Comscore Tracker

5 Keuntungan kalau Kamu Bersikap Lebih Praktis Mulai Sekarang!

Pilih cara yang lebih mudah untuk menjalani hidupmu

Belajar bersikap lebih praktis di sini maksudnya memilih cara-cara yang terasa lebih mudah bagimu untuk menjalani kehidupanmu sehari-hari. Tentu tetap dengan aturan tak boleh sampai mengganggu atau merugikan orang lain.

Banyak keuntungan yang akan kamu rasakan kalau kamu bisa bersikap lebih praktis. Mau melakukannya mulai sekarang?

1. Kalau ada solusi yang lebih mudah, kenapa harus ribet sendiri? 

5 Keuntungan kalau Kamu Bersikap Lebih Praktis Mulai Sekarang!Unsplash.com/sean Kong

Hanya karena kamu ingin pemecahan masalah yang terbaik bukan berarti kamu harus menempuh jalan penuh liku. Bila memang ada solusi lain yang lebih simpel, pilih saja solusi itu. Sebab sebenarnya, dalam setiap pemilihan solusi ada unsur coba-coba.

Kamu tidak tahu pasti apakah solusi itu akan benar-benar berhasil. Tetapi dengan memilih solusi yang lebih mudah, kamu jadi punya waktu dan tenaga lebih untuk memikirkan solusi lainnya bila ternyata solusi pertama gagal. Sementara jika langsung berhasil, kamu bisa lekas berpindah mengurusi hal-hal lainnya.

2. Biar bisa mengesampingkan omongan pedas orang 

5 Keuntungan kalau Kamu Bersikap Lebih Praktis Mulai Sekarang!Unsplash.com/kalvisuals

Dengan bersikap praktis, semua yang tidak penting untukmu termasuk omongan pedas orang lain bisa dengan mudah kamu abaikan. Kalaupun sempat merasa terganggu, kamu tak lantas berlarut-larut dalam emosi negatif apalagi meladeni mereka yang makin menjadi-jadi.

Sejauh kamu yakin yang dikatakan mereka tidak benar, kamu bisa santai saja meneruskan langkah. Kamu tahu jika kamu terpuruk karena omongan pedas mereka, itu berarti kamu memenangkan mereka.

3. Menghemat energi 

5 Keuntungan kalau Kamu Bersikap Lebih Praktis Mulai Sekarang!Unsplash.com/angelopantazis

Bersikap lebih praktis bukan berarti kamu tak menghargai proses. Kamu justru sangat tahu kapan kamu harus mengikuti tahapan-tahapan yang ada dan kapan kamu perlu membuat terobosan.

Ini penting sebab urusan yang harus kamu tangani tentu tak hanya satu atau dua. Jangan sampai kamu kelelahan hanya oleh satu hal lalu yang lain menjadi tak terurus.

Baca Juga: 5 Sisi Buruk Sifat Terlalu Perfeksionis dalam Berkarier, Hindari Yuk!

4. Biar gak sedikit-sedikit merasa tak enak 

5 Keuntungan kalau Kamu Bersikap Lebih Praktis Mulai Sekarang!Unsplash.com/yardi93

Sedikit-sedikit merasa tak enak sering kali timbul karena kamu berpikir terlalu jauh, lupa bahwa selalu ada kemungkinan sebaliknya. Misalnya, kamu berpikir orang lain pasti akan tersinggung jika kamu menolak apa pun yang ditawarkan atau dimintanya.

Padahal bisa jadi bagi orang lain, penolakanmu wajar dan memang hakmu. Mereka sudah siap untuk kemungkinan itu. Bahkan sikapmu yang tegas dan apa adanya justru membuat mereka merasa nyaman. Setidaknya mereka memperoleh kepastian, tak terus-menerus digantung nasibnya hanya karena kamu merasa tak enak hendak jujur.

5. Apa yang menjadi prioritasmu selesai tepat waktu 

5 Keuntungan kalau Kamu Bersikap Lebih Praktis Mulai Sekarang!Unsplash.com/tamtit24

Bersikap lebih praktis akan membuat gerakanmu lebih gesit. Apa-apa yang tidak penting kamu tinggalkan dan yang bisa dicarikan terobosan agar lebih mudah tak perlu dipersulit. Kamu akan menjadi orang yang sangat efisien sehingga yang menjadi prioritasmu mudah tercapai.

Kamu punya waktu lebih untuk mengevaluasi dan memperbaiki prioritas yang masih berjalan kurang baik. Kamu juga punya waktu untuk memikirkan apa lagi yang hendak kamu lakukan setelah suatu prioritas tercapai.

Baca Juga: 5 Sifat Baik yang Jadi Tidak Baik Jika Berlebihan, Harus Kamu Kurangi!

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya