Comscore Tracker

5 Kesalahan saat Berusaha Tampil Beda, Karaktermu Malah Gak Keluar!

Jangan puas hanya dengan penampilan, ya

Tampil beda adalah salah satu cara agar kamu makin mudah dikenali oleh orang lain. Ciri khasmu menjadi keluar dan kamu terlihat lebih fresh dari biasanya. Dengan tampil beda, perhatian orang-orang akan tertuju padamu.

Namun, tampil beda seperti apakah yang selama ini telah coba kamu lakukan? Yakinkah kamu sudah melakukannya dengan cara yang tepat atau kamu masih terjebak pada lima kekeliruan berikut ini? Yuk, cari tahu di bawah ini!

1. Bersikap semaunya dan menabrak semua aturan

5 Kesalahan saat Berusaha Tampil Beda, Karaktermu Malah Gak Keluar!ilustrasi berpose (pexels.com/Trần Long)

Sekilas, bersikap semaunya seolah-olah memberimu kebebasan yang tak ada batasnya. Namun, pada akhirnya kamu pasti mengerto bahwa aturan-aturan tersebut lebih perkasa ketimbang kemampuanmu memberontak.

Kamu bakal terbentur berbagai problem lantaran menabrak semua aturan yang ada. Bagaimanapun, aturan-aturan tersebut wajib ditegakkan untuk menciptakan ketertiban dan tidak akan diterapkan tanpa persetujuan mayoritas orang.

Sampai di sini mengerti, kan, bahwa dengan melawan semua aturan tersebut, kamu telah kalah jumlah? Pendukungmu tetap lebih sedikit daripada orang-orang yang ingin supaya kamu mendapatkan sanksi karena melanggar aturan-aturan itu.

2. Kenapa hanya ikut-ikutan orang lain?

5 Kesalahan saat Berusaha Tampil Beda, Karaktermu Malah Gak Keluar!ilustrasi mengikuti tren (pexels.com/Anna Shvets)

Dengan ikut-ikutan cara hidup atau gaya berpakaian orang lain, kamu memang sukses tampil beda dari dirimu yang biasanya. Namun, kamu justru menjadi salinan dari orang lain.

Apakah ini yang terbaik untukmu? Tentu saja tidak, karena kamu berada di bawah bayang-bayang mereka. Seorang peniru selalu gagal menemukan dirinya sendiri. Tanpa sadar, kamu sedang tersesat di kehidupan orang lain dan ini menyulitkanmu mencapai tujuan hidupmu.

3. Mengabaikan kenyamananmu sama dengan auto tersiksa!

5 Kesalahan saat Berusaha Tampil Beda, Karaktermu Malah Gak Keluar!ilustrasi merenung (unsplash.com/Aleksandra Sapozhnikova)

Ada kalanya kamu perlu keluar dari zona nyaman. Namun, bukan berarti kamu meninggalkan semua karaktermu dan menjadi sosok yang asing. Kamu adalah kamu dan setiap upaya untuk menjadi terlalu menyimpang dari karakter aslimu bakal menimbulkan ketidaknyamanan.

Ketidaknyamanan kadang hanya tanda bahwa kamu perlu waktu untuk beradaptasi dengan hal-hal baru. Namun, terlalu banyak ketidaknyamanan ialah bukti kuat kamu berada di tempat yang salah atau menjalankan sesuatu yang tak seharusnya kamu lakukan.

4. Memaksakan kemampuan diri bikin kamu rawan terjerat masalah keuangan

5 Kesalahan saat Berusaha Tampil Beda, Karaktermu Malah Gak Keluar!ilustrasi laki-laki dan mobil mewah (pexels.com/Joe Matouk)

Tampil beda bukanlah usaha yang tak masuk akal dan melelahkan untuk mengingkari diri dan kondisi kehidupanmu yang seungguhnya. Keberanian untuk tampil beda justru dimulai dari kejujuran serta keinginan buat menunjukkan inilah kamu.

Oleh sebab itu, tampil beda dengan memaksakan kemampuan malah tak lebih dari kebohongan semata. Kamu gagal memberi tahu orang lain tentang siapa dirimu yang sebenarnya dan masalah keuangan senantiasa mengintaimu.

5. Cuma mau cari sensasi 

5 Kesalahan saat Berusaha Tampil Beda, Karaktermu Malah Gak Keluar!ilustrasi pamer (pexels.com/Gustavo Fring)

Kalau kamu suka sekali menciptakan sensasi, kebutuhanmu akan perhatian orang lain pasti amat besar. Ini tidak sehat untukmu secara mental. Kamu tak bakal pernah puas dalam menciptakan sensasi.

Begitu perhatian orang lain padamu mulai surut, kamu berpikir keras buat merencanakan sensasi berikutnya. Kamu tidak akan tenang sebelum mengembalikan semua perhatian orang kepadamu. 

Apabila sensasi yang kamu ciptakan gagal merebut perhatian orang seperti ekspektasimu, kamu kecewanya bukan main. Suatu saat nanti, kamu bakal mau melakukan apa saja hanya demi menjadi pusat perhatian. Bahkan bila itu hal-hal yang sangat memalukan dan merendahkan martabatmu.

Tampil beda seharusnya fokus pada usaha untuk menonjolkan karakter-karakter positif dan kemampuan terbaikmu. Bukan sekadar tentang hal-hal yang terlihat di permukaan seperti penampilan.

Jika kamu mampu tampil beda yang seperti ini, kualitas hidupmu secara keseluruhan otomatis meningkat. Dengan sendirinya kamu akan terlihat menonjol tanpa perlu repot-repot bikin sensasi, apalagi bergaya hidup di luar kemampuan kocekmu.

Baca Juga: 5 Cara Memulai Gaya Hidup Slow Fashion biar Lebih Hemat

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya