masalahmu. Pun hanya dengan mengingat-Nya, kamu akan merasa tenang.

6. Berjanjilah pada diri sendiri untuk gak terlalu lama bersedih

6 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Menenangkan Diri dari MasalahUnsplash.com/catalinpop

Ini penting sebagai komitmen di awal bahwa kamu gak akan terlalu lama bersedih atau tenggelam dalam masalahmu. Benar, kamu butuh menenangkan diri. Namun kamu juga memerlukan batasan waktu.

Jangan sampai kamu terlalu lama menyingkir dari orang-orang dan meninggalkan rutinitasmu dengan dalih harus menenangkan diri. Nanti kamu menjadi terlalu manja.

Padahal waktu itu amat berharga dan setiap rutinitas yang ditinggalkan juga akan menimbulkan masalah. Jangan menumpuk masalah saat kamu seolah-olah sedang berusaha mengatasi salah satunya.

Terlebih dahulu menenangkan diri memang lebih baik ketimbang bertindak serampangan karena masih dikuasai emosi. Namun menenangkan diri juga gak boleh dilakukan dengan sembarangan.

 

Enam hal di atas akan membuat usahamu menenangkan diri gak sia-sia. Coba praktikkan saat kamu ada masalah, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Menenangkan Diri saat Ada Masalah

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya