Comscore Tracker

Ingat 5 Hal Ini biar Kamu Lebih Mudah Bahagia daripada Sedih

#IDNTimesLife Jangan terlalu melow, ya!

Tanpa pernah merasakan kesedihan, manusia memang jadi gak tahu apa itu kebahagiaan. Ya, semua hal di dunia memang diciptakan berpasangan. Maka sedih dan bahagia juga akan selalu mewarnai kehidupanmu.

Hanya saja, kamu masih bisa melakukan berbagai usaha agar lebih sering merasa bahagia ketimbang sedih, lho. Dengan begini, suasana hatimu gak sepenuhnya bergantung pada hal-hal di luar sana. Ayo, ingat terus lima hal ini biar kamu lebih gampang merasa happy.

1. Boleh jadi ada yang bersenang-senang di atas kesedihanmu, lho!

Ingat 5 Hal Ini biar Kamu Lebih Mudah Bahagia daripada SedihPexels.com/2dreamersphoto

Kenyataannya, cuma sedikit orang yang betul-betul bisa berempati atas kesedihan yang kamu rasakan. Jauh lebih banyak yang gak cukup peduli karena mereka gak terlalu mengenalmu. Ada pula yang malah girangnya bukan main saban tahu kamu lagi sedih.

Yang terakhir memang terasa nyesek banget, ya? Namun begitulah adanya. Jadi, terserah padamu. Apakah kamu akan memberi banyak kesempatan untuk orang-orang seperti itu merayakan kesedihanmu? 

2. Bukan gak boleh bersedih, tetapi hadapi apa pun dengan sewajarnya saja

Ingat 5 Hal Ini biar Kamu Lebih Mudah Bahagia daripada SedihPexels.com/masharaymers

Malah aneh banget kalau kamu sama sekali gak bisa bersedih. Hanya saja, pastikan kesedihanmu sesuai ukurannya dengan penyebabnya. Jangan sampai penyebabnya sepele, tetapi seolah-olah kamu baru mengalami kejadian yang buruk banget.

Ini namanya lebay dan tanpa disadari, kamu mengeluarkan terlalu banyak energi untuk sesuatu yang gak sepenting itu. Sejauh kamu bisa bersikap sewajarnya dalam bersedih, kamu juga pasti akan lebih mudah merasa bahagia kok.

Ini sama seperti ruangan pesta. Asal kamu gak membiarkan orang-orang yang gak berkepentingan sembarangan memasukinya, semua tamu undangan pasti bisa tertampung. Jadi, jangan habiskan kapasitas hatimu hanya untuk bersedih, ya!

3. Kesedihan yang berlarut-larut akan merusak seluruh keseimbangan dalam hidupmu

Ingat 5 Hal Ini biar Kamu Lebih Mudah Bahagia daripada SedihPexels.com/aymyogaschool-1108919

Kalau sedihnya masih dalam batas wajar, banyak hal dalam hidupmu tentu masih bisa berjalan dengan cukup baik. Akan tetapi saat kesedihan itu berlarut-larut, kesehatanmu pasti mulai terganggu. 

Mungkin diawali dengan nafsu makan yang memburuk dan sulit tidur. Ujung-ujungnya, berbagai aktivitas gak bisa lagi berjalan normal. Kamu bahkan bisa bersikap sangat gak bersahabat pada semua orang saat kesedihan telah menguasaimu.

Baca Juga: 5 Tips Hidup Lebih Bahagia dengan Sikap Bodo Amat, Jadi Lebih Tenang!

4. Menyuburkan rasa cinta pada diri sendiri dan orang lain adalah tiket menuju kebahagiaan

Ingat 5 Hal Ini biar Kamu Lebih Mudah Bahagia daripada SedihPexels.com/louis-charles-blais-510066

Sampai di sini, kamu mungkin sudah bertekad, 'Ya, aku mau lebih mudah bahagia ketimbang bersedih!' Namun kamu masih bingung apa yang benar-benar bisa dilakukan untuk mewujudkannya.

Simpel saja, suburkanlah rasa cinta pada diri sendiri dan orang lain. Saat kamu telah sungguh-sungguh mencintai diri, kamu gak akan membiarkan dirimu terlalu sering terluka.

Sekalipun beberapa hal buruk gak bisa dihindari, kamu akan selalu sadar untuk menyikapinya dengan wajar seperti dalam poin 2. Lalu dengan rasa cintamu pada orang lain, kamu gak akan mudah merasa mereka semua sengaja menyakiti atau membuatmu bersedih.

5. Enakan mana, sedih atau bahagia? Sesimpel itu kok!

Ingat 5 Hal Ini biar Kamu Lebih Mudah Bahagia daripada SedihPexels.com/anezzaa-th-2284472

Kamu sudah merasakan sendiri akibat dari kebahagiaan maupun kesedihanmu. Dan, mana pernah hidupmu jadi terasa lebih enak saat bersedih? Nah, kalau sudah tahu sedih itu gak enak, kenapa kamu kayak betah banget?

Cobalah mengarahkan perasaanmu ke kondisi yang lebih positif. Cukup dengan bertekad untuk gak mau sedih berlama-lama, kamu juga pasti sudah merasa lebih baik kok. Diikuti melakukan poin 4 dan mengingat ketiga poin pertama, dijamin senyum dan tawa akan lebih sering mewarnai hari-harimu.

Siapa pun memang gak bisa meminta dunia selalu menyenangkan dirinya. Maka mau gak mau, kamulah yang harus melakukan usaha lebih agar hidupmu gak terasa selalu berjarak dengan kebahagiaan. 

Baca Juga: 5 Alasan Memiliki Standar Hidup Sendiri Buatmu Lebih Bahagia

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya