Comscore Tracker

Harus Segera Diatasi, 5 Tanda Hidupmu Menuju Masalah Besar

#IDNTimesLife Semoga kamu gak mengalaminya

Sesekali punya masalah tentu hal yang biasa dialami semua orang. Namun gak semua masalah dalam hidup bisa dianggap biasa saja sehingga gak perlu diseriusi. 

Sebab, beberapa masalah boleh jadi sebenarnya telah membawamu ke ambang masalah yang jauh lebih besar. Lambat atau gak tepat sedikit saja dalam mengatasinya bisa mengacaukan hidupmu. Seperti lima masalah berikut ini.

1. Terjerat masalah keuangan

Harus Segera Diatasi, 5 Tanda Hidupmu Menuju Masalah BesarIlustrasi seseorang yang tertekan (unsplash.com/tusik)

Saat pekerjaanmu belum mapan benar, sesekali mengalami masalah keuangan adalah hal wajar. Misal, penghasilan masih pas-pasan banget sehingga kadang cukup, kadang kurang.

Namun, jika tahun demi tahun berlalu dan ini terus terjadi, bahkan penghasilanmu gak pernah lagi cukup, tentu kamu dalam masalah besar. Mungkin kamu jadi bergantung banget pada utang untuk membiayai hidup dan melunasi utang sebelumnya.

Terus seperti itu dan membuat hidupmu gak pernah tenang. Atau malah, utangmu menumpuk banyak sekali?

2. Karier yang gak berkembang atau bahkan terus menurun

Harus Segera Diatasi, 5 Tanda Hidupmu Menuju Masalah BesarIlustrasi pria berpikir (unsplash.com/brunocervera)

Buat beberapa orang, karier yang gak berkembang bukanlah masalah yang perlu terlalu dipikirkan. Bagi mereka, asal gaji sudah cukup, selalu menempati posisi yang sama sampai pensiun pun bukan masalah.

Namun, jika kondisi begini bikin kamu gak nyaman, kamu perlu mencari jalan keluar. Entah dengan memperbaiki kinerjamu atau pindah kerja bila tempat lama memang kurang menjanjikan.

Sebab, karier yang gak berkembang bisa berpengaruh pada kemampuanmu mencukupi kebutuhan hidup. Saat lajang masih cukup, tetapi setelah berkeluarga mungkin tidak. Apalagi kalau sampai kamu dipecat karena kinerja yang buruk. Penghidupanmu hilang!

Baca Juga: 8 Hal yang Gak Perlu Kamu Khawatirkan dalam Hidupmu

3. Masalah serius dengan orang-orang

Harus Segera Diatasi, 5 Tanda Hidupmu Menuju Masalah BesarIlustrasi wanita duduk sendiri (unsplash.com/kristsll)

Sesekali bermasalah dengan orang lain tentu biasa. Misalnya, karena kesalahpahaman saja. Namun bagaimana jika kamu seperti selalu bermasalah dengan siapa pun?

Atau, masalahmu dengan orang lain sering terlalu berat. Misalnya, kamu sampai dikejar-kejar orang yang meminta pertanggungjawabanmu atau sangat membencimu sehingga ingin membalas dendam. Selain bikin hidupmu gak tenang, kamu jelas bisa celaka.

4. Selalu merasa gak puas dengan diri sendiri

Harus Segera Diatasi, 5 Tanda Hidupmu Menuju Masalah BesarIlustrasi perempuan murung (unsplash.com/antorpaul)

Rasa gak puas pada diri sendiri kadang ada sisi positifnya. Kamu jadi terdorong untuk mengevaluasi diri. Seperti jika kamu belum maksimal dalam berusaha sehingga hasilnya pun gak sesuai harapan.

Ke depan, kamu akan berusaha lebih baik lagi. Akan tetapi kalau terlalu sering gak puas pada diri sendiri, kamu bisa menjadi gampang minder atau merasa dirimu gak berharga dan gak bisa apa-apa.

5. Mulai menggunakan obat-obatan terlarang

Harus Segera Diatasi, 5 Tanda Hidupmu Menuju Masalah BesarIlustrasi pria terpuruk (unsplash.com/jovanoti)

Jauhi yang satu ini! Obat-obatan terlarang bukan sesuatu yang boleh untuk dicoba-coba. Sebab kalau sudah menggunakannya, pasti sukar berhenti.

Lagi gak ada kerjaan, akhirnya menggunakan waktu luang buat mengonsumsi obat-obatan terlarang. Lagi banyak banget pekerjaan sampai stres, larinya juga ke obat-obatan terlarang.

Lagi sedih, obat terlarang diyakini bakal memperbaiki perasaanmu. Lagi bahagia karena sesuatu, rasanya juga gak afdal kalau gak merayakannya dengan mengonsumsinya. Kamu bakal kecanduan berat!

Masalah besar memang gak begitu saja muncul. Biasanya diawali dari masalah-masalah yang gak segera diatasi dengan baik seperti lima problem di atas. 

Bila hidupmu masih aman dari kelimanya, wajib untukmu berusaha menghindarinya. Namun, jika sudah telanjur ada yang menimpamu, lekas cari solusinya biar kamu gak terjebak masalah yang lebih berat.

Baca Juga: 5 Tanda kalau Dia Bisa Membuat Hidupmu jadi Lebih Baik dari Sebelumnya

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya