Comscore Tracker

5 Kerugian kalau Kamu Suka Berlagak Sok Kaya

#IDNTimesLife Lebih enak hidup apa adanya, lho, serius

Pernah gak membayangkan alangkah enaknya jadi orang kaya di usia muda? Mau berkat terlahir dari keluarga yang memang kaya raya atau hasil kerja keras sendiri, pokoknya kaya. Sepertinya, hidup bakal lebih mudah dan menyenangkan, ya? Perlakuan orang-orang padamu pun pasti akan berbeda.

Kalau kamu pernah bahkan sering membayangkannya, gak salah juga kok. Itu manusiawi banget. Sedikit banyak, manusia memang mencintai dunia. Tetapi akan jadi masalah serius kalau kamu sampai bertingkah bak orang kaya, padahal dompet awet tipis. Akan tetap lebih baik jika kamu bertahan menjadi orang yang apa adanya saja. Ini 5 alasannya!

1. Kalaupun lagi punya uang, uangnya cepat ludes demi bergaya hidup layaknya orang kaya 

5 Kerugian kalau Kamu Suka Berlagak Sok KayaUnsplash.com/timromanov

Tentu saja gaya hidup orang kaya yang dimaksud hanyalah yang sesuai bayanganmu atau yang biasa kamu lihat. Sebab kenyataannya, orang kaya banget yang gaya hidupnya biasa-biasa saja juga ada. Banyak malah.

Dan saban kamu punya uang sedikit saja, yang langsung terlintas di pikiran adalah membelanjakannya untuk mendongkrak citramu sebagai orang kaya. Tampilan boleh mewah, tetapi saldo tabungan ternyata selalu menjerit-jerit minta segera diselamatkan. Gak ingin mengalaminya, kan?

2. Kalau lagi gak punya uang dan gak bisa mentraktir teman atau belanja-belanja, langsung dicurigai 

5 Kerugian kalau Kamu Suka Berlagak Sok KayaUnsplash.com/lolygalina

Habisnya bagaimana dong? Karena gak betul-betul tajir, uangmu jelas gak selalu cukup kalau mau mentraktir teman dan berbelanja, kan? Gak mungkin juga kamu mentraktirnya makanan murah atau belanja barang obral.

Kalau sudah begini, jadi kerepotan sendiri bukan? Orang-orang di sekitarmu jelas mempertanyakan kamu ini sebenarnya kaya sungguhan atau gak begitu kamu tampak gak royal. Apalagi kalau sampai kamu minta dibayari atau pinjam uang. Wah, siap-siap saja kedokmu terbongkar.

3. Gak fokus pada pekerjaan, kariermu jadi di situ-situ saja dan gak pernah kaya sungguhan  

5 Kerugian kalau Kamu Suka Berlagak Sok KayaUnsplash.com/chenshuwen

Bagaimana akan fokus pada pekerjaan kalau kamu selalu sibuk memikirkan apa lagi yang harus dilakukan biar terlihat kaya? Belum lagi mencari sumber dananya. Bukannya meragukan sifat amanahmu.

Namun kalau sudah terobsesi terlihat kaya, bukan gak mungkin kamu akan menyalahgunakan uang kantor atau benda bernilai apa pun yang dipercayakan padamu. Jika itu sampai terjadi, tentu pekerjaanmu menjadi taruhannya. Begitu ketahuan, risikonya dipecat tanpa hormat.

Belum lagi kalau kasusnya sampai ke ranah hukum. Bahkan jika kamu gak sampai menyalahgunakan uang kantor, rusaknya konsentrasimu pada pekerjaan juga sudah pasti membuat kariermu gak berkembang. Mau begini?

Baca Juga: Bikin Anak Suka Baca, Ini Cara Membuat Big Book Digital Budget Hemat

4. Rawan banget dikelilingi teman bahkan kekasih yang cuma mau memanfaatkanmu 

5 Kerugian kalau Kamu Suka Berlagak Sok KayaUnsplash.com/sickcity

Kenyataannya, bagaimana kamu menampilkan diri juga akan menentukan seperti apa teman-teman bahkan kekasihmu. Maaf nih, kalau kamu tampil palsu, wajar jika kamu juga bertemu yang palsu-palsu terus. Teman-temanmu maunya diajak senang-senang doang.

Kalau kamu lagi kelihatan gak prospektif, bubar semua. Apalagi kekasih, bisa bikin kamu sakit hati banget setelah tahu dia mau sama kamu cuma karena kamu disangkanya kaya asli. Jika terus bertemu orang-orang seperti ini, bisa-bisa kamu gak percaya persahabatan dan cinta yang tulus itu ada.

5. Makin berlagak kaya, makin orang yakin aslinya beda! 

5 Kerugian kalau Kamu Suka Berlagak Sok KayaUnsplash.com/victoriavolkova

Benar, gak sedikit orang mungkin akan tertipu dengan lagakmu. Tetapi asal kamu tahu, makin ke sini makin banyak lho yang sadar bahwa orang yang asli kaya kadang malah tampil amat sederhana. Apalagi kalau modalmu cuma omongan.

Mereka akan mencocokkan ucapan-ucapanmu yang setinggi langit itu dengan hasil pengamatan mereka. Ya, orang kaya asli itu biasanya dari tindak-tanduknya saja sudah terlihat kok. Sekalipun gak bicara apa-apa dan pakaiannya biasa-biasa saja bahkan lebih sering jalan kaki, tetap terlihat elegan.

Lagi pula, sebenarnya kaya juga bukan cuma soal materi, kan? Kalau kamu berilmu, berhati pemurah, dan gak rakus; kamu juga sudah kaya kok. Bahkan lebih kaya dari mereka yang sekadar bergelimang harta.

Baca Juga: 5 Tips Agar Tetap Hemat Meski Kamu Sudah Bekerja dan Hidup Mapan

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya