Comscore Tracker

5 Jenis Keputusan yang Hanya Akan Disesali di Kemudian Hari

#IDNTimesLife Please, jangan gegabah, ya!

Saat urusannya sederhana dan pikiranmu jernih, membuat keputusan akan terasa mudah saja. Keputusan yang dibuat akan terasa tepat bahkan hingga jauh di masa depan. Kamu merasa puas dengan keputusan itu.

Namun gak sedikit keputusan yang di kemudian hari hanya akan mendatangkan penyesalan besar. Oleh karena itu, kamu harus lebih berhati-hati saat hendak mengambil keputusan. Hindarilah lima keputusan gak bijaksana seperti di bawah ini.

1. Keputusan yang memperturutkan emosi sesaat

5 Jenis Keputusan yang Hanya Akan Disesali di Kemudian Hariilustrasi pria merokok (Unsplash.com/wolair)

Namanya orang lagi emosi, pikiran gak bisa bekerja dengan baik. Kamu hanya akan mengambil keputusan yang kira-kira bisa membuatmu merasa lebih baik dengan cepat. Kamu gak bisa berpikir sedikit saja lebih panjang.

Padahal, keputusan yang diambil mungkin bukan hanya tentang dirimu melainkan juga berdampak pada orang lain. Maka saat emosimu gak stabil, tundalah membuat keputusan apa pun. Bila keputusan harus segera dibuat dan ada orang lain yang lebih bisa bersikap bijaksana, serahkan saja padanya.

2. Keputusan yang diambil di bawah tekanan

5 Jenis Keputusan yang Hanya Akan Disesali di Kemudian Hariilustrasi pria bimbang (Unsplash.com/sour_moha)

Hati dan akal sehatmu menolak bisikan-bisikan orang lain. Namun posisimu gak menguntungkan. Orang yang berusaha menekanmu mungkin punya kedudukan yang jauh lebih tinggi darimu.

Atau kedudukannya gak lebih tinggi daripada kamu, tetapi kamu kalah jumlah. Mereka beramai-ramai mendesakmu untuk membuat keputusan yang berat sebelah. Jika kamu tidak menurutinya, kamu harus siap menanggung risikonya.

Situasi yang sulit memang. Ada baiknya kamu menyampaikan adanya tekanan ini pada pihak ketiga yang punya kewenangan lebih besar darimu maupun dari pihak-pihak yang berusaha menekanmu. Dia akan bisa bersikap lebih berani.

3. Keputusan yang diambil dengan tergesa-gesa

5 Jenis Keputusan yang Hanya Akan Disesali di Kemudian Hariilustrasi pria bersetelan rapi (Unsplash.com/ashtonbingham)

Makin penting keputusan yang akan diambil, makin kamu perlu waktu untuk memikirkannya baik-baik. Ketergesa-gesaan hanya akan menghasilkan keputusan yang kurang tepat. Kamu mungkin sekali melewatkan berbagai hal yang seharusnya dipertimbangkan.

Inilah sebabnya kamu perlu lebih berhati-hati saat kesibukanmu begitu tinggi. Kamu akan mulai berpikir segala sesuatunya harus diselesaikan dengan secepat mungkin dan ini berakibat pada buruknya keputusan-keputusan yang kamu buat.

Baca Juga: Jangan Buat 5 Keputusan Besar Ini Ketika Kamu Emosional, Bahaya!

4. Keputusan hanya berdasarkan like or dislike

5 Jenis Keputusan yang Hanya Akan Disesali di Kemudian Hariilustrasi pria berkacamata (Unsplash.com/shmdsgn)

Sebenarnya wajar saja bila sebagai manusia, kamu punya kecenderungan untuk lebih menyukai yang satu dari yang lain. Termasuk menyangkut orang-orang di sekitarmu. Hanya saja, mendasarkan keputusanmu pada faktor like or dislike benar-benar akan membuatmu gak objektif.

Kamu harus punya alasan yang lebih kuat di balik setiap keputusanmu. Itu adalah bentuk pertanggungjawabanmu di hadapan semua orang yang terdampak keputusan itu. Jangan sampai kamu dicap sebagai orang yang gak adil, ya!

5. Keputusan yang amat egois atau justru cuma buat menyenangkan orang lain

5 Jenis Keputusan yang Hanya Akan Disesali di Kemudian Hariilustrasi pria gelisah (Unsplash.com/matthieudixte)

Keduanya sama buruknya. Kalau keputusanmu cuma mementingkan diri sendiri, hubungan baikmu dengan begitu banyak orang akan terancam. Meski sekarang kamu merasa diuntungkan dengan keputusan itu, kelak kamu akan sadar betapa menyedihkannya ditinggalkan semua orang.

Sebaliknya, keputusan yang didasari keinginan untuk menyenangkan orang lain juga gak baik. Kamu gak lagi mempertimbangkan dengan matang apakah keputusan itu benar atau salah, yang penting mayoritas orang di sekitarmu senang. Kamu bahkan sampai selalu mengorbankan kepentinganmu sendiri.

Bukan begitu cara membuat keputusan yang baik. Jika keputusan itu akan memengaruhi banyak orang, ambillah jalan tengah agar keputusanmu tetap mewakili suaramu sendiri sekaligus suara orang-orang di sekitarmu.

Tepat atau tidaknya keputusan yang telah diambil memang hanya bisa dibuktikan seiring berjalannya waktu. Maka berpikirlah lebih panjang sebelum memutuskan apa pun. Makin krusial keputusan yang akan diambil, makin kamu harus berhati-hati.

Baca Juga: 5 Hal Penting tentang Pengambilan Keputusan, Pegang Prinsip Ini ya!

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya