Comscore Tracker

Saat Harimu Tak Berjalan Baik, Katakan Ini pada Diri Sendiri 

Biar kamu merasa lebih baik dan optimisme terjaga

Siapa pun tentu ingin hari-harinya berjalan dengan baik, sesuai rencana. Namun sering kali ada saja yang malah bikin jadi sebaliknya. Selalu ada masalah yang bisa muncul tiba-tiba sehingga tak sempat dicegah.

Kamu pasti juga pernah mengalaminya, kan? Saat harimu benar-benar buruk, kamu mungkin merasa kecewa dan kesal. Tak habis pikir kenapa itu bisa terjadi. Namun yang sudah terjadi tetap tak bisa diubah.

Yang bisa kamu lakukan hanyalah selekasnya memulihkan emosi negatifmu menjadi positif lagi. Kamu bisa mengatakan 5 hal ini pada dirimu sendiri agar merasa lebih baik, apa saja?

1. Tidak apa-apa, semua orang juga pernah mengalaminya 

Saat Harimu Tak Berjalan Baik, Katakan Ini pada Diri Sendiri Unsplash.com/raikin

Dengan membangun kembali kesadaran ini, kamu jadi tak merasa sendirian. Semua orang pernah mengalami hari yang buruk. Jadi itu sesuatu yang wajar. Kamu tak perlu melebih-lebihkannya. Dan bila mereka bisa melaluinya dengan baik, kamu pasti juga akan bisa.

2. Tidak apa-apa, masih ada hari esok untuk memperbaikinya 

Saat Harimu Tak Berjalan Baik, Katakan Ini pada Diri Sendiri Unsplash.com/ospanali

Kadang, ketika ketidakberesan terjadi, kamu ingin cepat-cepat memperbaikinya. Berharap dengan demikian kamu bisa membelokkan situasi kembali ke jalur yang benar.

Bagus, jika memang masih memungkinkan. Namun bila itu hanya membuatmu menekan dirimu sendiri terlalu keras, sebaiknya kamu tidak melakukannya. Hal-hal yang keliru memang kadang tak terelakkan.

Memaksanya berubah saat itu juga dan tidak berhasil hanya akan membuatmu makin kecewa. Lebih baik kamu menarik napas, ambil jeda untuk memikirkan baik-baik cara yang paling tepat untuk memperbaikinya besok.

3. Tidak apa-apa, siapa pun memang tidak bisa mengendalikan segalanya 

Saat Harimu Tak Berjalan Baik, Katakan Ini pada Diri Sendiri Unsplash.com/mitchel3uo

Hari yang buruk akan terasa makin buruk saat kamu merasa terlalu bertanggung jawab atas apa yang terjadi. Memiliki rasa tanggung jawab itu bagus. Namun kamu juga tidak boleh kehilangan kesadaran bahwa kamu atau siapa pun tak bisa mengendalikan segalanya.

Hidup ini melibatkan terlalu banyak orang dan tentang begitu banyak hal. Lumrah bila sebanyak itu pula sesuatu yang tak sesuai harapanmu bisa terjadi. Jangan lupakan juga bahwa di atas segalanya ada kehendak Tuhan.

Barangkali sesuatu yang buruk itu justru akan mendatangkan kebaikan untukmu di kemudian hari. Kamu hanya butuh bersabar.

Baca Juga: 5 Cara Cerdas Mengelola Rasa Iri Menjadi Motivasi, Wajib Dicoba

4. Tidak apa-apa, yang penting aku sudah mengusahakan yang terbaik 

Saat Harimu Tak Berjalan Baik, Katakan Ini pada Diri Sendiri Unsplash.com/matttony

Usaha yang sebaik mungkin memang tak selalu seketika mendatangkan hasil yang sama baiknya. Itulah kenyataannya. Namun bukan berarti hidup ini tidak adil. Hidup hanya akan selalu menguji setiap orang.

Percayalah, hasil yang sesuai dengan usahamu akan tetap kamu dapatkan. Jika tidak segera setelah usahamu, pasti suatu saat nanti. Bahkan dengan berlipat ganda karena kamu sudah berhasil melalui ujian kesabaran.

5. Tidak apa-apa, semua yang tak membunuhku pasti menguatkanku 

Saat Harimu Tak Berjalan Baik, Katakan Ini pada Diri Sendiri Unsplash.com/otvlieshout

Terdengar klise, tetapi memang demikianlah yang terjadi bila kamu mau memandang apa pun yang terjadi dalam hidupmu secara positif. Hari-hari yang buruk tak terjadi dengan maksud melemahkanmu melainkan justru untuk menguatkanmu.

Kalau memang buruknya hari membuatmu merasa lelah, kamu bisa beristirahat. Tenangkan pikiran, pulihkan energi. Tetapi jangan sedikit-sedikit jera karena itu hanya akan membuatmu takut melangkah ke mana pun.

Dengan mengatakan kelima hal di atas pada dirimu sendiri, kamu akan merasa jauh lebih baik dan bisa menjaga optimisme.

Baca Juga: Bikin Salut, 6 Zodiak Ini Punya Motivasi yang Kuat untuk Sukses 

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya