Comscore Tracker

Ingat 5 Hal Ini Biar Kamu Selalu Punya Semangat untuk Memajukan Hidup

#IDNTimesLife Hidupmu jangan begitu-begitu saja

Kemajuan dalam hidupmu bisa dilihat dari banyak aspek. Di antaranya adalah kesejahteraan yang makin baik, wawasan yang terus bertambah, dan tentunya kamu bisa mengamalkan ilmu yang dimiliki bukan cuma untuk diri sendiri melainkan orang banyak. Menarik, kan? Gak mungkin kamu gak menginginkan hidup yang seperti ini.

Namun untuk memiliki hidup yang gak stagnan, kamu juga gak bisa cuma berpangku tangan. Kamu harus aktif, mau berusaha. Usahamu itulah yang paling utama. Jelas gak akan semudah membalik telapak tangan. Maka untuk menjaga semangatmu, lima hal berikut ini harus selalu kamu ingat.

1. Bersemangatlah menimba ilmu karena gak semua orang punya keleluasaan untuk itu 

Ingat 5 Hal Ini Biar Kamu Selalu Punya Semangat untuk Memajukan HidupUnsplash.com/aginsbrook

Faktanya, gak semua orang bisa menuntut ilmu sampai perguruan tinggi. Jangankan kuliah, yang gak bisa menyelesaikan pendidikan sembilan tahun pun ada. Bukan karena gak ingin sekolah melainkan berbagai kendala seperti masalah ekonomi dan keluarga. Jadi kalau kamu sudah disekolahkan orangtua, jangan disia-siakan.

Jangan pamit ke sekolah atau kampus, tetapi ternyata cuma pergi main. Pun pendidikan formal hanyalah salah satu cara meraih ilmu. Di luar itu, kamu masih harus melahap berbagai buku dan sumber informasi yang bermanfaat. Biar pengetahuanmu terus bertambah. Juga, belajarlah dari pengalaman diri sendiri maupun orang lain.

2. Perjalanan mendaki memang sulit, tetapi hasilnya akan sepadan 

Ingat 5 Hal Ini Biar Kamu Selalu Punya Semangat untuk Memajukan HidupUnsplash.com/patricktravelist

Semua hal dalam hidup ini memang butuh usaha. Makin hebat yang diinginkan, makin besar tebusan yang harus kamu berikan. Gak apa-apa sekarang kamu bersusah-susah dahulu. Yang penting kelak kamu akan menikmati hasilnya.

Daripada sekarang kelewat santai dan bersikap masa bodoh, lalu kelak menyesalinya, kan? Bayangkan ini seperti perjalanan mendaki gunung. Betapa capeknya kamu untuk bisa sampai di puncak. Namun setibanya di sana, semua lelahmu terbayar lunas. Bayangkan hasil akhirnya biar kamu tetap semangat.

3. Ingat, perjuanganmu juga untuk orang-orang yang kamu sayangi dan menyayangimu 

Ingat 5 Hal Ini Biar Kamu Selalu Punya Semangat untuk Memajukan HidupUnsplash.com/radsupercell

Kamu punya keluarga. Baik itu orangtua, saudara, anak, maupun pasangan. Sedikit banyak, pasti ada dong, keinginan untuk membuat mereka merasa bangga padamu? Kalau ya, gak ada lagi alasan untuk bermalas-malasan. Kamu harus antusias menjalani hidupmu.

Bekerjalah dengan keras dan cerdas. Keberhasilanmu tentu akan membuat mereka bangga. Sekalipun mereka gak pernah minta apa-apa darimu, benar-benar menerimamu apa adanya, masa kamu gak ingin memberikan sesuatu pada mereka?

Gak cuma perasaan bangga. Kalau hidupmu maju, pasti kamu juga bisa memberikan berbagai bentuk materi pada mereka. Dan tentunya, kamu juga akan menjadi contoh bagi mereka yang lebih muda.

Baca Juga: 5 Sumber Motivasi Agar Kamu Bisa Manfaatkan Hidup Sebaik Mungkin

4. Kamu sendiri yang akan paling diuntungkan dari setiap kerja kerasmu

Ingat 5 Hal Ini Biar Kamu Selalu Punya Semangat untuk Memajukan HidupUnsplash.com/hicetinkaya

Bahkan meski kamu sebatang kara misalnya, bukan berarti hidup yang maju gak penting untukmu. Justru jadi tambah penting biar hidupmu gak suram terutama di masa tua nanti. Mungkin sekarang kamu sudah yatim piatu. Gak punya saudara atau ada saudara tetapi gak dekat.

Wah, jangan malah loyo ya! Ubah keadaan ini menjadi motivasi ekstra untukmu punya hidup yang terus berkembang. Sebab kalau hidupmu suram banget, mana ada orang yang mau dekat-dekat denganmu?

Sebaliknya dengan hidup yang terus bergerak maju, kamu akan bisa mengakhiri kesendirianmu bersama orang-orang hebat. Mereka adalah teman-temanmu dan tentu saja pasanganmu. Rantai kemalangan dalam hidupmu harus diputus.

5. Makin muda kamu memiliki tekad untuk selalu maju, makin mungkin terhindar dari penyesalan di masa tua 

Ingat 5 Hal Ini Biar Kamu Selalu Punya Semangat untuk Memajukan HidupUnsplash.com/fraserdbell

Masa muda memberimu banyak keuntungan. Secara fisik, tenagamu jelas berlimpah. Kesehatanmu prima. Kamu juga gampang banget mencerna berbagai informasi baru. Sedang di masa tua, kondisi semua orang pasti mengalami penurunan.

Jadi, sekaranglah waktu terbaik untukmu memajukan hidup. Belajar dan bekerjalah sebanyak mungkin, selingi dengan hiburan sesekali biar gak stres. Agar di masa tua nanti, kamu tinggal menikmati seluruh hasilnya. Bukan malah menyesali dan membayangkan seandainya waktu bisa diputar kembali.

Menjaga semangat untuk maju memang kadang gak mudah. Lumrah jika ada kalanya kamu merasa capek dan sebagainya. Akan tetapi, jangan biarkan rasa lelah itu menghentikanmu. Jangan biarkan hidupmu stagnan apalagi terus mengalami kemunduran. Rugi!

Baca Juga: 10 Meme Kata Motivasi Kocak yang Justru Gak Bikin Masalah Hidup Kelar

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya